4 tempat di indonesia yang katanya dibangun hanya dalam waktu SEMALAMAN!!

  • admin
  • 09/11/2013
  • Beberapa tempat wisata di Indonesia memiliki legenda tempat yang dibangun dalam semalam. Kemarin tidak ada, tiba-tiba hari ini muncul bangunannya. Percaya tidak percaya, ada 4 tempat yang konon dibangun dalam semalam.

    4 Tempat dengan legenda dibangun dalam semalam, berbeda-beda bentuknya. Ada masjid, candi, bahkan gunung.inilah 4 tempat tersebut :

    1. Gunung Tangkuban Perahu, Bandung:



    Bagaimana mungkin sebuah gunung dibangun dalam semalam? Tapi itulah yang dikisahkan dalam legenda Sangkuriang, kisah yang erat kaitannya dengan Gunung Tangkuban Perahu. Dayang Sumbi demi terhindar dari menikahi anaknya sendiri, Sangkuriang, menantang minta dibuatkan danau dan perahu besar dalam waktu semalam saja.

    Upayanya gagal karena Dayang Sumbi berhasil membuat Sangkuriang berpikir hari sudah pagi. Sangkuriang yang marah menendang perahu sampai terbalik dan menjadi Gunung Tangkuban Perahu. Tempat ini menjadi destinasi liburan favorit wisatawan di Bandung dan sekitarnya. Hawa sejuk dan kawah spektakuler jadi alasan turis tak bosan datang ke sini.

    2. Candi Prambanan, Yogyakarta:



    Sejarah mencatat Candi Prambanan dibangun oleh Rakai Pikatan pada tahun 850 Masehi. Namun beda lagi dengan legenda yang didengar wisatawan yang berkunjung ke sana. Candi Prambanan, dan juga Candi Sewu, lekat dengan kisah Roro Jonggrang yang minta dibuatkan 1.000 candi dalam semalam.

    Bandung Bondowoso demi meminang Roro Jonggrang mengerahkan bala tentara jin. Namun Roro Jonggrang berhasil membuat suasana seolah sudah pagi. Bandung Bondowoso mengutuk Roro Jonggrang untuk menggenapkan candi ke-1.000. Patung Durga di Candi Prambanan dipercaya sebagai jelmaan Roro Jonggrang.

    3. Masjid Agung Sang Cipta Rasa, Cirebon:



    Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon, adalah masjid tertua di Kota Udang itu yang dibangun tahun 1489 oleh Wali Songo. Masjid ini merupakan destinasi wisata religi paling favorit di Cirebon dekat dengan Keraton Kasepuhan. Legenda menyebutkan, masjid ini dibangun dalam semalam, dimulai sejak magrib dan selesai menjelang subuh.

    Sunan Kalijaga selaku arsitek disebutkan mengerahkan jin untuk membangun masjid. Sebagian turis tidak percaya, tapi sebagian lagi percaya. Sebabnya, bangunan asli Masjid Agung Cirebon memakai kayu knock down yang mudah dirakit.

    4. Masjid Tiban / Rahmat , Surabaya:



    Nama resmi masjid ini adalah Masjid Rahmat yang terletak di Jl Kembang Kuning, Surabaya, dan menjadi objek wisata religi. Masjid ini adalah peninggalan Wali Songo yaitu Sunan Ampel. Nama asli Sunan Ampel adalah Raden Rahmat, oleh karena itu masjid itu bernama Masjid Rahmat.

    Nama Masjid Tiban tak terlepas dari legendanya. Tiban menurut bahasa lokal berarti tiba-tiba ada pada keesokan harinya, seperti mendadak jatuh dari langit. Hal itu bisa saja benar, karena bangunan aslinya adalah masjid yang mungil. Bangunan yang ada sekarang sudah melewati berkali-kali proses renovasi.

    Info terkait:

    • cara membuat kerangka layangan perahu
    • cara membuat layangan perahu
    • cara menggambar masjid yang mudah
    • dialog bahasa cirebon bebasan
    • Caption tentang masjid
    • contoh diskusi bahasa cirebon
    • contoh guneman bahasa cirebon
    • caption masjid
    • menggambar masjid dengan pensil
    • wewara bahasa cirebon

    Leave a Reply