Hal-hal KECIL yang mengantar para pebisnis ini menuju kesuksesan BESAR!!

  • admin
  • 13/09/2014
  • Setiap orang pasti menginginkan hidup yang berkecukupan dan masa depan yang cerah. Untuk menggapai kesuksesan, diperlukan kerja keras dan niat yang besar demi mencapai apa yang kamu inginkan. Para pengusaha sukses pun mencapai titik kesuksesan mereka dengan cara yang tidak mudah. Mereka menerapkan beberapa prinsip dalam menggapai impian mereka.

    Ane menghimpun tips dari para pebisnis sukses dalam, siapa tahu kamu bisa ketularan kaya dan sukses seperti mereka.

    1. Cuma punya 2 pasang sepatu dalam kurun waktu 10 tahun Michael Bloomberg


    Michael Bloomberg adakah mantan walikota New York dan seorang pebisnis handal yang mendirikan perusahaan Bloomberg L.P, yang bergerak di bidang finansial dan teknologi. Saat ini, total kekayaan yang ia punya adalah 34,3 miliar rupiah. Dibalik kekayaannya yang melimpah, Michael Bloomberg menyimpan satu rahasia: ia cuma punya 2 pasang sepatu dalam waktu 10 tahun. Baginya, punya banyak sepatu itu mubazir karena belum tentu ia akan menggunakan semuanya. Ia sudah nyaman dengan sepatu yang dia punya dan sudah menemaninya kemana-mana.

    Buat kamu yang masih suka beli sepatu yang akhirnya jarang terpakai, mungkin kamu bisa berpikir 2 kali sebelum membeli sepatu lagi. Apakah alas kaki yang kamu pakai benar-benar kamu perlukan, atau kamu hanya mengikuti nafsu belaka?

    2. Belajar dari kesalahan masa lalu Bill Gates


    Membuat kesalahan dalam mengelola uang adalah hal yang lumrah. Semua orang pasti pernah mengalaminya. Begitu juga dengan Bill Gates, pendiri Microsoft. Baginya, merayakan kesuksesan itu tidak ada salahnya, tapi jangan sampai berlebihan yang berakibat buruk untuk masa depan. Lebih penting adalah memusatkan perhatianmu pada kesalahan yang kamu lakukan di masa lalu sehingga nantinya kamu tidak akan melakukan hal yang sama lagi.

    3. Terbang di kelas ekonomi Ingvar Kamprad


    Pendiri perushaan IKEA ini memiliki kekayan 53 Miliar rupiah. Prinsip hidupnya adalah menghindari menghabiskan uang untuk hal-hal yang berlebihan atau tidak penting. Salah satu cara ia berhemat adalah dengan terbang menggunakan pesawat komersil di kelas ekonomi. Baginya, terbang menggunakan jet pribadi itu adalah hal yang tidak penting dan menghabiskan banyak uang.

    4. Membeli rumah yang sederhana saja Warren Buffet


    Rumah simpel Warren Buffet

    Memiliki kekayaan 66 Miliar tidak membuat Warren Buffet boros. Baginya, rumah yang sederhana dan memenuhi segala kebutuhannya adalah cara menghemat uang yang bisa ia terapkan. Hingga kini, ia tinggal di rumah sederhana yang ia beli sejak tahun 1958. Baginya, punya rumah besar dan megah tidak menjamin kebahagiaannya. Yang terpenting adalah tempat tinggalmu dapat memenuhi semua kebutuhanmu.

    5. Temukan apa yang benar-benar kamu suka, dan jalani passion-mu Oprah Winfrey


    Oprah menjalani karirnya kini dari nol. Dia tidak peduli dengan bayaran yang diterimanya. Yang terpenting baginya adalah menjalani pekerjaan yang ia sukai dan karena ia fokus dalam menjalani renjananya, ia meraup keuntungan berjuta-juta dolar dan mengangkat namanya sebagai salah satu wanita yang berpengaruh di dunia hiburan.

    6. Buat daftar keinginan yang mustahil Richard Banson


    Pengusaha sukses asal Inggris ini memulai usahanya dengan membuat daftar apa saja yang ia inginkan. Bahkan, ia menulis keinginan yang mustahil. Kenyataannya, sekarang ia mendapatkan apa yang ia inginkan. Disleksia yang dimilikinya tidak menurunkan semangatnya. Dengan bekerja keras dan mengerahkan segala kemampuan yang ia miliki, Richard Banson kini memimpin perusahaan penerbangan komersil yang terkenal di beberapa negara besar di dunia.

    7. Mulai simpan uangmu sejak muda Carlos Slim Hel


    Menabung dari sejak kecil adalah pesan dari pebisnis asal Meksiko ini. Bagi Carlos Slim Hel, dengan menyimpan uang dari sejak masih muda, maka kamu akan mempunyai simpanan untuk masa depan.Semakin cepat kamu untuk belajar menyimpan uang dan mengelola uangmu dengan cermat, maka kelak kamu bisa mendapatkan hidup yang lebih baik.

    8. Gunakan tranportasi publik John Caldwell


    Punya bisnis di bidang telekomunikasi tidak membuat John Caldwell terlena. Kehidupannya yang makmur justru membuat dia semakin hidup sederhana. Mobil bagus dan mahal sih dia punya, tapi faktanya dia lebih memilih berjalan kaki, naik transportasi umum, atau bersepeda. Jalan kaki atau bersepeda menjadi favoritnya. Selain murah dan simpel, itu bisa membuat tubuhnya semakin bugar dan sehat.

    9. Potong rambutmu sendiri, tidak usah ke salon David Cheriton


    Punya banyak uang tidak membuat David Cheriton terlena dengan pelayanan yang serba wah. Dia lebih memilih melakukan apa pun yang bisa ia lakukan tanpa bantuan orang lain. Salah satunya dengan memotong rambutnya sendiri daripada harus pergi ke salon.

    Bayangkan jika kamu harus menghabiskan uangmu untuk hal yang sebenarnya bisa kamu lakukan sendiri. Lebih baik uang itu digunakan untuk hal yang lebih berguna demi masa depanmu.

    10. Mengendarai mobil kelas menengah Mark Zuckerberg


    Siapa yang tidak kenal pendiri Facebook Mark Zuckerberg? Dengan uangnya, dia bisa membeli apa saja yang dia mau. Tapi kenyataannya, dia memilih membeli mobil sederhana. Yang penting bisa memuat segala kebutuhannya.

    11. Jangan pakai kartu kredit T. Boone Pickens


    Tips sederhana dari pengusaha minyak ini adalah bawa uang tunai secukupnya dan buatlah daftar belanjaan saat pergi berbelanja. Dengan membuat daftar belanjaan yang sesuai dengan kebutuhan, kamu tidak akan tergiur dengan hal-hal yang seharusnya tidak perlu kamu beli. Bawa uang tunai di dompet secukupnya, supaya kamu nggak boros.

    Ketika isi dompet menipis, kamu akan berpikir dua kali intuk membeli barang-barang lain yang tidak perlu. Ya nggak?

    12. Membatasi anggaran pengeluaran pribadi hingga hanya $25,000/tahun John Donald MacArthur


    John Donald MacArthur adalah pengusaha sukses di era 1960-an. Semasa hidupnya dia dikelilingi keglamoran Hollywood, tapi dia tidak terpengaruh dengan segala keriuhan dunia glamor Amerika. Dibalik itu, dia hidup hemat dan selalu membuat perencanaan atau budget tersendiri untuk kebutuhannya. Dia tidak pernah memiliki barang-barang mewah, tidak pernah memiliki agen sendiri dan selalu membuat budget tahunan sebesar $25.000 (yang merupakan standar gaji kelas menengah Amerika).

    13. Jangan pernah mengeksploitasi orang lain Robert Kuok


    Robert Kuok belajar tentang kehidupan dari mendiang ibunya. Ibunya selalu mengajarkan padanya supaya jangan tamak, jangan pernah mengambil keuntungan dari orang lain dan selalu punya moral tinggi ketika harus berhadapan dengan uang. Tidak hanya itu, bagi Kuok hidup sukses itu juga berarti harus berani dalam melakukan sesuatu dan selalu ambil kesempatan selagi kesempatan itu ada di depanmu. Walaupun orang lain menyepelekan kemampuanmu, tetap lakukanlah hal yang kamu inginkan itu.

    14. Manusia itu lebih penting daripada uang Howard Schultz


    Pendiri Starbucks ini selalu berprinsip bahwa uang bukanlah segalanya. Yang terpenting adalah nilai yang dimiliki dalam manusia itu sendiri. Dia tidak pernah membayangkan akan punya harta yang melimpah. Baginya, yang terutama adalah berbuat baik untuk orang lain selagi masih hidup di dunia. Dengan begitu, orang lain akan melihat kualitas hidup kita seperti apa.

    15. Dengan berani membuka usaha saja, kamu sudah lebih maju dari yang lain Bob Sadino


    Penampilan nyentrik pengusaha asal Indonesia ini membuat namanya semakin dikenal seantero Indonesia. Namun, dibalik penampilannya itu Bob Sadino menjalani usahanya dengan prinsip, Jangan takut gagal!. Dengan berani membuka peluang usaha, itu berarti kamu sudah selangkah lebih maju dari yang lain. Jangan lupa untuk selalu rendah hati walau kamu sudah sukses nanti. Itu yang menjadi kunci kesuksesan Bob Sadino.

    16. Lebih baik fokus pada satu bidang usaha dulu, daripada punya banyak perusahaan kecil sekaligus Dahlan Iskan


    Sebelum menjadi Menteri BUMN, Dahlan Iskan adalah pengusaha di bidang surat kabar dan pemilik Jawa Pos. Dalam proses membangun usahanya, Dahlan Iskan selalu fokus bada satu bidang, yaitu jurnalisme. Dengan fokus di satu bidang, maka akan banyak peluang yang datang ke dalam bisnis itu. Perlahan kamu akan dapat mengembangkannya ke usaha yang lain. Jadi, buat kamu yang berniat membuka usaha, fokus saja di satu bidang dan tekuni.

    17. Jangan main-main dengan hobimu Andrew Darwis


    Pendiri komunitas online terbesar di Indonesia, Andrew Darwis, mengawali usahanya dari hobinya di dunia komunitas online. Berbekal ilmu komputer yang ia miliki, dia berani membuat komunitas online di Indonesia dan kini meraup keuntungan besar dari usahanya. Kuncinya ada di hobinya. Kini, hobinya menjadi hidupnya.
    Kamu pun bisa mengikuti jejak Andrew Darwis. Kalau kamu punya hobi tertentu, tekuni hobimu itu. Siapa tahu kamu bisa berbuah kesuksesan.

    18. Kembangkan imajinasi kreatifmu Wahyu Aditya


    Imajinasi kreatifmu bisa menjadi uang, lho. Lihat saja Wahyu Aditya yang hobi menuangkan segala ide dan imajinasinya ke dalam bentuk gambar. Kini, ia menjadi salah satu pengusaha muda yang sukses di bidang industri kreatif Indonesia. Kalau kamu punya banyak ide, kamu bisa tuangkan ke dalam bentuk tulisan atau apapun. Siapa tahu ada yang tertarik dengan idemu dan bisa membantumu meraih cita-citamu?

    Perjalanan menuju kesuksesan itu tidak mudah. Kita harus belajar untuk mengontrol gaya hidup kita agar tidak boros. Dan ingat, selalu kembangkan kemampuan yang kita punya supaya hasilnya juga maksimal. Semoga tips dari mereka bisa ketularan ke kamu ya! Tetap Semangat ya gaes!

    Info terkait:

    • penemuan sederhana dari barang bekas
    • kubisme sederhana
    • cara membuat tata surya dari gabus
    • cara membuat kentongan
    • contoh monolog sederhana
    • cara membuat robot capung sederhana
    • cara membuat gapura pramuka sederhana
    • lighting panggung sederhana
    • cara membuat sayap JFC
    • monolog perjuangan

    Leave a Reply