5 orang ini memiliki cara UNIK untuk berkeliling DUNIA!!

  • admin
  • 03/12/2015
  • Berkeliling dunia adalah harapan semua orang. Berwisata di semua negara dan merasakan kehidupan lokal akan menjadi pengalaman tak terlupakan. Sayangnya, berkeliling dunia tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Alasannya klise, masalah biaya yang jumlahnya tidaklah sedikit. Namun berkeliling dunia tak harus menggunakan pesawat, kan?
    Beberapa orang ini berkeliling dunia dengan caranya sendiri. Bahkan bisa dibilang gratis tanpa mengeluarkan apa-apa. Inilah cara unik yang mereka lakukan untuk mengelilingi dunia. Mari kita simak sama-sama!

    1. Berlari Mengelilingi Dunia Robert Garside:

    Robert Garside adalah orang pertama yang mampu berlari mengelilingi dunia. Ia menyusuri semua benua kecuali Antartika yang beku. Perjalanan ini dilakukan oleh Robert nyaris 6 tahun hingga akhirnya ia bertemu dengan pujaan hati saat berlari di Venezuela.

    Selama berlari ia banyak sekali mendapatkan halangan. Seperti ditembak saat berada di Rusia, lalu dipenjara saat berlari China, terakhir ia bahkan diserang oleh warga di India. Meski demikian ia tetap berlari hingga nyaris semua tempat di dunia ia kunjungi. Tak tak tanggung-tanggung, Guiness World Record mencatat namanya sebagai pelari pertama yang mengelilingi dunia dengan jarak tempuh 56.000 km.

    2. Berlayar ke Seluruh Dunia Sendirian Saat Berusia 14 Tahun Laura Dekker:

    Laura Dekker lahir dari ayah seorang pembuat kapal. Sejak bayi ia tekah diajak berlayar mengelilingi samudra. Akhirnya saat berusia 8 tahun Laura dibiarkan mengarungi lautan sendirian dengan perahu layar yang diberikan oleh ayahnya.

    Hobi berlayar ini membuat Laura jadi terobsesi untuk mengelilingi dunia. Akhirnya pada Agustus 2010 ia memulai pelayaran dari Gibraltar menuju seluruh lautan di dunia. Pelayaran ini dilakukan oleh Laura nyaris dua tahun. Bayangkan anak semudah itu mampu hidup sendirian di lautan lepas yang dikenal sangat ganas.

    3. Menaiki Balon Udara Bertrand Piccad dan Brian Jones:

    Piccad dan Jones mengelilingi dunia pada tahun 1999. Mereka menggunakan balon udara yang terbang menggunakan panas dari api yang memanasi udara. Mereka terbang pada ketinggian sekitar 10.000 meter dari permukaan air laut. Dengan menggunakan balon ini mereka mampu menjelajahi semua benua selama 20 hari tanpa ada gangguan satu apa pun.
    Perjalanan ini dimulai dari Eropa hingga mengelilingi Afrika yang panas, Asia yang dingin dan terombang-ambing di tengah Samudra Pasifik dan Atlantik. Misi penerbangan ini memakan biaya yang sangat banyak. Bayangkan, untuk membuat balon ini biaya yang dibutuhkan mencapai 2 juta dolar. Namun pengalaman yang dirasakan tidak akan pernah membuat kedua orang ini menyesal telah melakukannya.

    4. Bersepeda Mengelilingi Dunia dengan Waktu Tercepat Mike Hall:

    Mike Hall adalah pria Inggris yang mampu mengelilingi dunia dengan sepedanya hanya dalam 107 hari saja. Sebenarnya 92 hari yang ia habiskan untuk mengayuh sepedanya. Sisanya dihabiskan di pesawat saat ia berpindah di 20 negara di seluruh dunia yang berbeda. Waktu tempuh selama 107 hari ini adalah waktu tercepat yang bisa dilakukan oleh manusia hingga sekarang.

    Mike mengayuh sepedanya sekitar 320 km perhari. Itu pun ia kerap melintasi negara dengan cuaca yang sangat ekstrem. Misal sangat panas hingga dingin yang nyaris beku. Ia menyelesaikan perjalanan panjangnya ini saat umurnya genap berusia 31 tahun. Selain kuat di jalanan, ternyata Mike Hall adalah seorang yang ahli dalam mengarungi gunung yang tinggi. Ia pernah mencatatkan rekor naik dan melintasi pegunungan sejauh 4.000 km.

    5. Mengelilingi Dunia dengan Peawat Tenaga Surya Bertrand Piccad dan Andre Borschberg:

    Bertrand Piccad lagi-lagi menjadi orang yang rela mengeluarkan banyak sekali uang untuk ekspedisi ke seluruh dunia. Kali ini ia mengembangkan sebuah pesawat yang semua komponennya menggunakan tenaga sinar matahari. Pesawat ini adalah proyek yang memiliki nilai mencapai 140 juta dolar. Lebih besar dari proyek balon udaranya yang hanya menghabiskan sekitar 2 juta dolar saja.

    Pesawat ini memiliki berat sekitar 1700 kg dengan 17.000 panel sel surya memenuhi bagian badan pesawat. Panel surya ini terhubung dengan baterai yang nantinya akan menyimpan semua energi. Pesawat ini memiliki nama Solar Impulse dan masih dalam tahap pengembangan. Ke depan, pesawat sejenis ini akan terus dikembangkan hingga mampu digunakan untuk pesawat komersil. Dengan pesawat ini Piccad dan rekannya berhasil mengelilingi sebagian besar permukaan bumi tanpa menyemburkan polusi.

    Info terkait:

    • caption berlari
    • caption tentang berlari
    • caption foto saat berlari
    • captionberlari
    • hewa bahasa sunda