10 tips hilangkan KETEGANGAN otot mata akibat monitor PC!!

  • admin
  • 12/11/2013
  • Penggunaan komputer dalam jangka waktu panjang tidak hanya membuat kaku dan tegang otot-otot tubuh, seperti bahu, punggung, dan tangan, tetapi juga mata. Kondisi tersebut bahkan dapat diikuti dengan mata merah, lelah, penglihatan yang kabur, dan kedutan.

    Nah, kalau agan-agan termasuk orang yang suka berlama-lama di depan komputer dan sering mengalami gangguan pada mata bisa mengikuti 10 tips berikut biar mata kita tetap sehat meski berlama-lama di depan komputer

    1. Istirahatkan Mata Sejenak

    Menatap layar komputer dalam waktu lama dapat membuat mata tegang. Karena itu, berilah kesempatan bagi mata untuk beristirahat sejenak setiap jangka waktu tertentu. Lihatlah obyek yang jauh selama beberapa detik dan pergilah untuk berjalan-jalan. apalagi kalau pas jalan-jalan ketemu igo yang cakep bin mulus, dijamin mata langsung seger kembali deh gan

    2. Kedipkan Mata Lebih Sering

    Mengedipkan mata secara teratur merupakan cara yang paling sederhana untuk menjaga mata tetap segar dan terbebas dari risiko mata tegang. Pengguna komputer sebaiknya perlu mengedipkan mata setiap tiga hingga empat detik sekali.

    3. Buatlah ruang kerja senyaman mungkin
    Ruang kerja yang nyaman akan membuat mata lebih rileks. Misalnya, buat posisi duduk senyaman mungkin dengan tidak duduk di depan pendingin ruangan yang membuat mata cenderung cepat kering.

    4. Lindungi dari sinar matahari
    Jika perlu pergi ke luar ruangan, maka pastikan Anda menggunakan perlengkapan yang dapat melindungi mata dari sinar ultraviolet. Menurut guru besar kesehatan mata sekaligus Ketua Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) Nila F Moeloek, penggunaan kacamata hitam dan topi dapat menjaga mata dari efek negatif sinar UV. “Melindungi mata dari sinar UV juga dapat mencegah penyakit-penyakit mata seperti katarak,” ujarnya.

    5. Rileksasi mata

    Rileksasikan otot mata dengan menggosok-gosokan telapak tangan yang membuatnya panas, kemudian letakkan pada mata selama beberapa detik. Lakukan pengulangan beberapa kali untuk menjaga mata tetap rileks.

    6. Gunakan kacamata pelindung

    Cara lain untuk menghindari tegang dari penggunaan komputer adalah dengan memakai kacamata pelindung. Kacamata ini bisa mereduksi efek cahaya dari layar yang diteruskan ke mata.

    7. Pijat

    Sebelum pergi tidur, pijatlah kelopak mata dan otot mata dengan lembut dengan jari selama dua menit. Hal ini dapat memperbaiki sirkulasi darah ke mata yang membuatnya rileks.

    8. Atur pencahayaan layar komputer

    Pencahayaan dan kontras layar komputer yang tepat akan mengurangi risiko mata tegang karena membuat mata Anda lebih nyaman menatap layar.

    9. Periksa mata

    Meski memiliki penglihatan yang baik dan tidak ada masalah ketika membaca, pemeriksaan mata rutin tetap wajib hukumnya. Menurut dr Elvioza, SpM, dokter mata dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia/Rumah Sakit dr Cipto Mangunkusumo (FKUI/RSCM), masalah-masalah pada mata termasuk kebutaan dapat dicegah dengan memeriksakan secara teratur enam bulan atau satu tahun sekali.

    “Pemeriksaan bahkan perlu dimulai sebelum ada masalah yang dirasakan pada mata,” kata dia.

    10. Tidur cukup

    Yang terakhir, mata Anda butuh istirahat. Maka pastikan Anda tidur dengan cukup setiap harinya. Dr Michael F Roizen dalam bukunya An Insider`s Guide to the Body That Will Make You Healthier and Younger mengatakan, seperti Anda ketahui, tidur dapat memulihkan seluruh sistem pada tubuh termasuk mata.

    “Tidur dapat membantu membran retina, memulihkan diri sejenak dari tugas yang melelahkan. Untuk membantu mengembalikan kinerja mata, Anda membutuhkan minimal lima jam untuk tidur,” tulisnya.

    Info terkait:

    • luminosita monitor

    Leave a Reply