Buat para pencari KERJA, ini dia keuntungan menjadi pekerja KANTORAN!

  • admin
  • 13/08/2014
  • Kamu lagi mencari kerja? Atau lebih tepatnya, kamu lagi mencari pekerjaan pertama kamu? Pastinya kamu udah punya niat untuk bekerja di sebuah perusahaan yang selama ini jadi impian kamu. Namun, kamu masih ragu mau mengejar mimpi itu atau nggak. Pasalnya, ada banyak suara nyinyir yang mengkritisi niat kamu.

    Sering kerja lembur, dikejar target/deadline, dan gaji pas-pasan sering kali bikin kamu jadi ragu-ragu mau melamar kerja. Dari kebanyakan suara miring yang kamu dengar, menjadi karyawan itu sama dengan menjadi budak perusahaan menjadi kacung si bos.

    Emang benar kalau kamu akan sering kerja ekstra, dan pasti ada target yang harus kamu raih. Tapi jika gaji yang kamu jadikan alasan, bukankah banyak, sedikit, dan cukup itu relatif?

    Lagi pula kamu akan belajar bahwa sumber pemasukan kamu bukan datang dari gaji aja, kok. Agar kamu gak ragu-ragu lagi buat kerja di perusahaan yang kamu incar, Hipwee kasih kamu beberapa keuntungan dan serunya jadi Budak Si Bos:

    1. Bekerja Kantoran Bikin Kamu Punya Penghasilan Tetap

    Lupakan masalah besaran gaji yang bakal kamu diterima. Jawab dulu pertanyaan ini: sebagai pencaker (pencari kerja) yang baru lulus kuliah/sekolah dan minim pengalaman, apa kamu udah punya penghasilan tetap? Banyak perusahaan besar yang berbaik hati membuka lowongan khusus untuk para fresh graduates. Semestinya kamu manfaatkan peluang ini agar kamu segera punya penghasilan sendiri.

    Seperti yang pernah ditulis Hipwee sebelumnya, kamu gak sepatutnya pilih-pilih dalam mencari pekerjaan pertama kamu. Pekerjaan pertama bukan tentang gaji, melainkan tentang menumbuhkan etos kerja serta membangun fondasi yang kokoh dalam membangun karir di masa depan.

    2. Mengurangi Beban Orang Tua

    Dengan gaji yang mengalir setiap bulan dan penggunaan gaji sesuai porsi dan kebutuhan, secara otomatis kamu akan aman secara finansial. Setidaknya kamu gak lagi minta-minta uang ke orang tua. Lagian, menjadi pegawai nggak selalu identik dengan pemasukan yang pas-pasan. Dengan usaha dan kerja keras, kamu juga bisa memperoleh penghasilan yang oke tiap bulannya.

    Seperti yang diungkapkan oleh Michael R. Tampi, seorang mantan pegawai bank, standar gaji pegawai bank itu cukup tinggi. Pegawai bank entry level bisa menghasilkan gaji 5 kali lebih besar dibanding pegawai bidang lain. Itu belum termasuk bonus yang diterima tiap tahun.

    3. Kamu Bakal Dilindungi Asuransi Kesehatan

    Kebanyakan perusahaan melindungi karyawannya dengan menyediakan asuransi kesehatan. Kamu akan merasa aman dan nyaman dalam bekerja karena mengetahui kamu akan selalu di-cover oleh perusahaan seandainya kamu jatuh sakit. Biaya perawatan kesehatan itu mahal, lho. Apalagi kalau kamu memerlukan opname atau tindakan operasi.

    4. Ilmu Yang Sudah Kamu Pelajari di Jenjang Kuliah Bisa Tersalurkan Dengan Baik


    Jika kamu berhasil bekerja di perusahaan impian atau ditempatkan pada departemen yang sesuai dengan bidangmu, maka kamu gak perlu nyari penyaluran bakat lain. Hobi kamu mengutak-atik dan menulis kode akan tersalurkan dengan baik jika bekerja di kantor web/game developer. Selain melakukan hal yang kamu suka, kamu juga dibayar untuk melakukan hobi tersebut. Kamu juga berkesempatan mengembangkan keahlian karena kemungkinan besar kamu akan bertemu dengan orang-orang yang sama berbakatnya dengan kamu.

    5. Kamu Jadi Lebih Menghargai Waktu

    Ya, selain menjadi Budak Perusahaan, kamu juga akan menjadi Budak Waktu. Kamu akan benar-benar memahami konsep waktu setelah menjadi pegawai. Namun hikmah dari tekanan waktu itu adalah kamu jadi kian produktif, kreatif, serta efisien dalam memanfaatkan waktu. Tantangan bekerja di kantor ialah mengerjakan sebanyak mungkin dalam rentang 8-9 jam sehari.

    6. Kamu Bakal Jadi Team Player

    Selain pengalaman dan jam terbang yang meningkat, pengetahuan kamu soal dunia akan semakin luas setelah bekerja di kantor. Secara umum, wawasan kamu akan berkembang setelah mencicipi pengalaman kerja. Penyebab utamanya adalah kamu pastinya bakal bisa bertukar ilmu dengan rekan sekantor. Kalian akan berbagi, berdebat, beradu argumen, dan bekerja sama dalam menyelesaikan kerjaan.

    Dalam kehidupan kantor kamu dituntut untuk mendahulukan kepentingan perusahaan dan mampu berkolaborasi dalam tim. Memang benar bahwa kamu memiliki kemampuan dan keahlian yang berbeda dengan staf yang lain, namun sebagai anggota dari sebuah tim kamu harus memprioritaskan kepentingan bersama.

    7. Bekerja Kantoran Adalah Kesempatanmu Untuk Membangun Jaringan

    Pada dasarnya, bekerja kantoran memberi kesempatan kamu membangun jaringan seluas-luasnya. Orang-orang akan datang dengan sendirinya untuk melakukan bisnis dengan perusahaan tempatmu bekerja, gak seperti bekerja freelance atau wirausaha yang mengharuskan kamu berusaha ekstra hanya untuk membuat sebuah koneksi. Selagi kamu menjadi pekerja kantor, manfaatkan jaringan yang udah dimiliki kantor kamu menjadi jaringanmu sendiri. Ini akan sangat bermanfaat jika di masa depan kamu memutuskan untuk banting setir menjadi wiraswasta.

    8. Kehidupan Yang Lebih Tenang

    Kerja kantoran cocok bagi kamu yang ingin play it safe. Cari yang aman-aman aja, kerja Senin sampai Jumat, libur di akhir pekan dan memperoleh gaji tiap bulan. Dibandingkan pekerja lepas yang hanya dapat duit kalau ada kerjaan atau pengusaha yang nggak punya jadwal kerja yang jelas, setidaknya kamu punya stabilitas dan kemudahan dalam menyeimbangkan waktu kerja dan istirahat.

    9. Pengajuan Kredit Lebih Mudah Disetujui

    Bukannya Hipwee mau ngajarin kamu buat berhutang, tapi pekerja kantoran emang lebih besar peluang pengajuan kreditnya disetujui. Karena kamu punya stabilitas dan pemasukan yang jelas, pihak kreditor lebih yakin untuk meminjamkan uangnya kepada kamu. Dengan begitu, mimpi kamu untuk segera punya rumah dan/atau kendaraan segera tercapai. Tapi jangan lupa, kalau udah minjam uang dari bank segera putar lagi uang kamu agar gak terlilit hutang. Cicilan mobilnya juga dilunasi: sedikit demi sedikit gak apa-apa asal teratur.

    10. Lebih Pede Pas Ketemu (Calon) Mertua

    Kamu yang tadinya luntang-lantung nggak punya penghasilan tetap kini bisa lebih percaya diri saat bertemu orang baru. Ketika ditanya, Kerja di mana, mas/mbak? Pasti dengan sedikit menyeringai kamu mampu menjawabnya. Meyakinkan, begitulah kesan yang kamu harapkan timbul ketika menyebutkan nama perusahaan/kantor tempat kamu bekerja.

    Namun lebih dari itu, bagi seorang (calon) mertua, punya (calon) menantu yang kerja kantoran itu bisa melegakan.

    11. Tunjangan, Tunjangan, Tunjangan

    Salah satu alasan utama kenapa orang-orang mau jadi pegawai negeri adalah tunjangan: tunjangan anak, tunjangan istri, tunjangan komunikasi, tunjangan hari tua, dan lain-lain. Namun istilah tunjangan juga dikenal kok di kantor pegawai swasta. Ini bisa berupa benefit perawatan gigi, tunjangan kacamata, hingga fasilitas kendaraan kantor atau smartphone kantor tergantung kamu bekerja di perusahaan swasta yang mana.

    Oh iya, satu lagi tunjangan yang maha penting: Tunjangan Hari Raya.

    12. TGIF

    Setelah mengenyam pengalaman kerja kantoran, barulah kamu akan paham esensi dari kalimat Thank God Its Friday (TGIF). Kalau kamu belum bekerja, mungkin kamu hanya bisa bertanya kenapa teman-temanmu selalu memuja TGIF. Memangnya apa deh yang spesial banget dari hari Jumat? Apakah khutbah sholat Jumat yang ditunggu-tunggu? Nggak juga. Apakah Katy Perry akan datang ke kantor? Jangan harap!

    Hipwee sebenarnya bisa menceritakan padamu apa yang asik dari TGIF, tapi nanti gak seru kalau kamu tahu duluan. Makanya cari tahu sendiri. Kerja!

    13. Pada Akhirnya, Rezeki Bukan Datang Dalam Bentuk Gaji

    Seorang teman kantor pernah mengatakan ini: Rezeki itu bentuknya bukan gaji doang. Waktu itu, dia sedang mengunduh entah film atau musik meggunakan fasilitas internet kantor.

    Pernyataan di atas memang ada benarnya: WiFi kenceng, makan siang gratis, kopi, teh, dan macam-macam fasilitas lain yang disediakan kantor merupakan rezeki yang gak bisa kamu hitung dalam satuan rupiah.

    Setelah membaca segala kelebihan yang dijabarkan di atas, masih yakin kamu gak mau kerja kantoran?

    Info terkait:

    • Paguneman budak sakola
    • contoh paguneman budak sakola
    • contoh autobiografi budak sakola
    • biografi budak sakola basa sunda
    • carpon budak sakola
    • Contoh paguneman basa sunda budak sakola
    • paguneman basa sunda 5 orang budak sakola
    • sajak karangan budak sakola
    • conto biodata budak sakola SMA bahasa sunda
    • cerpen tetntang liburan yang tak bisa di lupakan

    Leave a Reply