Alasan kenapa orang TEMPO DOELOE jarang senyum ketika difoto!!

  • admin
  • 30/08/2014
  • Kalau jaman sekarang gaya berfoto bermacam-macam.
    Jari tangan bentuk simbol peace, senyum tiga jari, atau bibir dimonyong2kan, dsb

    Tetapi kalau kita tengok jauh kebelakang, hampir tidak ada orang yang tersenyum atau memonyongkan bibirnya waktu difoto.

    Demikian dengan nenek atau kakek , buyut kita jaman dulu, Kebanyakan mereka memasang wajah serius:

    bahkan tanpa senyum. Semuanya tampak tegang, seolah berfoto adalah hal yang menakutkan.
    Kenapa begitu, ya??

    Ini nih gan beberapa alasannya:

    1. adat orang tempo dulu apalagi bangsawan itu jika tertawa/tersenyum terlihat giginya apalagi perempuan, dinilai tidak sopan. Khusus kaum bangsawan ente tahu sendiri kan image di lingkungan kerajaan atau bangsaawn itu sangat kental dan harus menjaga sopan santun perilaku,tindakan, dan lain sebagianya

    2. Kamera jaman dulu nggak secanggih sekarang. Kakek-nenek kita harus duduk berpuluh2 menit untuk menghasilkan sebuah foto. Jelas capek, dong dan senyum pun bisa hilang begitu aja saat bunyi zaaaap kamera terdengar blitz kamera zaman dulu juga belum secanggih sekarang. Bunyi jepretnya masih keras dan bikin kaget.

    3. Pada sekitar tahun 1870-an, pengambilan foto hanya ada saat acara-acara istimewa saja dan mencakup banyak orang sekaligus. Prosesnya yang cukup ribet dan serius ini menyebabkan orang yang difoto pun memasang wajah serius. Karena senyum bisa dianggap tidak beretika

    4. Masa itu, pengalaman di foto merupakan pengalaman langka dan orang menganggap nyawanya akan tertahan dalam foto tersebut. Jadi, wajah pun nggak boleh tersenyum

    5. Pengaruh kondisi masyarakat pada masa itu (jaman penjajahan/masa perang) membuat mereka susah tersenyum. Bayangkan saja, sedang dijajah belanda, susah mungkin mereka senyum saat disuatu tempat sedang perang, kelaparan, atau dilanda wabah penyakit

    Itu versi kakek , nenek buyut kita gan. Nah kalo ini versi orang bule jaman dulu kenapa jarang ada yg senyum karena:

    contohnya gan ini foto pasangan suami istri yg baru menikah

    Di foto itu mereka kayak ngga nikah ya gan kesannya datar tanpa ekspresi gitu, ente tau kenapa gan?
    karena jaman itu foto adalah dokumen penting, dan akan sangat memalukan jika sampai anak, cucu dan keturunannya melihat mereka tersenyum/manampakkan gigi ketika difoto pada jaman itu foto menggambarkan moral seseorang, jadi kalo senyum / nampakkan gigi itu tandanya dia orang yg moralnya kurang,

    dan 1 lagi
    –By the 17th century in Europe,a well-established fact that the only people who smiled broadly, in life and in art, were the poor, the lewd, the drunk, the innocent, and the entertainment.–
    sekitar abad ke 17 di eropa ,”bahwa satu-satunya orang yang tersenyum lebar, dalam hidup dan seni adalah orang2 miskin, cabul, mabuk, yang lugu, dan pada pelaku hiburan”

    beberapa gallery foto jaman dulu:

    Info terkait:

    • caption senyuman
    • caption foto senyum
    • dp bbm antara senyum dan perang
    • emoticon membawa pensil
    • kata yang biasa ditulis difoto
    • grafiti emot senyum
    • senyum keren
    • caption intuk foto yang senyum
    • caption ig tentang senyum
    • caption foto senyum lebar

    Leave a Reply