Foto DRAMATIS detik-detik TORNADO terbentuk!!

  • admin
  • 30/05/2014
  • Fenomena alam memang sungguh luar biasa. Ketika kamu menyaksikan dengan matamu sendiri, mungkin kamu akan menyadari bahwa Tuhan sangat Maha Kuasa. Betapa besar kekuatan-Nya bisa membuat sesuatu yang sangat menakjubkan.

    Ada sebuah ungkapan yang bilang jika kamu mempertanyakan di mana dan seperti apa Tuhanmu, maka cobalah perhatikan alam. Cobalah ke gunung, berjalanlah ke pantai dan amatilah seluruh fenomena alam luar biasa. Hal-hal itu akan menyadarkan bahwa manusia sejatinya hanyalah makhluk kecil yang tak berdaya.

    Mungkin kesadaran seperti itulah yang dilakukan oleh sekelompok fotografer bernama Basehunters berikut ini. Tahukah kamu apa yang mereka lakukan demi menangkap kekuatan Tuhan? Rupanya mereka memutuskan untuk mengabadikan proses terjadinya tornado.

    Tim Basehunters memilih berada di bagian barat negara bagian Amerika Serikat, tepatnya di Wyoming. Menanti dengan sabar, mereka berhasil menangkap momen spektakuler saat sekumpulan awan dan angin berkumpul membentuk formasi angin Supercell, seperti dilansir Daily Mail.

    1. Kenapa Sering Tornado?

    Jika dibandingkan dengan belahan Bumi lainnya, sepertinya kawasan Amerika Serikat adalah daerah yang seringkali mengalami angin tornado. Tahukah kamu kalau angin itu disebabkan oleh yang namanya Supercell? Supercell itu sendiri adalah sekumpulan angin dengan kekuatan sangat kuat yang berputar dan bergerak ke atas.

    Kembali lagi ke pertanyaan mengapa Amerika sering mengalami tornado? Apakah karena penduduk di sana banyak dosa? Tentu tidak, karena ada dua alasan ilmiah untuk itu. Pertama adalah karena temperatur air di kawasan Amerika bagian timur dan barat sangat berbeda. Lalu alasan kedua adalah Amerika terletak di garis lintang daerah tropis dan sub tropis.

    Berada di lokasi seperti itu membuat udara hangat di Amerika kerap bertemu dengan titik air yang menimbulkan Supercell. Salah satu lokasinya yang sering adalah kawasan Wyoming ini.

    2. Langit Mulai Gelap

    Mengetahui Amerika Serikat kerap mengalami fenomena Supercell, sepertinya membuat tim fotografer Basehunters tertarik. Alih-alih memilih obyek yang diam, mereka memilih memburu obyek yang luar baisa kali ini yakni Supercell! Untuk itulah mereka melakukan perjalanan dari Missouri ke Iowa dan ke Mississippi.

    Penantian mereka terjawab pada akhir pekan silam yakni Minggu (18/5). Saat itu mereka sedang berada di kawasan antara Wright dan Newcastle, alias tepatnya di Wyoming. Di sebuah hamparan ladang yang luas, langit mulai gelap. Angin dengan temperatur hangat mulai bertemu dengan tetesan air dan sang Supercell siap terbentuk.

    3. Pusaran Terbentuk

    Yang namanya sudah hobi memang sulit untuk diajak mementingkan keselamatan mereka. Ketika awan badai mulai terbentuk di Wyoming, alih-alih pergi dengan mobil, para fotografer Basehunters justru diam dan menanti. Dengan kamera di tangan, mereka siap mengabadikan kekuatan Tuhan ini.
    Langit di Wyoming yang mulai gelap pun terlihat berubah. Di kejauhan, di atas hamparan ladang, sebuah kumpulan angin dalam jumlah besar berputar ke arah atas. Angin ini sejatinya adalah kumpulan udara hangat yang bertemu dengan tetes air. Bisa kamu bayangkan jika kamu ada di TKP saat Supercell ini terbentuk?

    4. Besar dan Gelap

    Mungkin beberapa di antara kamu ada yang bilang, “Lebih baik lari menghindar daripada terkena sapuan Supercell,” Itu benar, tapi tidak dengan tim fotografer Basehunters ini. Saat awan badai semakin bergemuruh dan berputar ke atas, mereka tetap diam bergeming.

    Dalam foto ini tampak jelas sekali jika Supercell yang terbentuk di langit Wyoming ini super besar. Sekumpulan udara dalam jumlah besar yang bergerak ke atas ini bahkan bisa dibilang memiliki lebar mencapai lebih dari lebar sepuluh jalan raya. Bisa kamu bayangkan jika Supercell ini melintasi rumahmu? Tentu pusaran angin di bawahnya akan sangat mengerikan.

    5. Mereka Sungguh Dekat Sekali

    Nah, jika sedari tadi kamu berpikir bahwa foto-foto ini diambil dengan efek zoom dari jarak jauh, maka jawabanmu salah. Tahukah kamu kalah tim fotografer Basehunters ini berada hanya beberapa meter di ujung kaki Supercell? Jika tak percaya, lihat saja foto ini.

    Melalui foto ini tampak jelas bahwa tim Basehunters memang sangat dekat dengan obyek yang mereka buru. Sebuah awan badai super kuat nan mengerikan ada di atas kepala mereka. Ada yang bilang ketika Supercell terjadi, maka bagian bawah yang dilintasi ini akan merasakan angin super kencang. Hebat ya, mereka tetap menahan tubuh dengan angin seperti ini.

    6. Seperti Mobil Balap

    Bentuknya yang gelap, pusarannya yang lebar apakah membuatmu bertanya-tanya seberapa kuatkah kecepatan angin si awan badai ini? Baiklah ini jawabannya. Rupanya pusaran awan badai alias Supercell sanggup mencapai kecepatan mencapai 160 km/jam.

    Dengan kecepatan yang setara atau bahkan lebih dari mobil balap itu, tentu saja Supercell akan sanggup merusak apapun yang ada di bawahnya. Sepertinya karena pemikiran mengerikan itu, para tim fotografer Basehunters memilih sedikit menjauh dari TKP.

    7. Menarik Angin di Sekitarnya

    Ketika Supercell terbentuk, pusaran angin ini selalu menarik udara-udara yang ada di sekitarnya. Sehingga diawali dengan angin hangat yang berbentur dengan tetesan air, perlahan pusaran itu membesar dan semakin besar. Karena mengandung angin, warna Supercell akan tampak mengerikan dan gelap.

    Lihat saja bagaimana angin badai di Wyoming ini berputar dan seakan terus menarik angin-angin yang ada di sekitarnya. Bentuknya yang semakin besar tak heran membuat Supercell kerap menimbulkan bencana.

    8. Perlahan Hilang

    Sebagai fenomena yang dianggap mengerikan, Supercell justru menjadi sebuah serangkaian gambar-gambar super cantik saat diabadikan oleh tim Basehunters. Namun awan badai ini bukanlah sesuatu yang abadi. Usai berkumpul menjadi sebuah angin super besar yang bergerak ke atas, Supercell perlahan menghilang.

    Yap, pasca bergemuruh dan membuat langit di daerah Wyoming menjadi mengerikan, perlahan bagian angin yang membentuk awan badai ini terlepas. Saat terlepas, tampak seperti awan-awan hitam ini menghilang ke langit dan bentuk pusarannya semakin menipis.

    9. Langit Kembali Terang

    Awan badai Supercell seakan mengajarkan ke manusia bahwa memang sekuat apapun sebuah obyek, maka akan ada masanya dia menghilang tidak berbekas dan orang-orang hanya mengenang kekuatannya. Hal itu pula yang terjadi pada Supercell ini.

    Usai membentuk sekumpulan angin raksasa dengan kecepatan mencapai 160 km/jam, awan badai ini menghilang. Berbeda dengan angin tornado yang berjalan, Supercell memang hanyalah sebuah angin dalam kekuatan besar yang berkumpul di suatu tempat namun memiliki kemungkinan menjadi lebar. Ketika angin itu sudah berkumpul dan temperatur angin sudah normal, awan badai ini kembali tenang.

    Kamu bisa melihat lagi langit Wyoming yang indah dan tenang. Terimakasih tim Basehunters atas pengalaman di foto-fotonya ya!

    Info terkait:

    • Artis masuk angin
    • cara membuat senapan angin dari bahan bekas
    • pertanyaan tentang tornado
    • sketsa kipas angin
    • Kumpulan gambar gelap terang
    • dialog tentang tornado
    • senapan terindah
    • drama simulasi angin puting beliung
    • asalmula terbentuknya iseng iseng thailook
    • geguritan angin

    Leave a Reply