7 Rute TERLAMA Kereta Api Di Indonesia!

  • admin
  • 08/03/2018
  • Hingga saat ini Kereta Api Indonesia mengoperasikan 420 Unit lokomotif, 578 unit KRL, 121 KRD 1607 unit kereta api penumpang dan 6782 unit gerbong.

    Sejak ditangani oleh Ignasius Jonan, kereta api kita mulai bertransformasi menjadi alat transportasi andalan bagi masyarakat. dulu jika ke staasiun identik dengan kekumuhan dan kesemrawutan. Kini telah berubah menjadi bersih, nyaman dan Disiplin.

    Langsung saja gan kita bahas satu satu,

    1. Kereta Api Matarmaja

    Kereta Api Matarmaja (16 jam 45 Menit) adalah kereta api penumpang kelas Ekonomi AC yang dimiliki dan dioperasikan PT Kereta Api Indonesia dengan  rute Kota Malang-Jakarta. Istilah Matarmaja merupakan singkatan dari kota-kota yang dilalui oleh KA ini, yaitu Malang, Blitar, Madiun, dan Jakarta. Ane pernah naik ini kereta dan luar biasa, badan langsung pada pegel setelah sampai di stasiun Pasar Senen. bayangkan, jarak yang dilalui kereta ini 881 Km luar biasa bukan.

    2. Kereta Api Malabar

    Kereta Api Malabar (16 Jam 25 Menit) menyandang perdikat runner up, kereta dengan jurusan Kota Malang – Bandung ini mengangkut 1044 penumpang tiap harinya dengan panjang rute 779 Km.  Nama kereta api Malabar diambil dari nama gunung berapi yaitu Gunung Malabar. Gunung ini terletak di bagian selatan Kabupaten Bandung, sebagian orang mengatakan nama Malabar tersebut berasal dari singkatan dari jurusan akhir kereta ini, yakni Malang-Bandung Raya.

    3. Kereta Api Pasundan

    Kereta Api Pasundan (16 Jam 16 Menit) merupakan kereta api kelas ekonomi dengan jurusan Bandung-Surabaya. kereta ini ane juga pernah naik, waktu kuliah dulu sering banget jalan-jalan ke bandung. kereta api ini menempuh jarak 690 Km. waktu itu masih inget harga tiketnya cuman Rp 55.000, sekarang sudah jadi Rp 94.000. Istilah Pasundan, merupakan julukan dari propinsi Jawa Barat.

    4. Kereta Api Gajayana

    Kereta Api Gajayana (15 Jam 35 Menit) Merupakan kereta api kelas Eksekutif dengan rute Jakarta-Malang. kereta ini menempuh jarak 904 Km. Fasilitas di KA ini yang tersedia: toilet, pintu otomatis, 2 TV (depan-belakang), AC central, reclining seat, sandaran kaki, lampu baca, meja makan per kursi, stopkontak per kursi, dan rak bagasi. Karena merupakan kereta lintas malam, tersedia pula bantal dan selimut di tiap kursi.

    5. Kereta Api Majapahit

    Kereta Api Majapahit (15 Jam 34 Menit) merupakan kereta api kelas ekonomi dengan rute Malang-Jakarta. ane pernah naik ini kereta, saat perjalanan kita akan disuguhi pemandangan Pantai Utara Jawa. kereta ini berangkat dari Stasiun Malang pukul 18.30 WIB dan tiba di Stasiun Pasar Senen keesokan harinya pada pukul 10.08 WIB. Luar biasa bukan.

    6. Kereta Api Bima

    Kereta Api Bima (15 Jam 25 Menit) Merupakan Kereta api kelas Eksekutif jurusan Jakarta-Malang dengan jarak tempuh 907 Km. Nama Bima merupakan singkatan dari Biru Malam, karena, pada awal peluncurannya, rangkaian kereta api ini bercat biru dan beroperasi pada malam hari. kapasitas Kereta Api Bima adalah 400 Kursi

    7. Kereta Api Mutiara Selatan

    Kereta Api Mutiara Selatan (14 Jam 59 Menit) merupakan Kereta api kelas campuran (Eksekutif Bisnis) yang beroperasi dari Surabaya-Bandung. Kereta Api ini menempuh jarak 720 Km. kalau kereta ini ane baru akan naik minggu depan .

    Demikian yang bisa ane jelasin. saran ane kalau mau pergi naik kereta jarak jauh, pertama : perginya rame rame, kedua : bawa makanan yang banyak dari rumah, dan yang terakhir baca doa sebelum berangkat

    Sumber

    Terimakasih

    Info terkait:

    • aingkatan kelas 9g
    • nama singkatan kelas 9h yg unik
    • singkatan bahasa Inggris kelas 9c
    • singkatan keren kelas 8f
    • singkatan untuk kelas 8i
    • singkatan yg keren untuk kelas 8J