Hal-hal TAK TERDUGA yang akan terjadi selama gerhana matahari TOTAL!!

  • admin
  • 05/03/2016
  • Tidak lama lagi Indonesia akan menjadi satu-satunya Negara yang akan mengalami fenomena Gerhana Matahari total. Bagi para pecinta astronomi, fenomena langka ini tentu menjadi hal yang sangat ditunggu-tunggu. Sebelumnya, Indonesia juga sempat mengalami Gerhana Matahari total pada 28 tahun lalu. Dan kini, tepatnya pada tanggal 9 maret 2016, perisitiwa tersebut akan berulang kembali.

    Peristiwa Gerhana Matahari ini seringkali dikaitkan dengan bermacm-macam mitos. Seperti pada zaman Yunani kuno, gerhana matahari dianggap sebagai pertanda bahwa dewa-dewa sedang marah. Terlepas dari benar tidaknya mitos-mitos tersebut, pada kenyataannya kita akan melewati keadaan yang gelap dan dingin dalam waktu beberapa menit.

    Dan tahukah kamu, ternyata beberapa Negara juga mempunyai kebiasaan-kebiasaan tertentu pada saat Gerhana Matahari. Beberapa teori aneh juga dipercaya akan terjadi ketika Matahari menjadi gelap.

    Berikut beberapa hal-hal tak terduga yang akan terjadi pada saat gerhana matahari…

    1. Kita bisa kehabisan daya listrik

    Wilayah di Uni Eropa menghasilkan listrik sekitar 95 GW dari tenaga surya. Pada saat terjadi gerhana matahari, daya listrik akan menurun menjadi 35 GW.
    Selain itu, fenomena gerhana matahari juga diperkirakan dapat menurunkan tenaga angin. Kecepatan angin akan turun mendekati 1 m/s.

    2. Hewan bertingkah aneh

    Umumnya, karakter dan pola kebiasaan hewan akan bergantung pada siklus siang dan malam. Keadaan matahari yang tiba-tiba gelap akan mengelabui para hewan, sehingga perilaku mereka akan berubah ke mode malam.
    Hewan nokturnal seperti jangkrik mulai berkicau, nyamuk keluar mencari makan, dan predator seperti burung hantu akan bangun dan keluar dari sarangnya. Sebaliknya, burung-burung lain, seperti angsa secara naluriah kembali ke kandang saat gerhana dimulai, sebab mereka menganggap waktu telah malam.
    Ada juga beberapa hewan yang menjadi panik pada saat gerhana matahari. Seperti lebah yang mulai terlihat aneh dan meningkatkan aktivitasnya karena mereka takut tanaman menjadi mati. Tupai juga takut mencari makana atauupun berjalan lebih jauh dari biasanya. Dan Kuda nil akan bersembunyi di bawah air sampai gerhana matahari berhenti.

    3. Dihukum mati apabila tidak melihat gerhana

    Secara histori, fenomena gerhana seringkali dianggap sebagai pertanda buruk oleh beberapa budaya. Namun di kepercayaan di Cina Kuno jauh lebih menakutkan.
    Sekitar 4000 tahun lalu, dua astronom bernama Hsi dan Ho ditugaskan dengan memprediksi gerhana matahari dalam upaya mengantisipasi kesialan yang mungkin akan terjadi. Namun pada saat itu keduanya sedang berada dalam kondisi mabuk, sehingga mereka gagal memprediksi gerhana. Untuk kegagalan ini, mereka pun dieksekusi mati.

    4. Gaya gravitasi berhenti sesaat

    Fenomena gerhana matahari mempunyai banyak efek terhadap kondisi Bumi. Salah satunya terhadap gravitas bumi, selama gerhana terjadi gravitasi sama sekali tidak berfungsi. Efek ini dinamakan efek Allais. Namanya diambil dari penemu teori ini, Marcus Allais. Ia adalah ekonom pemenang Nobel di tahun 1950.
    Sejak teori ini ditemukan, para ilmuwan berlomba-lomba untuk mengetauhi penyebabnya, namun kebanyakan dari mereka menemui kegagalan. Namun demikian, sebagian ilmuwan percaya bahwa gelombang gravitas bumi terhalang oleh bulan. Efek Allais sendiri ditemukan Marcus ketika sedang mengamati perilaku aneh pendulum selama fenomena gerhana. Pendulum biasanya digunakan untuk mendeteksi gaya gravitasi Bumi. Selama gerhana, pendulum bergerak lebih cepat dari biasanya.

    5. Solat Gerhana, jika kamu muslim

    Dalam ajaran islam, umatnya diwajibkan melakukan solat sebanyak lima kali dalam sehari. Namun pada saat gerhana matahari, solat mereka akan menjadi enam kali dalam sehari.
    Biasanya, umat muslim melakukan solat khusus untuk gerhana matahari yang disebut khusuf. Hal ini bertujuan untuk menghormati perintah Allah atas kebesaran-Nya dalam mengatur alam semesta. Solat ini tidak hanya dilakukan saat gerhana matahari saja, tetapi juga ketika terjadi fenomena alam lainnya, seperti gerhana bulan dan gempa bumi.

    6. Kelaparan

    Gerhana matahari bisa saja menjadi pertanda buruk, terutama jika kamu tinggal di India. Masyarakat India percaya bahwa sinar matahari dapat melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit.
    Tidak adanya sinar selama gerhana matahari bisa menyebabkan makanan menjadi teracuni dan najis. Mereka akan membuang semua makanan dan minuman selama gerhana matahari. Karena itu, di beberapa wilayah di India, warga tidak makan saat gerhana matahari terjadi.

    Info terkait:

    • teks report tentang gerhana matahari
    • teks eksposisi tentang gerhana matahari
    • teks berita tak terduga
    • report text tentang gerhana matahari
    • contoh teks eksplanasi tentang gerhana matahari
    • teks berita beserta strukturnya
    • Gambar gerhana matahari pakai pensil
    • pertanyaan tentang gerhana bulan
    • berita terduga beserta strukturnya
    • teks eksposisi gerhana matahari