Ini dia 11 gunung MENAKJUBKAN di Indonesia yang patut dikunjungi!!

  • admin
  • 15/12/2016
  • Suara.com – Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan yang kaya. Kaya jumlah penduduk, hasil bumi, lokasi wisata menarik, hingga kaya mukjizat alam.

    Negara yang memiliki lebih dari 17.000 pulau ini terletak di pertemuan lempeng tektonik Asia, Australia, Samudra Hindia, dan Samudra Pasifik.

    Tak cuma keindahan alam dan lautnya, Indonesia juga memiliki 129 gunung berapi. Ini artinya, 13 persen gunung berapi di dunia ada di Indonesia. Dengan jumlah yang demikian, Indonesia dijuluki Ring of Fire.

    Di antara 129 gunung berapi tersebut, 10 di antaranya masuk dalam daftar gunung berapi yang harus didaki. Kesepuluh gunung berapi ini tergolong spektakuler, karena Anda akan menjadi saksi dari keindahan ciptaan Tuhan.

    Berikut 11 gunung berapi di Indonesia yang patut disambangi dilansir dari allindinesiatravel.com:

    1. Gunung Bromo

    Gunung Bromo terletak di Jawa Timur. Gunung setinggi 2.329 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini merupakan salah satu gunung yang paling ikonik di Indonesia, karena merupakan salah satu gunung berapi paling aktif di dunia yang paling sering dikunjungi. Wisatawan biasanya datang untuk menyaksikan matahari terbit dari atas gunung dan budaya masyarakat Tengger.

    2. Kawah Ijen

    Kawah Ijen merupakan gunung lain yang populer di Jawa Timur setelah Gunung Bromo. Di kawah yang terletak di Banyuwangi ini, Anda akan melihat sebuah danau sulfur yang memancarkan api biru di malam hari. Kawah Ijen merupakan danau asam terbesar di dunia, yang bersinar dalam warna biru kehijauan yang indah.

    3. Gunung Semeru

    Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Jawa, yang juga dikenal sebagai Mahameru oleh penduduk setempat. Gunung ini dipercaya sebagai tempat tinggal para dewa Hindu-Buddha. Pendakian ke puncak gunung ini hanya disarankan bagi yang telah berpengalaman, karena memakan waktu hingga dua hari hiking. Tantangan paling nyata adalah kemiringan gunung hingga ke puncaknya.

    4. Gunung Merbabu

    Gunung Merbabu terletak bersebelahan dengan Gunung Merapi, dengan ketinggian 3.142 mdpl. Kawasan gunung ini dinyatakan sebagai taman nasional pada 2004.

    5. Gunung Krakatau

    Gunung Krakatau merupakan gunung vulkanik yang terletak di Selat Sunda, yaitu antara Pulau Jawa dan Sumatera. Letusan Gunung Krakatau pada 1883 tercatat sebagai salah satu peristiwa vulkanik paling kejam.

    Ledakannya berdampak hingga 4.000 km, yaitu sampai ke Australia dan India, serta menyebabkan tsunami raksasa. Sekitar 35.000 orang meninggal akibat dampak letusannya.

    6. Gunung Kerinci

    Gunung Kerinci merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia. Sebagai bagian dari Taman Nasional Kerinci Seblat, kawasan ini merupakan rumah bagi spesies yang terancam punah, yaitu harimau dan badak Sumatera.

    Para pendaki biasanya membutuhkan waktu 3 hari 2 malam untuk mencapai puncaknya. Selain bisa menikmati keindahan alam, kawasan Gunung Kerinci juga dikelilingi 15 danau.

    Satu danau, yaitu Danau Gunung Tujuh dinobatkan sebagai danau tertinggi di Asia Tenggara pada 1996. Adapun danau yang paling besar di antara ke-15 danau di sini adalah Kerinci, yang luasnya mencapai 4.200 hektare.

    7. Gunung Batur

    Gunung ini menjadi salah satu yang populer di Indonesia. Gunung Batur merupakan gunung berapi aktif di Bali, yang tingginya mencapai 1.700 mdpl.

    Bila mencapai puncaknya, wisatawan bisa menikmati pemandangan matahari terbit dan pulau-pulau di sekitar Bali.

    8. Gunung Agung

    Gunung Agung merupakan yang tertinggi di Pulau Bali, mencapai 3.142 mdpl. Gunung ini memiliki makna spiritual seperti halnya Pura Besakih.

    Untuk menuju puncak, wisatawan dapat menempuhnya selama 6-7 jam. Dalam perjalanan, Anda dapat menyaksikan Candi Pasar Agung, yang merupakan salah satu dari sembilan candi utama di Bali.

    Ada juga Pura Besakih yang berdiri di lereng selatan Gunung Agung.

    9. Gunung Rinjani

    Gunung Rinjani di Lombok merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia, dengan 3.726 mdpl. Rinjani juga merupakan salah satu gunung berapi paling aktif, dengan luas kaldera lebih dari dari 50 km2 dan danau kawah di dalamnya yang disebut Segara Anak.

    Kini Lombok sedang menjaring banyak wisatawan. Mereka baru menyadari keindahan alam Lombok yang tak kalah dengan Bali.

    10. Gunung Kelimutu

    Gunung Kelimutu terletak di Taman Nasional Kelimutu, Flores Tengah. Gunung ini menjadi lokasi danau 3 warna yang terkenal, yaitu danau yang airnya berwarna biru, hijau, dan merah.Pergantian warnanya tergantung pada musim dan mukjizat alam.

    11. Puncak Jaya (Cartensz Pyramid)

    Gunung ini merupakan salah satu dari tujuh puncak tertinggi di dunia dan satu-satunya gunung di Indonesia yang memiliki gletser di atas puncaknya. Cartensz Pyramid terletak di Taman Nasional Lorentz.

    Pendakian ke gunung yang masuk dalam daftar Seven Summits ini sangat sulit, sehingga disarankan untuk mendapatkan panduan dari profesional dan mempersiapkan diri secara khusus.