Beragam pengaruh SMARTPHONE dalam kehidupan remaja!!

  • admin
  • 08/08/2014
  • Mah aku mau smartphone itu.. pah aku mau smartphone ini.. Kata kata tersebut sudah tidak asing lagi di telinga kita. Seiring dengan berkembangnya teknologi, kini telephone genggam yang fungsi utamanya melakukan dan menerima panggilan ataupun pesan teks berkembang menjadi sebuah mesin canggih yang bisa melakukan berbagai kegiatan. Kedatangan teknologi baru ini di terima baik oleh seluruh penghuni bumi ini, mulai dari balita, hingga dewasa. Dengan harga yang cukup terjangkau, kini semua kalangan bisa menikmati berbagai fitur dari smartphone ini. Berbeda dengan dahulu, smartphone hanya dimiliki oleh kalangan kalangan menegah ke atas.
     
    Smartphone dengan berbagai fitur canggihnya ternyata membawa pengaruh terhadap kehidupan penggunanya, terutama pengguna dalam usia remaja. Berikut ini beberapa pengaruh/dampak baik smartphone dalam kalangan remaja :

    1. Menambah pengetahuan tentang teknologi

    Ya, kini anak anak seusia remaja menjadi fasih dalam penggunaan teknologi, bahkan mungkin mereka lebih pintar dalam mengoprasikan smartphone dibandingkan dengan orang tuanya, berbagai pengetahuan dapat dengan mudah mereka dapatkan hanya dengan ujung telunjuk, berbeda dengan jaman dahulu yang harus mencari dan membuka buku lembar demi lembar.

    2. Semakin kreatif

    Kini semakin banyak aplikasi aplikasi yang bisa dengan mudah kita unduh untuk mengasah kreatifitas kita, sebagai contoh aplikasi

    inkis, tayasui sketches,inspire pro, dll. Aplikasi ini bisa kita gunakan untuk mengasah kreatifitas kita dalam menggambar, design, sketching, dll.

    3. Akses web dengan berbagai ilmu pengetahuan menjadi lebih mudah

    Hanya dengan satu kali sentuh saja, anda bisa mendapatkan berbagai informasi yang anda butuhkan. Misalnya resep masakan, cara memperbaiki sesuatu, atau cara membuat sesuatu, dengan begitu anda tidak mengalami kesulitan untuk memperoleh informasi yang anda butuhkan.

    4. Komunikasi semakin mudah

    Telpon gratis, mengirim pesan gratis, video call menjadi fitur yang juga di gandrungi oleh kaum penggunanya, juga menjadi suatu kegemaran terutama bagi mereka yang remaja. Mengobrol dengan teman jauh, bertatapan langsung dengan orang yang tinggal sangat jauh, dll.

    5. Menambah banyak teman

    Dengan hadirnya social media para remaja ini juga bisa menambah teman sebanyak yang mereka mau, beberapa aplikasi yang kini sangat digemari yaitu

    Path, Instagram, Twitter, Facebook, dll. Di sana mereka bisa berbagi foto, mencurahkan seluruh isi hatinya, atau hanya sekedar ngobrol dengan teman.

    Di atas merupakan beberapa sisi positive dari penggunaan smartphone terutama untuk remaja. Namun semakin tinggi teknologi, semakin besar juga dampak negative yang bisa kita rasakan. Berikut beberapa pengaruh/dampak negative penggunaan smartphone bagi remaja :

    1. Banyak waktu yang tersita

    Tahukah anda bahwa remaja menghabiskan waktunya dengan smartphone lebih dari 8 jam? Ya, anak remaja lebih memilih waktunya untuk dihabiskan dengan bermain smartphone mereka dibandingkan untuk belajar. Fenomena yang cukup mengejutkan, dibalik manfaatnya yang begitu besar namun memiliki efek buruk yang juga begitu besar.

    2. Penggunaan smartphone untuk hal yang negative

    Dalam kasus ini para remajalah yang menjadi korban kejahatan. Seperti kita ketahui, sekarang ini sedang maraknya kasus penculikan, pelecehan seksual, dan penipuan yang di lakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu peran orang tua menjadi peranan yang sangat penting dalam kasus ini.

    3. Interaksi dengan orang sekitar berkurang

    Ya, dengan hadirnya fitur sosmed di smartphone yang mereka gunakan, interaksi dengan orang sekitar menjadi berkurang. Karena kesibukan mereka dengan teman temannya di social media, mereka merasa tidak perlu lagi berinteraksi dengan teman teman disekitarnya.

    4. Perilaku konsumtif

    Karena pesatnya perkembangan teknologi yang di usung oleh smartphone, tidak dapat di pungkiri perilaku anak yang konsumtif semakin tinggi. Ingin bergonta ganti smartphone setiap ada keluaran terbaru. Mungkin ini juga yang akan menambah beban biaya untuk orangtua mereka. Maka dari itu, perlu adanya penyuluhan dari orangtua terhadap buah hatinya untuk tidak berperlilaku konsumtif.

    5. Kerusakan mata

    Mengingat lamanya waktu yang dihabiskan para remaja dalam menggunakan smartphone, hal ini juga membawa pengaruh buruk untuk kesehatan mata penggunanya. Dengan begitu di usia yang masih sedini itu, mereka sudah menggunakan kacamata sebagai alat bantu penglihatan.

    Info terkait:

    • contoh teks berita tentang kesehatan
    • teks berita tentang kesehatan
    • Teks berita kesehatan
    • contoh teks berita kesehatan
    • apa yang anda ketahui tentang sumber pada teks berita
    • Menggambar pasar buah
    • teks berita tema kesehatan
    • apa yang anda ketahui tentang teks berita
    • apa yg anda ketahui dengan teks berita
    • teks tantangan tentang smartphone

    Leave a Reply