Beragam jenis KEYBOARD yang perlu anda ketahui!!

  • admin
  • 15/12/2013
  • Papan ketik komputer (bahasa Inggris: keyboard) merupakan sebuah papan yang terdiri atas tombol-tombol seperti huruf alfabet (A-Z) untuk mengetikkan kalimat, juga terdapat angka 3, 4, 5, 8, 3, 3 dan lain-lain, serta simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Dalam komputasi, papan ketik menggunakan susunan tombol atau kunci, untuk bertindak sebagai tuas mekanis atau sakelar elektronik.

    1. Membrane Keyboard
    Membrane Keyboard adalah keyboard yang memiliki tombol tidak terpisah, komponen bergerak, berbeda dengan mayoritas keyboard yang lain, tetapi merupakan pad yang hanya memiliki garis dan simbol dicetak pada permukaan yang datar dan fleksibel. Hampir tidak terasa tekanan ke dalam saat menggunakan keyboard tersebut, dan bebas dari kesalahan mengetik tanpa melihat keyboard.

    2. Dome-switch keyboard
    Dome-switch keyboard adalah gabungan dari Membrane Keyboard dan Mechanical Keyboard. Dome-switch keyboard membawa dua circuit board di bawah karet atau silikon keypad yang menggunakan logam “dome” switch atau polyurethane. Jenis logam Dome-switch kubah sangat umum, biasanya dapat digunakan untuk lebih dari 5 juta kali daur ulang, dan dapat berlapis baik nikel, perak atau emas.

    3. Scissor-switch keyboard
    keyboard ini paling umum digunakan di laptop-laptop zaman sekarang, bentuknya berupa 2 buah plastik yang bersilangan seperti gunting, keyboard ini memiliki kedalaman sekitar 4mm biasannya kalau tombol sudah terlanjur copot masangnya susah

    4. Capacitive keyboard
    Capacitive Keyboard bekerja dengan cara mengukur interaksi antara sinyal elektrik pada transparent grid di atas layar dan jari tangan anda. Keyboard ini sangat smooth dan nyaman untuk dioperasikan karena hanya membutuhkan keberadaan jari tangan, tanpa tekanan.

    5. Mechanical Keyboard
    Pada mecha keyboard, mechanical keyswitch (pengendali tuts) didesain sehingga setiap tekanan akan terdaftar sebelum menekannya sampai kandas, sehingga hanya perlu memakai tenaga yang dibutuhkan untuk mengaktifkannya, tidak membuang-buang energi yang tidak perlu. Dengan banyaknya jenis keyswitch yang dapat dipilih sehingga nyaman digunakan, karena setiap keyswitch memiliki rasa yang berbeda jika ditekan.

    Info terkait:

    • cara membuat miniatur keyboard
    • contoh yel-yel keyboard
    • dudel nama eca
    • instrume keyboard anak jalanan
    • yel yel tentang keybiard

    Leave a Reply