Gedung MEDAN PLAZA terbakar selama 5 JAM, berpotensi ROBOH!!

  • admin
  • 22/08/2015
  • Gedung Medan Plaza di Jalan Iskandar Muda, Kecamatan Medan Petisah, Sumatera Utara, terbakar pada Sabtu (22/8/2015) dini hari. Si jago merah dengan cepat berkobar dan menghanguskan seluruh barang-barang yang ada di dalam gedung.

    Petugas pemadam kebakaran pun kesulitan memadamkan api karena banyaknya asap di sekitar lokasi kebakaran. Apalagi api terlihat sudah menjalar ke seluruh bagian gedung berlantai enam tersebut sejak pukul 01.00 WIB.

    30 Mobil Pemadam Kebakaran Belum Juga Menyurutkan Api

    Setidaknya ada 30 unit mobil pemadam miliki Pemerintah Kota Medan dan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang yang dikerahkan ke lokasi kebakaran.

    Kepala Dinas Pencegah dan Pemadam Kebakaran Kota Medan, Marihot Tampubolon, mengatakan, hingga saat ini belum bisa memastikan sumber api. Terlebih, petugasnya juga masih kesulitan untuk memadamkan kobaran si jago merah.
    “Belum tahu kita (sumber api). Anggota saja belum bisa menguasai api,” ujarnya.

    Gedung Plaza Medan dilalap api sejak pukul 01.00 WIB. Akibatnya, puluhan toko yang berada di gedung tersebut ludes dilalap api.

    “Enggak tahu kita dari mana (sumber api). Tadi waktu kita tahu kebakaran, asap sudah tebal. Sewaktu kita mau ambil perlengkapan pemadam, api sudah menjalar kemana-mana,” petugas keamanan gedung, Doni.

    Sudah 5 Jam, Api Belum Juga Padam

    Petugas pemadam kebakaran masih kesulitan memadamkan api di Gedung Medan Plaza.
    Hngga pukul 06.00 WIB, upaya pemadaman hanya dilakukan dengan menyemprotkan air dari sisi kanan dan kiri bangunan yang terbakar.

    Petugas belum berani masuk ke dalam gedung lantaran api masih cukup besar. Asap tebal juga masih terus menerus keluar dari dalam gedung.

    “Belum bisa masuk kita. Api masih besar. Jarak pandang juga minim,” ujar petugas pemadam, Safri.
    Pemadaman api juga semakin dipersulit oleh banyaknya masyarakat yang hendak melihat upaya pemadaman.

    Asap Masuk ke Rumah Warga, Warga yang Tinggal di Sekitar MenPlaz Mengungsi

    Sejumlah warga yang bermukim di sekitar area Gedung Medan Plaza terpaksa mengungsi sejak pusat perbelanjaan tertua di Medan itu terbakar, Sabtu (22/8/2015) dini hari.

    Para warga yang umumnya tinggal di rumah toko itu mengungsi karena tak kuasa menahan pekatnya asap yang keluar dari dalam bangunan gedung.

    “Semua ruangan di rumah penuh asap. Sesak kita, makanya semua diungsikan. Anak saya tiga orang saya antarkan ke rumah sepupu yang tak jauh dari sini,” ujar A Cuan (41) pemilik ruko tepat disamping bangunan Medan Plaza.

    Hal serupa juga dilakukan Bastian (33) warga lainnya. Ia mengaku mengungsikan seluruh anggota keluarganya karena takut kebakaran menimbulkan ledakan yang membuat api menjalan ke rumahnya.

    “Cuma saya yang tinggal. Jaga-jaga kalau ada apa-apa. Apalagi tadi sempat ada ledakan terdengar dari dalam gedung,” tukasnya.

    Petugas Pemadam Kebakaran Kesulitan Memadamkan Api di MenPlaz

    Hingga pukul 06.00 WIB, upaya memadamkan api yang membakar bangunan Gedung Medan Plaza masih terus berlangsung. Namun, upaya pemadaman mulai melambat, akibat petugas pemadam kebakaran yang mulai tampak kelelahan karena telah berjuang memadamkan api sejak pukul 01.00 WIB.

    Jika sebelumnya petugas terlihat mengepung setiap sudut bangunan dengan mobil pemadam dan tim penyemprot air, kini jumlah mobil dan tim penyemprot mulai berkurang.

    “Iya kita hemat tenaga. Upaya pemadamannya mulai bergiliran. Kita juga berlomba dengan waktu, agar lokasi kebakaran tak semakin padat. Karena semakin siang, warga yang melihat pasti semakin ramai, dan kita makin sulit bekerja,” ujar salah satu pimpinan tim pemadam, Andi, Sabtu (22/8/2015) pagi.

    Sementara itu, Kepala Dinas Pencegah dan Pemadam Kebakaran Kota Medan, Marihot Tampubolon mengatakan, jumlah personel yang diturunkan untuk memadamkan api sudah maksimal.

    “Kita bahkan sudah panggil petugas yang harusnya bertugas mulai besok pagi. Jadi ada tenaga baru. Mudah-mudahanlah bisa segera padam,” tukasnya.

    Gedung MenPlaz Berpotensi Roboh

    Api yang masih terus menyala dan membakar bangunan Gedung Medan Plaza sejak pukul 01.00 WIB dini hari tadi, membuat warga yang bermukim di rumah toko (ruko) sekitar bangunan gedung, cemas.

    Warga khawatir bangunan pusat perbelanjaan tertua di Medan itu roboh setelah terbakar lebih dari lima jam.
    “Khawartirlah kita, apalagi lihatlah itu, reruntuhan terus berjatuhan dari atas gedung,” ujar A Cuan (41), pemilik ruko yang berada tepat disamping gedung yang terbakar.

    Kemungkinan robohnya bangunan gedung yang terletak di Jalan Iskandar Muda, Medan, Sumatera Utara itu juga disadari para petugas pemadam. Mereka mulai menjauh dari bangunan dan hanya menyemprotkan api dari lokasi berjarak lima meter dari bangunan gedung.

    “Potensi ada, malah cukup besar kalau melihat kualitas apinya. Apalagi ini bangunan tua. Tapi mudah-mudahan tidak,” petugas pemadam, Safri.

    Antisipasi Penjarahan, MenPlaz dijaga Ketat

    Petugas kepolisian dari Mapolsek Medan Baru dan Polresta Medan terlihat melakukan penjagaan ketat di sekitar lokasi Gedung Medan Plaza, Jalan Iskandar, Medan, Sumatera Utara, yang terbakar. Mereka disiagakan untuk mengantisipasi aksi penjarahan yang berpotensi dilakukan masyarakat.

    Personel polisi menjadi pembatas antara warga yang hendak melihat upaya pemadaman, dengan petugas pemadam yang sedang bekerja. Sehingga masyarakat sama sekali tak bisa mendekat ke gedung yang diketahui tertua di Medan itu.
    “Pemilik toko saja belum diijinkan masuk sampai api berhasil dikuasai,” ujar salah seorang polisi berpangkat Brigadir yang sedang bertugas, pagi tadi.

    Petugas pemadam kebakaran pun masih silih berganti mensuplai air untuk upaya pemadaman.

    Petugas pemadam sendiri sepertinya tengah mencoba strategi baru pemadaman. Hal itu terlihat dari kedatangan mobil pemadam bertangga di lokasi kebakaran.

    Info terkait:

    • ###############################
    • contoh teks reporter berita kebakaran
    • contoh berita bahasa sunda kebakaran
    • contoh teks pembawa berita tentang kebakaran
    • puisi kebakaran hutan
    • cara membuat becak barang
    • contoh spoken text singkat
    • center poin terbakar
    • contoh laporan peristiwa kebakaran
    • pidato tentang kebakaran hutan