6 peluang BISNIS yang cocok untuk MAHASISWA!!

  • admin
  • 22/08/2014
  • Sibuk menimba ilmu di bangku kuliah, bukan berarti tidak bisa membuat mahasiswa melakukan kegiatan lain. Bahkan menurut perencana keuangan dari Mitra Rencana Edukasi, Mike Rini, setiap mahasiswa berpeluang menghasilkan uang sendiri. Asalkan jeli melihat kesempatan dan konsisten dalam menjalaninya. Sehingga si pelajar tak perlu lagi menunggu kiriman orang tua untuk membayar kuliah atau uang jajan.

    “Langkah pertama sebelum mahasiswa memulai bisnis adalah menentukan jenis usaha yang tepat,”
    kata Mike kepada Plasadana.com untuk Yahoo Indonesia. Sebab ada dua risiko yang mungkin menerpa si mahasiswa: rugi dan putus kuliah.

    “Sebaiknya bisnis yang dijalani memang sudah dikenali, supaya tidak memulai dari nol.”

    Berikut beberapa jenis usaha yang bisa jadi alternatif bagi mahasiswa :

    1. Jasa bimbingan belajar

    Menurut Mike, berbisnis tidak selalu dimaknai menjual barang. Memberikan layanan juga bisa menjadi pilihan. Karena potensi terbesar mahasiswa adalah ilmu pengetahuan, maka memberikan privat kepada pelajar sangatlah menjanjikan. Terutama buat mereka yang jenjang pendidikannya di bawah perkuliahan.

    “Sekarang itu banyak sekali orang tua yang mau anaknya les pribadi, ini peluang bagus yang minim risiko,” kata dia.

    “Tapi mengajarnya jangan asal-asalan, supaya tidak mengecewakan.”

    2. Menulis

    Aktivitas perkuliahan biasanya padat dengan tugas membaca literatur dan menulis. Baik berupa makalah, artikel, atau resume. Jika digeluti dengan serius, kegiatan ini bisa berubah sebagai usaha sampingan. Misalnya menjadi penulis konten dan mengirimkannya ke surat kabar, majalah, ataupun penerbit.

    3. Kerajinan tangan


    Bagi mahasiswa yang memiliki hobi menyulam atau jenis kerajinan tangan lain, dapat memanfaatkannya sebagai sarana mendulang uang. Namun untuk aktivitas ini, sebaiknya Anda mengenali dulu potensi pasar. Walau bermodal kecil, kerugian tetaplah sebuah masalah. Jangan sampai, produk Anda tidak laku dan berserakan di rumah.

    “Tujuan bisnis itu untuk dapat untung,” kata dia.

    “Kalau Anda sudah menjalaninya namun sirkulasi keuangan malah macet, sebaiknya jangan diteruskan.”

    4. Penyelenggara pertunjukan

    Jika Anda termasuk mahasiswa yang gemar berorganisasi, pengalaman menyelenggarakan acara bisa menjadi modal penting untuk memulai bisnis ini. Anda pun dapat memanfaatkan jaringan sponsor yang sudah dikenal. Jangan lupa, pilih tim yang tepat dan memang sudah terbiasa bekerjasama dengan Anda.

    5. Jasa video dan fotografi


    Meski tidak berkuliah di jurusan fotografi, peluang bisnis ini tetap terbuka lebar. Dengan catatan, Anda memiliki kemampuan menghadirkan gambar yang berkualitas. Acara-acara pernikahan ataupun promosi produk bisa jadi sasaran utama.

    6. Produksi kaos

    Bagi Anda yang mahir membuat desain pakaian sendiri, tak ada salahnya mencoba berbisnis pakaian independen. Pada masa awal, Anda bisa menawarkan desain buatan kepada teman dekat. Jika modal sudah terkumpul, mulailah melakukan promosi di sosial media atau pamflet.

    Sebagai catatan, upayakan bisnis yang Anda jalankan tidak mengganggu perkuliahan. Sebab tugas utama mahasiswa adalah menimba ilmu guna mempersiapkan diri menuju dunia kerja formal.

    “Jangan sampai bisnis Anda melesat, tapi kuliah justru terbengkalai,”
    kata Mike.

    Kalaupun Anda memutuskan tidak melanjutkan perkuliahan, Mike melanjutkan, haruslah melalui pertimbangan yang matang. Dan bisnis itu memang merupakan panggilan hati Anda.

    “Momen menentukan hidup itu berbeda-beda untuk setiap orang,”
    kata Mike.

    “Pada beberapa orang, bisa datang dengan cepat. Seperti sebagian seniman yang merasa cukup meski hanya berijazah SMA”

    Info terkait:

    • contoh naskah orasi mahasiswa lengkap
    • contoh teks orasi mahasiswa
    • caption mahasiswa
    • caption tentang mahasiswa
    • caption tentang ilmu
    • contoh naskah orasi mahasiswa
    • meme tentang mahasiswa akuntansi
    • dekorasi kelas tema kesehatan
    • tema diskusi mahasiswa
    • contoh yel yel untuk presentasi

    Leave a Reply