Fakta-fakta benua ANTARTIKA yang unik dan menarik!!

  • admin
  • 07/11/2014
  • Benua Antartika atau di masyarakat lebih populer dengan nama Kutub Selatan merupakan benua terluas kelima di dunia yang berada di ujung selatan bumi. Sebagai perbandingan, Antartika memiliki luas hampr dua kali luas benua Australia. Sekitar 98 persen wilayahnya ditutupi lapisan es tebal sepanjang tahun sehingga membuat wilayah ini menjadi tempat terdingin di dunia.

    Berbeda halnya dengan saudaranya yang berada di belahan utara bumi yakni Arktik atau kutub utara yang memiliki penduduk asli seperti suku Eskimo. Di kutub Selatan ini hanya ada para peneliti dari beberapa negara yang menghuni benua ini dalam kurun waktu tertentu dengan tujuan penelitian saja. Namun seberapa tahukah Anda dengan wilayah paling selatan bumi tersebut? Berikut fakta-fakta mengejutkan tentang Antartika.

    1. Antartika Adalah Gurun Terluas di Dunia

    Benua Antartika memiliki luas sekitar 14 juta meter persegi dan 13,7 juta meter persegi diantaranya tertutup oleh lapisan es abadi. Antartika memiliki kelembaban dan suhu rata-rata terendah diantara semua benua di bumi. Gurun Antartika ditutupi oleh es yang sangat dingin sehingga suhunya mencapai -85 dan -90 derajat Celsius di musim dingin dan 30 derajat lebih tinggi di musim panas.

    Karena keadaan alamnya yang sangat ekstrim tersebut, benua ini menjadi daratan yang sangat tandus, berangin kencang, dan bahkan hanya tundra satu-satunya vegetasi yang dapat bertahan di sana. Dari fakta-fakta itulah kemudian Antartika dianggap sebagai gurun.

    2. WOW! Antartika Memiliki Air Terjun Berdarah!

    Seorang geolog pada tahun 1911 menemukan sebuah Gletser di lembah Mc Murdo wilayah kutub selatan yang mengalir dengan air berwarna merah darah. Pada saat itu mereka mengira warna merah tersebut berasal dari ganggang merah namun perkiraan itu salah.

    Setelah dilakukan penelitian lebih lantuj, di dapatkan fakta bahwa warna merah darah itu berasal dari kumpulan mikroba kuno yang terisolasi di bawah lapisan es yang sangat tebal dalam kurun waktu 2 juta tahun. Mikroba ini hidup tanpa cahaya, panas dan oksigen yang membuatnya kaya akan zat besi yang menghasilkan warna merah.

    3. Tidak Ada Reptil di Antartika

    Fakta mengejutkan berikutnya dari Antartika adalah bahwa benua ini merupakan satu-satunya benua di muka bumi dimana tidak terdapat reptil yang ditemukan. Hal ini merujuk pada kondisi suhu di wilayah ini yang terlalu dingin sehingga hanya hewan-hewan yang mampu beradaptasi dengan suhu ekstrimlah yang mampu bertahan hidup di Antartika.

    Namun, spesies hewan yang ditemukan hidup di Antartika lainnya diantaranya adalah Penguin Raja, Penguin Kaisar, ikan paus biru, anjing laut, serta beberapa spesies serangga. Penguin sendiri adalah jenis burung yang tidak bisa terbang namun merupakan penyelam yang handal dan mampu bertahan di suhu yang sangat dingin.

    4. Antartika Seperti Daratan Mati Tanpa Penghuni

    Antartika merupakan satu-satunya daratan di bumi yang tidak dihuni oleh manusia. Orang yang tinggal di sana dalam waktu yang sangat lama merupakan bagian dari komunitas ilmiah maupun para peneliti yang melakukan riset.

    Hal tersebut juga masih dipengaruhi oleh keadaan musim, terdapat 5000 ilmuwan yang tinggal sementara di Antartika. Namun, selama musim dingin, berkurang menjadi 1000 ilmuwan yang menetap untuk tetap bekerja.

    5. Satu-satunya Benua Tanpa Zona Waktu

    Setiap wilayah di belahan bumi pasti memiliki zona waktu yang didasarkan pada pembagian waktu dunia berdasarkan letak daerah tersebut. Waktu universal yang menjadi pautan adalah waktu GMT yaitu sebuah waktu yang berada di Greenwich, Inggris sebagai patokannya.

    Namun tahukah Anda jika Antartika adalah satu-satunya benua tanpa zona waktu. Para ilmuwan yang tinggal di Antartika biasanya menggunakan zona waktu negara asalnya. Jadi jangan heran jika Anda berada di sana lalu bertanya pada ilmuan yang berbeda kemudian mendapatkan jawaban waktu yang berbeda-beda.

    Itulah beberapa fakta mengejutkan tentang benua Antartika. Jika ditelusuri lebih dalam masih banyak lagi fakta mencengangkan mengenai benua yang satu ini. Apakah Anda tertarik untuk menjelajahi benua ini?

    Info terkait:

    • Fakta raya kitty
    • contoh paragraf fakta dan opini tentang kesehatan
    • Fakta tentang raya kitty
    • contoh paragraf fakta dan opini bertema pendidikan
    • fakta mengerikan
    • contoh fakta dan opini dalam iklan beserta gambarnya
    • contoh paragraf fakta
    • Fakta mengerikan kartun
    • contoh paragraf fakta dan opini
    • fakta jilbob

    Leave a Reply