Di china, sinar LAMPU sudah bisa dijadikan media akses INTERNET!!

  • admin
  • 24/10/2013
  • Umumnya dalam komunikasi wireless pastinya yang digunakan itu gelombang radio ya dengan frekuensi-frekuensi tertentu. Di china, peneliti menemukan cara baru dalam mengadakan komunikasi wireless yaitu menggunakan cahaya bohlam. Memang secara teori memungkinkan karena cahaya juga termasuk gelombang elektromagnetik. Penasaran? Cekidot aja deh berikut ini.. 😀

    Peneliti China menemukan terobosan baru dalam hal internet murah. Disebutkan, peneliti tersebut mampu mengalirkan internet tidak lagi dengan Wi-Fi, namun lewat bohlam lampu.

    Seperti yang dilansir ZDNet, kabar ini pertama kali dilaporkan oleh harian China, Xinhua News. Dituliskan, dengan teknologi yang kemudian dinamakan Li-Fi ini, ternyata sinyal wireless bisa dikirimkan lewat bohlam lampu.

    Sebuah lampu LED dengan daya 1 watt disebutkan mampu mengaliri hingga empat komputer dengan internet. Prinsipnya, cahaya LED tersebut menggantikan gelombang radio tradisional untuk mengirimkan data.

    LED yang dimaksud pun bukanlah LED biasa yang sehari-hari kita pakai. Namun, LED tersebut memang sudah dipasangi sebuah microchip yang mampu mengatur lalu lintas data hingga 150Mbps, lebih tinggi dari kemampuan lintas data internet di China, atau mungkin Indonesia.

    Namun begitu, masih ada kendala dalam pengembangan teknologi ini. Peneliti menemukan fakta bahwa jika cahaya lampu terhalang, maka sinyal internet juga akan terhalang.

    Oleh karenanya, teknologi Li-Fi yang telah dikembangkan sejak 2011 ini masih perlu diperbaiki lebih lanjut. Jika berhasil, maka internet murah pun sepertinya bukan hanya mimpi.

    Adapun sosok di balik penemuan ini adalah seorang perempuan. Namanya adalah Chi Nan dan dirinya merupakan seorang profesor di Fudan University.

    Kalau untuk omni directional bisa pake bohlam LED seperti diatas, kalau mau directional? pake senter LED donk ya? hahaha

    Leave a Reply