Beragam kegunaan smartphone ANDROID selain sebagai alat komunikasi!!

  • admin
  • 15/10/2014
  • 1. Menghubungkan ke flashdisk

    Hampir semua smartphone Android memiliki port microUSB yang bisa digunakan untuk mengisi baterai atau menghubungkan ke komputer/laptop untuk mengakses data yang ada didalamnya. Namun bagi ponsel/smartphone yang usbnya mendukung feature USB OTG (On The Go), Kita dapat menambahkan kabel adapter, aplikasi maupun akses root, sehingga kita dapat melakukan transfer data secara langsung dari flashdisk atau harddisk eksternal. Selain itu dapat juga menghubungkannya langsung dengan cardreader untuk mengambil foto dari kamera dan secara otomatis untuk menyimpannya ke ponsel atau mengunggahnya ke jaringan internet. Semua bisa dilakukan tanpa bantuan komputer.

    2. Scanner


    Salah satu kelebihan kamera pada ponsel android bisa berfungsi sebagai scaner. baik untuk memindai gambar dan menyimpannya dalam bentuk dokumen seperti pdf, mengambil tulisan dari objek yang dipindai maupun men-scan barcode untuk cari tahu harga barang. Kamera android juga dapat digunakan untuk men-scan kode batang.

    3. Mobile Hotspot


    Anda ingin berbagi wifi keteman-teman..? tenang saja, tidak harus membeli modem. Smartphone android anda bisa dipakai sebagai jaringan Wi-Fi untuk 5-7 gadget sekaligus. Artinya, anda bisa menghubungkan iPad atau laptop ke jaringan Wi-Fi tanpa bantuan router dan tidak memerlukan aplikasi tambahan

    4. Menggunakan mouse dan keyboard


    Dengan tambahan kabel adapter USB OTG, ponsel Anda tidak hanya dapat digunakan untuk menghubungkan ponsel ke media storage saja, tetapi juga untu perangkat lain seperti mouse dan keyboard. tentu anda akan mengoperasikan smartphone android anda dengan mouse dan keyboard seperti memakai komputer.

    5. Nonton TV


    Ponsel non android sekarang banyak menambah fitur untuk nonton TV. namun pada smartphone android anda cukup menginstall aplikasi seperti netTV atau TVUPlayer.

    6. Sebagai alat pengukur


    Untuk urusan ukur-mengukur Smartphone android bisa diandalkan, baik mengukur panjang, suhu, berat, gerak dan lain sebagainya. seperti Samsung Galaxy S4 menyertakan sebuah aplikasi yang mampu mengukur berapa banyak langkah yang telah Anda tempuh saat berjalan. Aplikasi seperti Accupedo Pedometer memanfaatkan sebsor accelerometer ponsel untuk menentukan kapan Anda telah mengambil langkah dan kemudian menyimpan data tersebut. Termasuk informasi lainnya seperti berat badan, tinggi badan, dan menghitung berapa banyak kalori yang telah dibakar.

    7. Akses remote ke komputer


    Anda ingin mengakses dan melihat konten aplikasi di ponsel melalui komputer ataupun sebaliknya? Dengan bantuan aplikasi remote, Anda bisa mengendalikan ponsel tersebut dari peramban di komputer. Anda juga bisa menggunakan beberapa aplikasi pilihan seperti 2X atau Splashtop 2 Remote Desktop untuk mengendalikan komputer dari ponsel Anda.

    8. GPS


    Anda tersesat dihutan, tenang saja smartphone android anda bisa digunakan sebagai GPS (Global Positioning System) dan kompas. hampir semua tipe smartphone android sekarang menambahkan fitur GPS ataupun A-GPS (Assisted-Global Positioning System) yang sangat berguna untuk navigasi. tentu sangt berguna untuk anda dalam mengambil track, titik koordinat, penentuan arah bahkan untuk menentukan arah kiblat.

    9. Menjalankan sebuah Web Server


    Android merupakan sistem Linux, sehingga tidak heran jika perangkat berbasis Android bisa menjalankan Web Server secara penuh lengkap dengan database mySQL, dukungan PHP, dan FTP untuk transfer file. Anda bahkan dapat membuat server yang tersedia di internet dan menggunakannya dengan domain pilihan.

    10. Remote TV


    Tahukah anda bahwa android anda juga bisa berfungsi sebagai remote TV, tetapi tentu saja TV anda harus mendukung Wifi ataupun Bluetoot seperti TV Samsung LED Series 5

    Info terkait:

    • fungsi caption
    • alat ukur tempo dulu
    • caption tentang komunikasi
    • alat pengukur berat tempo dulu
    • caption tentang komuni

    Leave a Reply