Aktor-aktor yang pernah memerankan NELSON MANDELA!!

  • admin
  • 06/12/2013
  • Wafatnya tokoh Afrika Selatan, Nelson Mandela tentunya membuat rakyat Negara Pelangi itu berduka. Pasalnya, tokoh satu ini sukses menyatukan rakyat Afrika selatan berkat gerakan anti-apartheid yang dipimpinnya.

    Gerakannya itu, membuat sistem pemisahan ras yang ditetapkan oleh pemerintahan kulit putih demi mengeruk lahan di salah satu negara dalam Negeri Benua Hitam itu menjadi tidak berlaku lagi.

    Akhirnya, Mandela pun menjadi sosok pemimpin tersohor di benua Afrika, bahkan setelah ia tidak menjabat sebagai presiden. Berbagai penghargaan pun diberikan hingga sosoknya difilmkan.

    Dari berbagai macam judul film yang dimainkannya, mendiang Nelson Mandela telah diperankan oleh banyak aktor berbakat.
    Lantas, siapa saja para aktor kawakan yang telah mencerminkan sosok Mandela di masa lalu? Berikut nama-namanya:

    1. Sidney Poitier

    Kemunculan Sidney Poitier di dunia akting, membuatnya menjadi yang pertama kali dalam berperan sebagai Nelson Mandela.

    Sidney muncul dalam sebuah film televisi berjudul Mandela and de Klerk yang rilis pada 16 Februari 1997 silam dengan pengarahan dari Joseph Sargent.

    Meskipun tidak tayang di bioskop, namun Sidney dan aktor senior Michael Caine sukses membawa Mandela and de Klerk ke dalam nominasi di ajang penghargaan Primetime Emmy Award pada 1997.

    Karier Sidney sendiri terhitung sangat lama. Pria kelahiran 20 Februari 1927 ini, sudah malang melintang di dunia akting sejak 1947. Ia bahkan pernah menjabat sebagai duta besar Bahama untuk Jepang sejak 1997.

    Hebatnya, Sidney juga menerima penghargaan `Presidential Medal of Freedom`, gelar kehormatan tertinggi pada warga sipil di Amerika yang diberikan langsung oleh Presiden Barrack Obama pada 12 Agustus 2009.

    2. Dennis Haysbert

    Sosok Dennis Haysbert melanjutkan jejak Sidney dalam memerankan Nelson Mandela melalui film berjudul Goodbye Bafana.

    Dalam film ini, Dennis mampu membuktikan bahwa dirinya bisa menampilkan akting sang tokoh saat berhubungan dengan James Gregory (Joseph Fiennes), penjaga penjara yang bertugas mengawasinya selama menjadi tahanan.

    Persahabatan Mandela dan James Gregory ini merupakan adaptasi dari buku karya James yang berjudul Goodbye Bafana: Nelson Mandela, My Prisoner, My Friend.

    Uniknya, saat Goodbye Bafana dirilis ke dalam bentuk DVD, film ini diubah judulnya menjadi The Color of Freedom.

    Sosok Dennis Haysbert sempat tenar saat masuk nominasi Satellite Awads dalam film Far

    Film baru Dennis yang kini sedang digarap antara lain adalah Sin City: A Dame to Kill For dan Battledogs.

    3. David Harewood

    Pada 2009, stasiun televisi BBC menayangkan sebuah film berjudul Mrs Mandela. Film ini mengetengahkan kisah hidup Winnie Madikizela atau yang pernah dikenal sebagai Winnie Mandela.

    Sosok Winnie Madikizela yang dimainkan oleh aktris Sophie Okonedo ini, merupakan mantan istri Nelson Mandela yang telah berumah tangga bersama sejak 1958 hingga perceraiannya pada 1996 lalu.

    David Harewood sendiri berperan sebagai Nelson Mandela saat masih bersama dengan Winnie. Sosok David cukup terkenal melalui film-film seperti Blood Diamond, Victim, serta serial televisi Homeland.

    4. Morgan Freeman

    Bagi para penggemar film, tentunya wajah Morgan Freeman sudah tidak asing lagi. Ia telah bermain di banyak film terkenal seperti The Shawshank Redemption, Million Dollar Baby, Bruce Almighty, trilogi The Dark Knight, Red, Olympus Has Fallen, serta Oblivion.

    Aktor senior kelahiran 1 Juni 1937 ini, mencerminkan sosok Mandela saat bermain dalam film Invictus yang rilis pada 2009. Di situ, Morgan berakting dengan aktor berbakat Matt Damon.

    Film ini merupakan adaptasi dari buku karya John Carlin yang bertajuk Playing the Enemy: Nelson Mandela and the Game That Made a Nation. Kisahnya sendiri berpusat pada hal-hal yang terjadi di Afrika Selatan selama Piala Dunia Rugby 1995.

    Hebatnya, Invictus meraih nominasi dalam `Academy Award` untuk Best Actor (Morgan Feeman) dan Best Supporting Actor (Damon).

    5. Idris Elba

    Mandela: Long Walk to Freedom menjadi film biografi terbaru Nelson Mandela yang dirilis di bioskop pada 29 November 2013 lalu.

    Dalam film ini, aktor Idris Elba memerankan sosok Mandela saat ia masih mengenyam pendidikan hingga dipenjara selama 27 tahun.

    Film ini juga memperlihatkan perjuangan Mandela saat menjadi aktivis anti-apartheid hingga kenaikan takhtanya sebagai Presiden Afrika Selatan.

    Idris Elba sendiri pernah berpengalaman dalam bermain film biografi melalui American Gangster. Ia juga cukup mahir dalam berakting untuk film-film fiksi. Contohnya saja 28 Weeks Later, Thor, Prometheus, dan Pacific Rim.

    Uniknya, kala Nelson Mandela menonton filmnya, sang tokoh malah merasa geli dan kurang puas saat melihat sosoknya diperankan oleh Idris Elba.

    Inspirasi terbesar film ini berasal dari buku karangan sang tokoh yang berjudul Long Walk to Freedom. Banyak sekali hal-hal yang disajikan secara filosofis di dalamnya.

    Info terkait:

    • cerpen arin dan mimpinya karya
    • biografi natasha willona dlm bahasa jawa
    • biografi basa sunda tentang reza rahardian
    • nama IDRIS DOODLE
    • pertanyaan untuk steve jobs 5w 1H
    • mengabstraksi biografi
    • nama idris untuk fb
    • penulis cerpen yang berjudul arin dan mimpinya
    • profil kintaanmary
    • biodata biografi nathasa wilonna dalam bahasa sunda

    Leave a Reply