Beragam taman-taman kota TERINDAH di Indonesia!!

  • admin
  • 20/09/2014
  • Indonesia tidak hanya memiliki panorama alam yang begitu kaya dan indah; Tanah Air yang kita cintai ini ternyata juga memiliki sejumlah taman kota cantik yang patut menjadi kebanggan lho! Taman-taman kota ini menjadi tempat asyik untuk disinggahi, misalnya untuk piknik pada pagi atau sore hari. Bahkan, beberapa taman kota telah menjadi primadona yang menarik minat para traveler domestik dan mancanegara untuk mengunjunginya

    Pengertian Taman Kota

    Taman adalah sebidang lahan berpagar yang digunakan untuk mendapatkan kesenangan, kegembiraan, dan kenyamanan. (Laurie,1986:9)

    Kota adalah tempat berlangsungnya proses hidup dan kehidupan atau sebagai tempat berlangsungnya aktifitas manusia (Setiyaningrum, Diyah,2002:4).

    Taman Kota adalah taman yang berada di lingkungan perkotaan dalam skala yang luas dan dapat mengantisipasi dampak-dampak yang ditimbulkan oleh perkembangan kota dan dapat dinikmati oleh seluruh warga kota.

    Fungsi Taman Kota

    Berbagai fungsi taman yang dapat dirasakan manfaatnya adalah sebagai berikut:

    1. Fungsi Ekologis

    Taman kota sebagai penjaga kualitas lingkungan kota. Dengan adanya penghijauan maka taman kota dapat berfungsi sebagai:
    A. Paru-paru kota yang menghasilkan banyak O2
    B. Filter debu dan asap kendaraan bermotor, sehingga dapat meminimalisir polusi udara
    C. Tempat penyimpanan air tanah, sehingga mencegah datangnya banjir dan erosi serta menjamin pasokan air tanah. Semoga ga da cerita lagi musim ujan kebanjiran, musim kemarau kekeringan.
    D. Peredam kebisingan kota yang padat aktivitas
    E. Pelestarian lingkungan ekosistem. Kondisi yang langka mendengar cicit burung di lingkungan perkotaan.

    2. Fungsi Sosial

    A. Sebagai tempat komunikasi sosial
    B. Sebagai sarana olahraga, bermain, dan rekreasi
    C. Sebagai landmark sebuah kota
    D. Menambah nilai estetika sebuah lingkungan sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi sebuah kota.

    Pentingkah Taman Kota?

    Sebuah pertanyaan bodoh, karena dilihat dari fungsi dan manfaat yang ditimbulkan dari sebuah taman kota, taman kota seharusnya menjadi poin penting dalam perencanaan sebuah kota.
    Karena selain berfungsi untuk menjaga kualitas lingkungan perkotaan yang padat aktivitas, taman kota dapat menumbuhkan rasa sosialis yang tinggi di dalam lingkungan perkotaan yang kini mengarah pada individualis. Menumbuhkan rasa toleransi, tidak hanya terhadap sesama manusia melaikan terhadap mahkluk hidup lainnya. Taman yang baik merupakan cerminan kota dengan manusia (masyarakat) yang baik. Manusia (masyarakat) merupakan aspek penting dalam sebuah kota, sehingga kualitas manusia (masyarakat) akan mempengaruhi kualitas sebuah kota.
    Jadi keberadaan taman kota itu penting banget.

    Manfaat-Manfaat Taman Kota Bagi Kita

    Dari Forum yahoo answers saya menemukan pertanyaan bagus; mengenai Manfaat taman kota , Biarpun pertanyaan dan jawaban tersebut sudah 2 thn berlalu, namun masih relevan. Dan inilah jawabanyanya, Jawaban ini dipilih oleh suara terbanyak

    Manfaat taman kota:

    1. Penghijauan kota yang umumnya gersang tidak ada tumbuh-tumbuhan
    2. Untuk rekreasi bagi penduduk kota , jadi tidak usah ke Gunung atau desa yang masih bayak tumbuhannya
    3. Untuk menyerap gas karbon dioksida (CO2) yang banyak dihasilkan oleh kendaraan bermotor, mobil, pabrik, pembakaran sampah. Dalam proses fotosintesisi sebagai berikut: CO2 +H2O <C6H12O6 + O2 (dengan bantuan sinar matahari)
    4. Pohon-pohonan dalam taman kota, bisa menyimpan air banyak sekali, tanaman terdiri dari 80 % air dan 20 % berat bahan yang lain seperti kayu daun, kambium. Sehingga kalau satu tanaman beratnya 1000 kg (1 ton) maka air yang dikandungnya=80/100 x 1.000 kg=800 kg air, yang volumenya=800 liter.. lha kalau dalam suatau taman kota ada 100 pohon saja maka air yang bisa disimpan ditaman kota sebanyak=800 liter x 100 pohon=80.000 liter kalau dimuat dalam truk tanki yang volumenya 5000 L akan tersedia=80.000/ 5000=16 tangki air. Akhir taman kota bisa ikut serta dalam rangka mencegah terjadinya banjir, karena air tidak akan langsung terbuang ke sungai /selokan tetapi diserap oleh tumbuhan dalam taman kota tersebut.
    5. Dalam proses foto sinteisi diatas (nomor 2) juga dihasislkan gas Oksigen yang sangat diperlukan untuk pernafasan manusia dan hewan. Sehingga udara dikota diharapkan bisa segar karena banyak Oksigen (O2) yang dihaskan oleh taman kota.
    6. Bisa untuk media pembelajaran anak-anak sekolah tentang macam-macam tanaman, jenis tanaman sifat-sifat tanaman, dll
    7. Untuk tempat hidup margasatwa (binatang,seperti burung, kelelawar, dan hewan yang laian yang berfungsi sebagai peredator dalam kehidupan ini), dan masih banyak lainnya

    Beberapa kota di Indonesia memiliki taman kota yang indah dan representatif. Berikut adalah 5 kota yang memiliki taman yang indah di Indonesia:

    Taman Bungkul, Kota Surabaya


    Taman yang berlokasi di Jalan Raya Darmo ini adalah Taman Kota yang memperoleh penghargaan “The 2013 Asian Townscape Sector Award” dari Perserikatan Bangsa-Bangsa. Taman ini dibangun oleh Walikota Surabaya Bu Tri Rismaharini. Memiliki fasilitas amfiteater dengan diameter 33 M persegi, Jogging Track, Taman bermain anak-anak dan Lahan untuk papan luncur. Taman Bungkul juga menyediakan fasilitas internet nirkabel, sehingga masuk sebagai 5 Taman Kota Terindah Di Indonesia

    Taman Ekspresi – Surabaya


    Sumber Foto:
    http://intaninchan.wordpress.com

    Taman Ekspresi terletak di Jalan Genteng Kali, Surabaya; persis di depan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Letak Taman Ekspresi ini ada di belakang beberapa bangunan, sehingga pandangan dari jalan raya ke arah taman ini memang agak terhalang. Karena letaknya yang agak tersembunyi itulah yang membuat saya tidak pernah mengira jika di tempat tersebut ada sebuah taman.

    Parkir motor taman ini ada di pinggir jalan raya. Begitu memasuki taman, kita akan disambut sebuah instalasi seni berupa makhluk dalam posisi duduk di atas rumput. Dari arah jalan raya, taman ini memang terlihat kecil karena sebagian besar tertutup oleh bangunan. Tapi begitu saya masuk lebih dalam ke arah taman, saya seperti menemukan oase di tengah-tengah panasnya kota Surabaya. Bagus banget!

    Taman Ekspresi mempunyai view ke arah Kalimas karena tepat berada di samping sungai tersebut. Kegiatan ngadem di bawah pohon rindang, bercengkrama bersama teman atau pacar sambil menikmati pemandangan Kalimas adalah kegiatan yang dilakukan mayoritas pengunjung taman. Banyaknya pepohonan serta tata landscape-nya yang apik dan bersih, membuat siapapun akan betah berlama-lama di taman ini. Kebersihan taman pun terjaga karena tempat sampah disediakan di tiap sudutnya.

    Sesuai dengan namanya, Taman Ekspresi dibuat untuk mengekspresikan karya seni. Tak heran di sepanjang taman ini dapat dijumpai banyak instalasi seni terbuat dari material bekas yang didaur ulang dan dimodifikasi, seperti besi bekas, sepeda bekas, vespa bekas, roda bekas, dll. Bentuknya sangat kreatif dan keren, serta bikin taman ini jadi lebih hidup. Dua jempol buat para senimannya.

    Taman Kota Pecangakan, Bali

    Jika anda berlibur ke Bali, tak ada salahnya kalian mengunjungi Taman ini. Terletak di Jalan Jend. Sudirman, Negara, Jembrana. Dulu taman ini adalah tempat latihan pada masa Penjajahan Jepang, kemudian pada tahun 1990 taman ini diubah menjadi taman kota. Di taman ini terdapat Kolam Mancur yang ditengahnya berdiri Patung Dewa Ruci. Juga terdapat lapangan rumput untuk kegiatan upacara pada hari-hari tertentu.

    Taman Bukit Bougenville – Singkawang


    Taman Bukit Bougenville yang berada di Kota Singkawang, Kalimantan Barat ini memang pantas disebut sebagai salah satu taman kota terindah di Indonesia. Pasalnya, di taman ini, kamu akan dimanjakan oleh beraneka ragam bunga bougenville beraneka warna yang berpadu dan berkolaborasi dengan cantiknya, menyuguhkan pemandangan menakjubkan yang begitu sedap dipandang. Ada ratusan bunga di taman ini; tidak hanya spesies bougenville, ada juga anthurium, anggrek dan aglonema.

    Taman Kota Giri Menang, Lombok Barat


    Pesona Lombok memang seolah tiada habisnya. Salah satunya adalah Taman Kota Giri Menang yang menjadi kebanggan Lombok Barat. Terletak di lahan seluas 1,5 Hektar, taman ini berbentuk persegi panjang dan dapat kamu jelajahi sambil bersantai. Kamu bisa melihat beragam ukiran khas Lombok di pintu-pintu masuknya. Saat malam, akan nampak pemandangan yang cantik dari taman kota yang terkena sorot lampu-lampu jalan, dengan Tugu Giri Menang yang bercahaya. Taman kota yang berada di Kecamatan Gerung ini juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari tempat bermain anak, lapangan voli, lapangan basket, tempat wisata kuliner, dan air mancur telah tersedia disini.

    Taman Kota Batu, Kota Batu


    Taman Kota Batu mulai populer setelah dilakukan renovasi dan dibuka untuk umum pada bulan Mei 2011. Taman ini memiliki sarana rekreasi, edukasi dan olahraga bagi pengunjungnya. Di taman ini, kamu bisa menikmati fasilitas Kereta Mini, Bianglala, Motor Mini, dan masih banyak lagi. Hebatnya, ada air minum gratis juga lho disini. Selain bermain, kamu-pun bisa menikmati pemandangan nan-asri bertemakan apel hijau yang menjadi ciri khas Kota Malang, yang terletak dekat dengan Kota Batu, juga dekorasi bertema buah-buahan lain.

    Info terkait:

    • kata kata melawan asap
    • doodle perkotaan
    • cara membuat miniatur taman
    • menghias taman sekolah
    • cara membuat sepeda roda 4
    • taman kelas
    • sketsa taman kota
    • miniatur taman
    • lukisan taman
    • sketsa taman sekolah

    Leave a Reply