Ini dia 10 hewan air PURBA yang terkenal GANAS dan RAKSASA

  • admin
  • 12/03/2014
  • Apa yang ada dibenak agan bila mendengar kata hewan predator? Pasti langsung kepikiran terhadap hewan-hewan berbahaya dan ganas yang memiliki taring-taring yang tajam.

    Yup, memang secara umum hewan-hewan predator memiliki ciri-ciri yang demikian karena mereka terlahir sebagai pemburu, pembunuh dan tentunya pemakan mangsa-mangsanya. Namun hewan-hewan predator yang ada saat ini tidak ada apa-apanya bila dibandingkan hewan-hewan predator zaman purba. Tak terkecuali untuk predator-predator purba yang hidup di air

    Berikut adalah hewan-hewan predator purba terganas yang pernah ada di muka bumi ini, khususnya predator-predator yang hidup di air

    1. Liopleurodon

    Liopleurodon disebut-sebut merupakan predator terbesar sepanjang masa. Mahluk ini memiliki gigi sepanjang 30cm, dan tengkorak sepanjang 5 meter. Panjang maksimal tubuh monster ini adalah 25 meter. Makanan monster ini tentu saja tubuh paus dan berbagai mahluk berdaging banyak lainnya. Hidup 140 juta tahun lalu.

    2. Dunkleosteus

    Dunkleosteus adalah ikan terbesar pada jaman prasejarah yang hidup sekitar 380 juta tahun yang lalu.
    Panjang seekor Dunkleosteus bisa mencapai kira kira 10 meter, dan berat 3,5 ton.

    Dunkleosteus dipersenjatai dengan rahang yang kuat, yang bisa menggigit benda bahan logam sekalipun . Dunkleosteus memakan semua yang ada di laut, termasuk spesiesnya sendiri.

    3. Pliosaurus

    Pliosaurus (berarti more lizard) adalah sebuah genus dari reptil laut yang telah punah. Termasuk dalam keluarga Pliosauridae. Merupakan predator yang sangat besar dengan makanan utamanya adalah ikan, cumi-cumi dan reptil laut lainnya.

    Pliosaurs menghantui lautan di dunia, menyerang dengan kekuatan dan kecepatan intens. Leher pendek dan rahang besar, mereka layaknya mesin pembunuh. Kerangka Pliosaur terbesar dengan panjang yang luar biasa, yaitu 52 meter, dengan total panjang kepala hampir 8 kaki.

    4. Sarcoshucus

    Sarcoshucus merupakan keluarga terdekat buaya yang hidup 112 juta tahun yang lalu. Merupakan salah salah satu jenis buaya terbesar yang pernah ada. Memiliki panjang tubuh sekitar 12 meter dengan berat kira-kira 8-10 ton. Berdasarkan bukti fosil meunjukkan bahwa hewan ini hidup di daerah afrika yang pada zaman itu masih berupa dataran tropis.

    5. Deinosuchus

    Mahluk ini merupakan nenek moyang dari keluarga buaya. Jika pada sarcosuchus mulutnya panjang, tidak pada deinosuchus. Deinosuchus disinyalir memiliki gigi sepanjang 10 cm, dan mulutnya memiliki kekuatan gigitan 10.000 pon atau 2 kali kekuatan gigitan singa.

    Mahluk ini memiliki panjang 45 kaki dan berat sekitar 12 ton. Walaupun ukuran tubuhnya besar, mahluk ini juga memiliki loncatan yang tinggi. Deinosuchus bisa memakan seekor Pterodactyl ukuran dewasa.

    6. Orthocone

    Sekitar 460 tahun yang lalu, orthocone adalah hewan terbesar yang ada di bumi dan merupakan predator yang terganas yang ada. Hewan ini hidup dengan cangkang konus yang sangat panjang (kira2 11 m). Tanpa sirip ataupun ekor.

    Orthocone bergerak dengan cara mendorong air ke arah berlawanan dengan arah yang ingin dituju. Pergerakan vertikal dilakukan dengan mengontrol jumlah air laut yang ada di dalam cangkang.
    Makanan dari hewan ini adalah beberapa anthropoda, seperti sea scorpion.

    7. Helicoprion

    Helicoprion merupakan jenis dari hiu yang hidup sekitar 300 tahun yang lalu. Berbeda dengan hiu modern, hiu ini memiliki gigi berbentuk lingkaran yang mengingatkan pada gergaji bulat. Tidak ada lokasi yang pasti dari gigi-bulat itu, mengingat bahwa gigi-bulat tersebut merupakan satu-satunya fosil yang dikenali. Berdasarkan rekonstruksi dari para ahli, sampai saat ini disimpulkan bahwa gigi-bulat tersebut terletak di bagian depan rahang bawah, yang berfungsi untuk menggali.

    8. Megalodon

    Megalodon adalah sejenis hiu yang hidup di masa purba. Hiu ini merupakan nenek moyang hiu dan tentunya memiliki ukuran yang luar biasa besar. Megalodon kecil berukuran sekitar 6 meter panjangnya. Sedangkan Megalodon dewasa berukuran sekitar 18 meter atau sebesar kapal. Makanan hiu ini biasanya seekor paus. Cara mereka makan pun sama dengan hiu modern.

    9. Titanoboa


    Titanoboa atau biasa disebut Titan Boa adalah genus ular yang hidup sekitar 60 hingga 58 juta tahun yang lalu pada periode Paleosen.[1] Satu-satunya spesies dalam genus ini yang diketahui adalah Titanoboa cerrejonensis, ular terbesar yang pernah ditemui.[1] Ilmuwan memperkirakan T. cerrejonensis memiliki panjang 13 m dengan massa lebih dari 1.100 kg, dan memiliki lebar 1 m. Fosil 28 T. cerrejonensis ditemukan di tambang batu bara Cerrejn di Kolombia utara tahun 2009.

    10. Livyatan melvillei

    Livyatan melvillei adalah ikan paus yang memakan paus lain. Ia memiliki gigi terbesar dari setiap binatang yang pernah menggunakan gigi mereka untuk makan (gading gajah lebih besar, tapi hanya membantu mereka hal-hal menghancurkan, tidak digunakan untuk makan). Mereka tinggal di lautan yang sama dan makan makanan yang sama seperti Megalodon, jadi paus ini benar-benar harus bersaing dengan predator hiu terbesar yang pernah.

    Info terkait:

    • anak smp tlanjang bulat
    • tulisan predator
    • anak smp telajang bulat
    • tatto peredator di bunggung
    • predator grafiti
    • grafiti predator
    • cara buat topeng predator
    • 5W 1H manusia purba
    • gambar kerangka buaya
    • cara membuat kepala predator

    Leave a Reply