Ini dia makanan-makanan WAJIB idul fitri selain KETUPAT

  • admin
  • 08/08/2013
  • Biasanya, masyarakat Indonesia mengenal ketupat sebagai makanan utama saat Hari Raya Idul Fitri. Memang, santapan dari beras ini menjadi hidangan khas di mayoritas penjuru Tanah Air. Namun, di tempat lain, ternyata ada hidangan spesial yang menjadi hidangan khas lebaran.

    Dodol Depok

    Dodol memang tidak hanya ada di kota Depok saja. Penganan berwarna legam ini juga bisa ditemukan di daerah-daerah lain. Namun, entah mengapa orang Depok mengatakan kalau dodol itu makanan khas kampung mereka. Mungkin karena sudah sejak 1715 selalu jadi hidangan utama setiap tahun baru di sana.

    Hingga kini, kebiasaan membuat dodol masih berlangsung di kota Depok. Bedanya, makanan ini kini bukan menjadi hidangan tahun baru lagi, tetapi menjadi hidangan wajib di saat lebaran tiba. Katanya lebaran belum pas kalau belum ada dodol depok.

    Sekadar informasi, di Depok, ternyata juga ada kebiasaan saling tukar-menukar dodol. Konon, tradisi ini untuk mempererat tali persaudaraan mereka.

    Lemang Padang

    Daerah lain sering mengatakan lemang padang mirip dengan lontong. Ya, sepintas kuliner ini memang berbentuk seperti lontong. Namun bentuknya jauh lebih besar dengan lontong biasa. Jika lontong bisa terbuat dari beras, maka lemang padang terbuat dari beras ketan yang dicampur santan. Itulah yang membuatnya terasa gurih dan lezat.

    Di daerah Padang, lemang biasa dibuat dengan cetakan bilah bambu. Panjangnya kira-kira 70 sentimeter dan diameternya 10 sentimeter. Di hari Lebaran, lemang juga sering dihidangkan dengan lauk istimewa, misalnya gulai itik dan rendang daging. Ya, cara menghidangkannya memang mirip dengan ketupat. Banyak juga orang yang suka menyantap lemang dengan tape ketan hitam.
    Pempek Palembang


    Kalau daerah lain punya hidangan spesial yang hanya disantap di hari Lebaran, maka Palembang juga memiliki makanan serupa. Uniknya, makanan tersebut termasuk makanan sehari-hari yang bisa didapatkan setiap saat. Makanan tersebut adalah pempek, kuliner kebanggaan warga Palembang.

    Meski cuma makanan sehari-hari, pempek juga menjadi hidangan wajib saat Lebaran. Pempek yang disediakan juga dihidangkan pun tersedia dalam berbagai model, lengkap dengan kuah cukanya. Ada kapal selam yang berisi telur, ada lenjeran, lenggang, kulit sampai tekwan.

    Si Manis Maksuba


    Kalau pempek bangga menjadi salah satu hidangan Lebaran, maksuba juga boleh berbangga diri. Maksuba adalah kue dari Palembang yang rasanya manis dan sangat lezat. Bentuknya mirip seperti kue lapis legit. Terbuat dari campuran telur bebek, susu kental manis, mentega, dan gula pasir.

    Maksuba juga disebut makanan kehormatan. Alkisah jika ada tamu berkunjung ke rumah seseorang dan disuguhi maksuba, itu tandanya tuan rumah sangat menghormati tamunya. Kabarnya, hal ini sesuai dengan cara pembuatan maksuba yang cukup rumit.

    Nasi Kuning Jawa Timur

    Di beberapa kota Jawa Timur nasi kuning jadi hidangan utama di hari Lebaran. Makanan ini biasa dihidangkan dengan lauk pauk yang cukup lengkap seperti serundeng yang terbuat dari daging dan parutan kelapa goreng, tempe kering, ayam goreng, telur dadar, perkedel, sambal goreng hati dan udang. Seminggu setelah hari lebaran, barulah ada pesta ketupat. Seperti di daerah lain, ketupat disajikan dengan sayur berkuah santan.

    Info terkait:

    • Grafiti nama Fitri
    • doodle fitri
    • lonte palembang
    • contoh recount text holiday idul fitri
    • contoh diskusi bahasa sunda 5 orang
    • doodle dini
    • contoh dialog bahasa sunda 5 orang
    • grafiti tulisan fitri
    • Grafiti fitri
    • contoh recount text holiday idul fitri beserta artinya

    Leave a Reply