5 musisi yang ternyata memiliki masalah PENDENGARAN!!

  • admin
  • 24/10/2013
  • 1. Eric Clapton


    Penyanyi dan penulis lagu legendaris, Eric Clapton memang pernah mengalami masa sulit saat ia kecanduan narkoba dan alkohol. Hal tersebut nampaknya berdampak pada kemampuan mendengarnya.

    Kendati demikian, karya-karyanya begitu diakui bahkan di seluruh dunia. Tak heran jika ia tiga kali masuk Rock and Roll Hall of Fame.

    2. Phil Collins


    Sulit mengingkari fakta bahwa Phil Collins adalah salah satu musisi bertalenta luar biasa yang pernah hidup. Kemampuan bernyanyi dan kepiawaiannya memainkan alat musik drum di band Genesis membuat namanya begitu tersohor.

    Sayang sekali pada tahun 2011 lalu, Phil mengumumkan kepada publik bahwa ia tak akan menggelar tur lagi, lantaran gangguan pendengarannya yang semakin parah.

    3. Ozzy Osbourne


    Sebagai punggawa genre heavy metal, dedikasi Ozzy Osbourne memang tak usah diragukan lagi. Bersama Black Sabbath, ia menjadi ikon berkat pergerakannya di genre ini.

    Namun siapa sangka jika Ozzy ternyata memiliki gangguan dengan pendengarannya. Gangguan tersebut nyatanya telah ia derita selama bertahun-tahun.

    4. Neil Young

    Sama halnya seperti Eric Clapton, Neil Young juga pernah dua kali diganjar Rock and Roll Hall of Fame. Atas karya dan dedikasinya kepada musik, tak heran jika ia disebut salah satu musisi rock paling hebat sejagat.

    Neil Young menderita penyakit tinnitus, yakni masalah pendengaran pada telinga yang lambat laun mengurangi daya tangkap suara yang ada di sekitarnya.

    5. Ludwig Van Beethoven


    Selain dikenal sebagai salah satu komposer legendaris, Beethoven juga tersohor karena gangguan pendengarannya. Bahkan ia dinyatakan tuli, alias sama sekali tak mampu mendengar suara.

    Terlepas dari masalah tersebut, karya-karya Beethoven nyatanya dianggap sebagai masterpiece dan warisan dunia, yang dapat dinikmati di lintas era dan generasi.

    Leave a Reply