Beragam kebiasaan anak muda sekarang di SOSIAL MEDIA!!

  • admin
  • 29/11/2014
  • Sosial media sudah menjadi kebutuhan pokok dari cara setiap manusia menyampaikan informasi. Bukan hanya mereka yang berpendidikan tinggi yang tahu tentang teknologi saja yang akrab dengan sosial media. Anak usia dini juga sudah tahu jika kita menyebutkan kata Facebook atau Twitter. Namun sampai saat ini banyak penelitian dan survey yang membuktikan bahwa pengguna sosial media palign besar adalah mereka yang berumur 15 30 tahun.

    Ini jelas membuktikan bahwa peran sosial media di kalangan anak muda sangatlah besar. Banyak hal yang mereka lakukan dan dapatkan dari sosial media. Lalu apa saja sih yang kira kira mereka pikir dapat mereka lakukan di sosial media? Majalah marketeers menguraikannya dalam 13 macam kebiasaan yang ada di kalangan pengguna sosial media.

    Menunjukkan ekspresi diri


    Facebook dan Twitter bahkan saat ini sudah ditambah Instagram dan Path, menambah kesenangan pengguna sosial media terutama anak muda untuk lebih menunjukkan jati diri mereka. Bagi mereka yang menyukai dunia musik, bisa dengan mudah membagikan konten musik, memposting lagu atau link yang mereka sukai. Bagi mereka yang sudah dengan dunia desain akan dengan mudah menunjukkan karya dalam bentuk postingan konten sederhana. Ini membuat mereka mampu menunjukkan siapa dan apa yang membuat mereka terlihat hebat.

    Namun tidak jarang kegiatan menunjukkan ekspresi diri ini dikaitkan dengan hal negatif, yaitu seperti memposting kata kata yang kurang sopan atau gambar gambar yang kurang baik. Semua memang tergantung dari masing masing pengguna. Anak muda memang saatnya bebas berekspresi dan menunjukkannya, tapi tetap mengikuti etiket dan menjunjung tinggi nilai kesopanan ya

    Sumber informasi yang super menarik buat anak muda


    Anak muda menganggap bahwa koran adalah sumber informasi yang kuno. Mereka lebih memilih melihat sosial media di pagi hari ketimbang harus membuka dan membaca setiap lembar dari koran. Mereka akan lebih memilih untuk update status, melihat atau stalking seseorang ketimbang harus membuka portal berita yang isinya hanya berita berita politik, ekonomi dan kriminalitas.

    Namun dari sekian banyak portal berita yang aktual menyajikan berita, mereka mengemas dan memberikan kemudahan bagi anak muda untuk melihatnya dari akun Facebook atau Twitter. Mereka juga memberikan kesempatan untuk bisa membagikan berita ke teman teman mereka. Ini bisa menjadi sumber berita yang menarik bagi mereka. Tetap eksis di sosial media dan tidak kudet untuk berita aktual di lingkungan sekitar.

    Buat cari keuntungan dari belanja online


    Nah, yang satu ini bisa dikatakan anak muda banget. Belanja online atau bahkan berjualan online memang akrab dengan anak muda. Salah satu alasannya adalah karena cara yang digunakan cukup mudah dan biaya yang dikeluarkan tidaklah besar. Anak muda saat ini yang ingin terjun ke dunia bisnis akan lebih memilih untuk menjangkau teman teman mereka di sosial media terlebih dahulu. Mereka akan dengan antusias mengajak dan membagikan foto produk ke teman teman mereka.

    Cara promosi yang irit dan mudah sangat cocok dengan jiwa anak muda yang tidak ingin repot dalam menjalankan sesuatu. Dan disini kita juga bisa mencari keuntungan seperti diskon yang biasanya tidak diberikan ketika kita mendatangi toko offlinenya langsung.

    Berkencan juga bisa lewat sosial media kok, hihihi


    Sosial media juga bisa menjadi ajang pencarian jodoh untuk anak muda. Berawal dari pertemanan yang tidak pernah dikenal sebelumnya, berkenalan, berteman, hingga berkencan. Ini bukanlah hal yang terlalu buruk, tapi setiap pengguna sosial media harus memiliki kehati hatian terhadap pengguna sosial media yang lain. Gunakan sosial media untuk memenuhi kebutuhan akan informasi dan hubungan yang penting.

    Promosi brand pribadi


    Sosial media juga penting bagi sebuah bisnis yang baru dirintis. Memperkenalkan brand kepada masyarakat melalui sosial media memang cukup mudah. Selain mudah cara ini banyak dipilih karena kita tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mempromosikan brand pribadi kita sendiri. Jika memang memiliki toko online sendiri, kita juga bisa membuat sebuah Fanspage atau akun Instagram dengan nama bisnis online kita. Mempromosikan dari teman akan membuat kita dikenal lebih jauh. Sosial media membuat kita tidak hanya memikirkan kesenangan berkomunikasi dan menemukan orang baru, tapi juga bisa mandiri dengan menciptakan brand kita sendiri.

    Siapapun jadi punya virtual journal


    Pernahkan kita melihat atau bahkan diri kita sendiri mengupdate sebuah kejadian yang pernah atau sedang kita lakukan, seperti acara yang didatangi, situasi yang dialami, waktu dan tempat yang ada akan kita tuliskan dalam akun sosial media kita. Berupa teks, foto bahkan video juga membuat kita memiliki sebuah jurnal virtual secara digital. Bahkan jika kita lupa atau ingin mengingat kembali sebuah keadaan yang pernah dialami, kita bisa membuka kembali akun sosial media yang dulu pernah kita update di sana. Nah, itu artinya tanpa sadar sosial media menjadi jurnal virtual bagi semua orang.

    Semua orang pasti SETUJU, Sosial Media jadi Ajang Selfie


    Selfie atau Self Potrait Photograph sudah menjadi jamur di kalangan anak muda masa kini. Siapa yang punya gadget berkamera, sosial media dan tahu bagaimana memilih angle yang baik untuk berfoto maka selfiepun sudah pasti dilakukan. Hampir semua anak muda melakukannya dan itu selalu diungah dan menjadi pembicaraan bagi banyak orang di sosial media. Selfie juga banyak menuai pujian dan juga kritik. Itu sebenarnya tergantung dari siapa yang memposting, seperti apa fotonya, apa tujuannya dan bagaimana orang menilainya. Namun selfie seolah olah memang tidak dapat dipisahkan dari dunia anak muda masa kini.

    Media untuk didengar


    Ada beberapa anak muda yang merasa malu untuk menyampaikan apa pendapat mereka, apa unek unek mereka dan apa cita cita mereka kepada orang secara langsung. Kebanyakan alasan mereka adalah malu dan takut tidak didengar atau dihiraukan. Nah, sosial media memiliki sebuah manfaat lebih di sini. Mereka menganggap bahwa di sosial media mereka bisa menyampaikan pesan apapun yang mereka ingin sampaikan. Tanpa harus mengeluarkan suara, semua orang bahkan akan tahu apa yang ingin diungkapkan. Tapi kembali lagi bahwa menyampaikan informasi atau pesan di sosial media itu juga penuh dengan aturan, jadi tetap harus dipatuhi, agar mendapatkan banyak respon atau tanggapan positif.

    Sosial media bisa jadi hidden agenda


    Hidden agenda di sini diartikan sebagai sebuah media yang mudah digunakan banyak orang untuk mencuri banyak konten, membual dan bahkan menarik perhatian lebih banyak daripada secara langsung ketika berhadapan. Ini memang benar, karena tanpa kita sadari bahwa kita juga sering melakukan ini saat menggunakan sosial media, bukan?

    Tentu saja sosial media jadi wadah untuk sharing moment


    Dan yang terpenting adalah sosial media memang menjadi sebuah wadah utnuk kita bisa saling bertukar cerita, bertukar informasi dengan sesama teman baik yang dikenal ataupun yang tidak dikenal. Kita bisa tahu informasi atau cerita teman kita di luar negeri dari sosial media. Kita bisa saling bertukar informasi dengan teman kita yang jauh lokasinya. Bukan hanya berita formal, tapi juga informasi seputar dunia fashion, holiday, online shop dan lain sebagainya.

    Memperbaiki hubungan dan menjalin silaturahmi


    Sosial media mempertemukan banyak orang yang sudah lama terpisahkan dan tidak berkomunikasi menjadi bisa berkomunikasi kembali. Sosial media dipilih karena bsia menghubungkan banyak orang di seluruh dunia dengan mudah dan cepat. Sosial media menjadi tempat bagi anak muda mencari teman baru dan menjaga tali silaturahmi mereka dengan teman lama.

    Jadi tempat kumpul dan diskusi paling fleksibel


    Anak muda yang suka dengan acara kumpul kumpul, kurang rasanya jika mereka hanya mengobrol saat bertemu. Bahkan inginnya mereka adalah terus berkomunikasi dengan satu group atau geng sekalipun tidak saling bertemu. Dan mereka menggunakan sosial media untuk ini. Sosial media membuat mereka menjadi punya komunitas atau grup sendiri yang berisikan orang orang yang akan saling bertukar pikrian atau diskusi secara online. Dan diskusipun bisa dimana saja dan kapansaja.

    Yang jelas sosial media jadi tempat komunikasi paling asik


    Dan yang jelas dengan sosial media, komunikasi anak muda menjadi lebih asik dan seru. Mereka bisa mengenal dunia dari sosial media, mereka bsia menunjukkan bakat dengan sosial media dan mereka bisa berkomunikasi dengan banyak orang melalui sosial media. Tanpa harus membayar mahal untuk biaya komunikasi, tanpa harus susah susah karena internet saat ini sudah bisa dinikmati oleh hampir seluruh anak muda di Indonesia.

    Nah, begitulah kira kira yang ingin digambarkan oleh Marketeers tentang penelitian mereka terhadap kebiasaan anak muda dalam menggunakan sosial media. Dan menurut kamu apalagi ya kira kira kebiasaan yang sering dilakukan anak muda ketiak menggunakan sosial media?

    Info terkait:

    • fungsi sosial teks tantangan
    • teks cerita sejarah tentang peristiwa sosial
    • fungsi sosial teks berita
    • teks opini tentang peristiwa sosial
    • fungsi sosial teks tantangan pengurangan subsidi bahan bakar minyak
    • fungsi sosial caption
    • contoh teks cerita sejarah tentang peristiwa sosial
    • contoh teks opini tentang peristiwa sosial
    • Membuat Teks berita tentang peristiwa sosial dengan tema Piala Dunia
    • fungsi sosial teks tantangan pengurangan subsidi bbm

    Leave a Reply