Fakta-fakta UNIK seputar iklan ROKOK di INDONESIA!!

  • admin
  • 24/11/2016
  • Banyak produsen rokok yang menggunakan iklan sebagai media promosi produknya, salah satunya media televisi. Media ini terbilang ampuh untuk digunakan sebagai kendaraan dalam memasarkan produk rokok. Iklan – iklan yang ditayangkan pun terbilang cukup kreatif. Tapi tahukah agan, ada beberapa fakta unik tentang iklan-iklan rokok yang sering kita tonton. Apa saja fakta-faktanya? Yuk langsung ke TKP.

    Iklan Rokok Selalu Tayang Pada Malam Hari

    Mungkin diantara agan-agan pasti bertanya-tanya kenapa iklan rokok selalu tayang pada malam hari. Alasan yang pasti yaitu karena malam hari waktunya untuk anak-anak kecil tidur. Hal ini bisa meminimalisir agar iklan rokok tidak ditonton oleh anak-anak dibawah umur. Selain itu, hal tersebut juga telah diatur dalam Etika Pariwara Indonesia (EPI) tentang Media Periklanan, dijelaskan bahwa “Iklan-iklan rokok dan produk khusus dewasa hanya boleh disiarkan mulai pukul 21.30 hingga pukul 05.00 waktu setempat.” oleh karena itu iklan-iklan rokok hanya bisa kita jumpai saat di antara jam-jam tersebut.

    Tidak Ada Adegan Orang Merokok

    Mengapa kok iklan rokok tidak pernah menunjukkan adegan orang sedang merokok? Alasannya karena adegan dan penggunaan produk rokok atau produk dewasa dilarang di semua media termasuk media televisi yang ada di Indonesia. Dikhawatirkan jika ada anak-anak kecil yang melihat adegan cara merokok justru akan ikut-ikutan merokok tanpa tau bahayanya. Hal ini sendiri juga telah diatur di dalam EPI tentang Tata Krama Iklan Rokok dan Produk Tembakau, yang menjelaskan “Penyiaran iklan rokok dan produk tembakau tidak boleh menampilkan produk rokok, atribut rokok, maupun perlengkapan merokok, atau memperagakan dalam bentuk gambar, tulisan atau gabungan keduanya, rokok atau orang yang sedang merokok, atau mengarah pada orang yang sedang merokok.”

    Tidak Boleh Mengandung Ajakan Untuk Merokok

    Iklan rokok tidak boleh mengandung ajakan untuk merokok juga sudah diatur di EPI, yaitu “Penyiaran iklan rokok atau produk tembakau tidak boleh mempengaruhi atau merangsang khalayak untuk merokok”. Hal ini juga pada dasarnya pemerintah Indonesia tidak menginginkan warga negaranya untuk merokok meskipun rokok sendiri penyumbang pajak terbanyak di negara ini.

    Selalu Ada Slogan Bahaya Merokok

    Siapa sih yang tidak pernah melihat atau mendengar slogan bahaya merokok tersebut. Biasanya slogan tersebut muncul saat iklan akan habis durasinya. Penempatan slogan bahaya merokok pada tayangan iklan tetap diatur di dalam EPI. dijelaskan bahwa “Iklan rokok harus mencantumkan peringatan kesehatan dalam bentuk gambar dan tulisan sebesar paling sedikit 10% (sepuluh persen) dari total durasi iklan dan/atau 15% (lima belas persen) dari total luas iklan.”

    Iklan Rokok Bertema Lifestyle

    Kebanyakan iklan rokok selalu menayangkan iklan bertema lifestyle dan biasanya memperlihatkan adegan tantangan naik gunung, atau sukses dalam menempuh tantangan dan rintangan yang berbahaya. Tema-tema tersebut sebenarnya mempunyai pesan tersirat kepada segmentasi konsumen dari produk rokok itu sendiri, dikarenakan isi tayangannya sendiri juga sangat dibatasi, sehingga iklan rokok hanya menampilkan adegan-adegan yang bertema lifestyle.

    Info terkait:

    • contoh teks editorial berjudul rokok
    • gambar karikatur tentang narkoba dan rokok
    • poster dilarang merokok yg mudah digambar
    • cara bikin rokok memabokan
    • caption rokok dalam bahasa inggris
    • yel yel tentang rokok yang lucu
    • caption asap rokok keren
    • cantoh caption tentang gambar meroko
    • buatlah teks editorial dengan tema bahaya merokok
    • Background tema jepang