7 kebiasaan sehari-hari yang secara tidak sadar MERUSAK gadgetmu!!

  • admin
  • 08/09/2014
  • Beberapa hari pertama saat memiliki laptop, netbook, atau gadget terbaru sensasinya selalu sama. Anda memperlakukan smartphone baru seperti bayi yang baru lahir.

    Tapi lama kelamaan, Anda mulai memasukkan laptop ke dalam tas ransel dengan asal-asalan, menggulung headphone sembarangan, mencabut charger dengan kasar, hingga membiarkan laptop atau handphone Anda menyala terus menerus tanpa pernah diistirahatkan dengan cara mematikannya. Sampai akhirnya Anda menyesal saat semuanya rusak.

    Tanpa alas pendingin (cooling pad) atau ventilasi yang baik, laptop Anda akan menjadi terlalu panas (overheating) saat digunakan terlalu lama. Jadi jika Anda menaruh laptop di atas selimut lalu menonton drama Korea di laptop seharian, itu sangat tidak bagus. Laptop yang terlalu panas bisa mengurangi usia baterai dan dalam beberapa kasus menyebabkan kerusakan serius bahkan dapat menyebabkan kebakaran.

    Apabila Anda membawa tablet, laptop, atau barang elektronik lain tanpa tas atau lapisan pelindung, bisa-bisa layarnya rusak dan sudutnya penyok. Perlengkapan elektronik Anda harus disimpan dalam sebuah tas atau case berkualitas dimana mereka tidak akan berdesakan atau bersentuhan langsung dengan barang lain, terutama di bagian layar yang sangat sensitif.

    Kabel charger biasanya sangat sensitif. Terkadang charger menjadi panas saat mengisi baterai. Apabila telah selesai dipakai, tunggu hingga dingin sebelum menggulungnya. Pastikan Anda tidak menggulungnya terlalu ketat atau mencabut charger dengan cara merenggut kabel dari stop kontak. Jika ingin membawanya, gulunglah dengan agak longgar sebelum masuk ke dalam tas.

    Aturan ini berlaku juga untuk headphone. Jangan melilitkannya terlalu ketat pada iPhone Anda. Headphone juga harus dicabut jika sedang tidak dipakai.

    Mungkin ada di antara Anda yang lebih suka meninggalkan laptop dalam mode sleep daripada mematikannya (shut down), atau malah tidak mematikannya sama sekali dan meninggalkannya dalam keadaan menyala semalaman dengan alasan agar nanti tidak perlu menunggu lama jika ingin menggunakannya kembali. Padahal, laptop Anda perlu istirahat juga.

    Agar baterai Anda awet, caranya adalah dengan menggunakan barang elektronik Anda hingga baterainya habis, lalu charge (dalam kondisi mati) hingga penuh lagi. Jangan lupa mencabut charger jika baterai telah penuh.

    Menggunakan pembersih rumah tangga untuk membersihkan device Anda adalah ide buruk karena kandungan bahan kimianya dapat merusak layar laptop/komputer/gadget Anda. Cukup gunakan kain lembut untuk membersihkan layar dari debu.

    Biasakan untuk selalu meng-eject USB hard drives dengan benar dari komputer sebelum Anda mencabutnya. Jika disc masih aktif ketika Anda melepasnya, Anda bisa terancam kehilangan data.

    Semakin banyak orang yang menganggap sepele hal ini, namun tidak ada salahnya Anda menyediakan beberapa detik waktu Anda untuk melakukannya.

    Mem-back up atau menyimpan cadangan data tidak bisa ditunda karena Anda tidak tahu kapan hal-hal buruk bisa terjadi. Jadi, back up lah data Anda secara berkala di hard drive atau di cloud agar tak perlu sakit kepala jika terjadi sesuatu pada gadget Anda.

    Info terkait:

    • contoh iklan tas jansport
    • tas anvi
    • iklan tas ransel bhs inggris
    • iklan tas rangsel berbahasa inggris
    • Iklan ransel bahasa iggris
    • Kalimat iklan tas jansport
    • hagra tas mondy
    • hadiah untuk pitonan
    • tas palazzo milik natasha wilona
    • Drama empat orang tentang kebakaran rumah

    Leave a Reply