Beragam DEKORASI dan AKSESORIS unik menyambut 17 Agustus!!

  • admin
  • 11/08/2015
  • Dekorasi menyambut 17 agustusan sepertinya sudah lumrah dilakukan bahkan 1 minggu sebelum hari kemerdekaan. Beragam aksesoris pun kiranya sudah umum dengan peringatan kemerdekaan ini.
    Berikut beberapa jenis aksesori atau dekor yang bisa anda gunakan untuk menyambut meriah kemerdekaan RI:

    1. Bendera merah putih

    Mengibarkan bendera merah putih adalah wajib bagi setiap warga negara Indonesia pada saat merayakan hari kemerdekaan 17 Agustus. Setiap rumah dihimbau untuk mengibarkan bendera merah putih. Bendera tersebut dapat diikat pada sebatang tongkat kayu atau bambu. Jika memiliki, bisa juga dipasang pada tiang bendera di halaman rumah. Bendera merah putih biasanya dijual oleh abang-abang penjual bendera yang banyak terlihat di jalanan menjelang tanggal 17 Agustus.

    2. Bendera merah putih plastik

    Kamu ingat nggak pas zaman kamu sekolah dasar, sering banget ngedekor ruang kelas kamu dengan bendera plastik? Sampai sekarang ternyata kegiatan tersebut masih dilakukan lho. Bendera merah putih plastik adalah salah satu hiasan yang paling sering ditemui di banyak tempat. Di jalanan sekitar rumah, di gedung-gedung perkantoran, di pusat perbelanjaan, hingga di sekolah-sekolah. Kayaknya ada yang kurang lengkap jika tidak mendekorasi bendera merah putih plastik ini.
    Masih adakah yang ingat bagaimana cara memasang bendera merah putih plastik ini? Kamu harus menyiapkan benang sepanjang sekian meter tergantung kamu ingin menghiasnya di mana. Setelah itu, masukkan benang tersebut ke lubang yang ada di sisi atas (biasanya di bagian yang warna merah) dari bendera plastik tersebut. Untuk memasukkan benang kamu membutuhkan bantuan seutas lidi atau jarum, karena diameter lubang yang kecil akan menyulitkan kamu. Jika sudah dimasukkan, kamu tinggal menggesernya dan memasukkan lagi bendera yang lain.

    3. Gelas plastik

    Hah? Kok gelas plastik? Buat apa gelas plastik? Buat kamu yang belum tahu, dengan sedikit kreativitas gelas plastik juga bisa digunakan sebagai dekorasi untuk memeriahkan 17 Agustus. Gelas plastik yang dimaksud adalah gelas plastik yang berukuran kecil seperti yang biasa digunakan untuk air mineral kemasan, diberi warna merah dan putih lalu dapat digantung atau ditempel di berbagai tempat. Jadinya sih ya mirip bendera merah putih plastik gitu lho.
    Di dalam kepala kamu pasti muncul pertanyaan, kan sudah ada bendera merah putih plastik, buat apa lagi repot repot pakai ngecat gelas plastik? Eh jangan salah, seru banget lho kalau kita mendekorasi lingkungan dengan menggunakan gelas plastik. Bisa seru-seruan sama teman ngecat gelasnya, terus gelasnya juga bisa dibentuk berbagai macam lho! Nggak cuma digantung kayak bendera merah putih plastik. Kamu bisa bikin berbagai macam kreasi seperti patung yang terbuat dari gelas plastik.

    4. Mural di tembok

    Salah satu yang sedang ngetren sekarang untuk dijadikan hiasan pada saat perayaan 17 Agustus adalah pembuatan mural atau gambar di tembok. Kamu pasti sering menemukan tembok-tembok beton di jalanan, biasanya tembok yang menopang jembatan atau fly over, kosong hampa begitu saja. Kelihatannya kan kurang indah dan dingin ya, apalagi kalau malam hari, terkesan gelap dan seram. Beberapa orang dari komunitas seni saat ini sedang giat-giatnya untuk menghias tembok-tembok beton tersebut dengan gambar-gambar yang unik dan menarik. Sehingga dengan adanya mural tersebut diharapkan akan memperindah pemandangan lingkungan sekitar, khususnya buat di kolong jembatan yang terkenal angker.
    Khusus untuk merayakan hari kemerdekaan 17 Agustus, mural yang dibuat haruslah bertemakan merah putih ataupun kepahlawanan. Misalnya, mural bergambar bendera merah putih, mural bergambar pahlawan-pahlawan nasional Indonesia, ataupun mural yang menunjukkan semangat membangun negeri seperti mural bertuliskan Indonesia Bebas Korupsi atau Indonesia Bersatu Indonesia Maju. Perlu diingat, untuk membuat mural bergambar ini harus meminta izin ke pihak terkait terlebih dahulu ya. Ke warga yang tinggal di sekeliling tembok yang menjadi tempat gambar mural, ke pemimpin daerah (RT/RW/Kelurahan/Kecamatan), ke polisi, serta ke Dinas Pekerjaan Umum atau Dinas Pertamanan dan Pemakaman.

    5. Gapura

    Gapura merupakan salah satu dekorasi lainnya yang dapat kamu temukan ketika sedang memeriahkan hari kemerdekaan 17 Agustus. Biasanya kamu akan menemukan gapura di pintu masuk atau pintu keluar dari sebuah jalan, terutama jalan masuk dari jalan raya ke jalan lingkungan perumahan. Gapura dihias sedemikian rupa dengan gambar, tempelan, serta poster yang isinya menceritakan tentang semangat kemerdekaan.

    6. Spanduk

    Kalau yang satu ini sebenarnya bukan termasuk dekorasi, namun akan sering kamu lihat di pinggir jalan. Ya, spanduk bertuliskan Selamat Hari Kemerdekaan ke-69 Indonesia atau 17 Agustus 1945 17 Agustus 2014. Spanduk ini biasanya dipajang oleh orang-orang yang duduk di kursi pemerintahan ataupun orang yang cukup eksis. Contohnya anggota dewan legislatif, para pemimpin ormas, para pemimpin partai, atau siapa saja yang memiliki uang dan butuh ngeksis ke masyarakat luas.
    Itulah beberapa macam bentuk dekorasi unik yang bisa kamu temukan ketika merayakan hari kemerdekaan 17 Agustus mendatang. Dari sekian banyak dekorasi, manakah yang akan kamu buat untuk mendekorasikan lingkungan di sekitar tempat tinggal kamu?
    Gambar diambil dari pln.co.id, keiben.com, urbancult.net, kalbar.antaranews.com, dan jatim.kemenag.go.id.

    Info terkait:

    • yhs-1
    • dekorasi kelas terindah
    • pantun kemerdekaan
    • hiasan kelas dari barang bekas
    • Cara menggambar vespa
    • poster hari kemerdekaan
    • dekorasi panggung sederhana
    • cara menggambar pemandangan gunung langkah demi langkah
    • poster kemerdekaan
    • cara membuat hiasan kelas smp