Beragam lomba 17 AGUSTUS untuk berbagai kalangan masyarakat!!

  • admin
  • 06/08/2015
  • Peringatan hari kemerdekaan Indonesia atau kerap disebut 17 Agustusan sudah diddepan mata. Selain upacara, peringatan ini tentu khas dengan adanya perlombaan-perlombaan yang digelar masyarakat di segala pelosok negeri. Oleh karena itu, disini ada beberapa contoh lomba 17 Agustus yang menarik sekaligus mendidik buat semua kalangan masyarakat meliputi ibu-ibu, pemuda-pemudi, bapak-bapak yang mana nantinya bisa dijadikan rujukan sebelum memutuskan apa saja jenis perlombaannya.

    Secara garis besar kita bisa memetakan Jenis Perlombaan itu diperuntukkan untuk Ibu-Ibu, Untuk Bapak-Bapak, dan Untuk Pemuda-Pemudi.

    Lomba 17 Agustus Untuk Ibu – Ibu

    1. Memasak
    Lomba ini cocok buat karakter ibu-ibu karena pada dasarnya memasak merupakan pekerjaan ibu rumah tangga setiap harinya. Adapun untuk peraturannya, panitia bisa memberikan satu resep yang harus dikerjakan oleh setiap peserta lomba dengan waktu yang sudah ditentukan kemudian dinilai dari segi Rasa, kekompakan, seragam, Tampilan atau kerapian penyajiannya. Untuk lomba memasak ini, bisa juga diadakan untuk bapak-bapak yang jago memasak.

    Lomba 17 Agustus Untuk Bapak-Bapak

    1. Menirukan Gaya Presiden Soekarno

    Menirukan disini yakni bisa dengan cara membacakan teks proklamasi, teks pancasila atau pidato sebagaimana layaknya gaya Bapak Soekarno. Atau juga bisa dengan lomba mirip dengan wajah presiden soekarno. Adapun tujuannya yakni mengingatkan jiwa nasionalisme dan mengenang betapa gagahnya presiden pertama Indonesia tersebut. Lomba ini cukup unik dan tentu mengundang perhatian masyarakat sekitar

    2. Tarik Tambang

    Kegiatan ini dimaksudkan agar bapak-bapak bisa merasakan betapa beratnya mempertahankan indonesia dari tarik ulur tangan para penjajah.

    3. Panjat Pinang

    Lomba ini bisa dikatakan paling meriah dan seru sekaligus mendidik, sebab mengingatkan betapa beratnya perjuangan para pahlawan ketika menurunkan bendera musuh kemudian diganti dengan bendera Merah Putih.

    Untuk panjat pinang ini biasanya dilakukan dengan cara memanjat pohon pinang yang sudah dioelesi oli dan pelicin guna mengambil hadiah yang sudah disediakan oleh panitia. Panjat pinang bisa dilakukan di sungai, dan bisa dilakukan di halaman luas.

    Lomba 17 Agustus Untuk Anak-anak

    1. Cerdas Cermat Bertema Sejarah Kemerdekaan
    Lomba ini dimaksudkan untuk meningkatkan daya ingat anak muda zaman sekarang tentang sejarah perjuangan pahlawan menghadapi penjajah sampai dengan merebut kemerdekaan. Selain itu, panitia juga bisa memberikan tema lain yang berhubungan dengan nasionalisme di era reformasi saat ini. Tentu perlombaan yang demikian ini tidak hanya menarik akan tetapi bersifat mendidik.

    2. Menghafal Teks Proklamasi dan Pancasila

    Sudah pasti tujuannya adalah mendidik pemuda untuk lebih nasionalis terhadap negara sendiri dan selalu mengingatkan akan nilai – nilai pancasila.

    Selain macam-macam Perlombaan diatas, masih banyak lagi lomba 17 Agustus yang bisa diadakan buat semua kalangan untuk meramaikan HUT RI diantaranya sebagai berikut:

    1. Lomba Balap Karung
    2. Lomba Kelereng
    3. Lomba memasukkan benang dalam jarum
    4. Lomba Memasukkan Paku ke dalam Botol
    5. Lomba Tarik Tambang
    6. Lomba memasukkan belut ke dalam botol
    7. Lomba Meletuskan Balon dengan perut
    8. Lomba Sepakbola Menggunakan Terong
    9. Lomba Sepakbola Dengan Memakai Sarung
    10. Lomba Catur
    11. Lomba Tenis meja
    12. Lomba Badminton
    13. Lomba Menangkap Bebek atau ayam yang dilepaskan disawah
    14. Lomba Melewati jembatan dari bambu
    15. Lomba Gepuk bantal
    16. Lomba Makan Kerupuk
    17. Lomba mengambil uang receh yang ditancapkan di buah pepaya
    18. Lomba Joget
    19. Lomba Panco
    20. Lomba Jalan Menggunakan Bakiak Besar

    Info terkait:

    • pantun kemerdekaan 17 agustus
    • hadiah lomba agustusan
    • contoh hadiah panjat pinang
    • teks pembawa acara lomba cerdas cermat
    • teks mc karnaval
    • contoh teks eksemplum singkat pendidikan
    • contoh laporan berita
    • pantun proklamasi
    • contoh teks pembawa acara 17 agustus dalam bahasa sunda
    • cara membuat panjat pinang