Ini dia tempat-tempat hasil REKLAMASI yang sangat MENAKJUBKAN!!

  • admin
  • 02/11/2015
  • Di beberapa negara kepulauan yang sudah tentu punya deretan pulau dan pantai yang indah, yang tentunya bisa dimanfaatkan oleh masyarakatnya dengan baik untuk kepentingan yang lebih baik pula. Kalau menengok lagi dengan seksama, beberap kendala-kendala kecil yang ujung-ujungnya sebenernya sih berpengaruh untuk perkembangan sebuah daerah. Dan lewat kesempatan kali ini ane bakalan share betapa indahnya hasil garapan manusia yang menyulap sebuah pantai menjadi daratan baru dengan tampilan dan tata letak yang super keren gan.

    Amazing, Gan!
    Selama ini masyarakat umum menganggap reklamasi selalu identik dengan hal-hal yang negatif yang cuma bakalan menimbulkan masalah seperti merusak eko sistem, atau cuma bisa bikin banjir sekitarnya, padahal seharusnya agan sendiri udah bisa melihat sisi-sisi positif pasca reklamasi. Di beberapa Negara belahan dunia sudah memutuskan untuk melakukan reklamasi, dan ini dia spesial untuk agan ane hadirkan beberapa hasil reklamasi yang menyulap menjadi tempat yang tentunya bisa mendatangkan keuntungan untuk negara tersebut. cekidot gan :

    1. Sentosa Island / Sentosa Park (Singapura)

    Buat agan yang demen berlibur ke Singapura, tentu udah tau banget kalau Singapur adalah tempat berlibur yang keren dan nyaman, Tau gak Sih, Gan? Singapura melakukan perluasan wilayah sesuai dengan Concept Plan mereka pada tahun 2001 yang tujuannya biar bisa menampung yang lebih terhadap rencana penambahan kawasan perumahan, industri, rekreasi, infrastruktur dll. Concept Plan ini juga didesain untuk memproyeksi dan memperluas wilayah Singapura dalam jangka 50 tahun kedepan. dan Singapura sendiri saat ini udah memperluas hingga 710 km2. Kalau kembali melihat foto di atas, pastinya agan sendiri udah bisa ngelihat gimana hasilnya, Ya Kan?

    2. The Palm Island (Dubai)

    Palm Islands – Kepulauan ini diciptakan oleh Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum yang bertujuan untuk meningkatkan pariwisata di Dubai. Setiap pulau akan berbentuk pohon palem, diatapi sebuah sabit, dan hasil reklamasi ini bakal mampu jumlah penghuni yang besar, kebutuhan dan pusat hiburan. Palm Islands terletak di lepas pantai Uni Emirat Arab di Teluk Persia dan akan menambah 250 km pantai kota Dubai.

    3. Tokyo

    Dalam pengertian yang sempit, Teluk Tokyo adalah wilayah di sebelah utara garis lurus yang terbentuk antara Tanjung Kannon di Semenanjung Miura dan Tanjung Futtsu di Semenanjung Boso. Luas wilayah ini sekitar 922 km. Dalam pengertian yang luas, Teluk Tokyo juga meliputi Terusan Uraga. Jika menggunakan pengertian ini maka luas Teluk Tokyo adalah 1320 km.

    4. Bandara Incheon / Incheon Airport

    Bandar Udara Internasional Incheon (IATA: ICN, ICAO: RKSI) (bahasa Korea: ) adalah bandar udara terbesar di Korea Selatan dan merupakan salah satu yang terbesar di Asia. Bandara ini menggantikan Bandar Udara Internasional Gimpo yang sekarang distatuskan sebagai bandara domestik kecuali penerbangan international ke Bandar Udara Internasional Haneda di Tokyo, Jepang dan Bandar Udara Internasional Hongqiao di Shanghai, RRC. Berdasarkan survei dari Global Traveller bandara ini merupakan yang terbaik di dunia selama 3 tahun berturut-turut dari tahun 2006, 2007 dan 2008. Berperan sebagai bandara penghubung untuk kawasan Asia Timur, terdapat 63 maskapai penerbangan yang melayani penerbangan ke bandara ini.

    Kalau ngelihat dari beberapa Negara diatas, seharusnya Indonesia bisa mengikuti jejak negara tetangga dan negara luar untuk melakukan penataan kembali wilayah- wilayah pesisir yang sekiranya perlu dilakukan yaitu dengan cara reklamasi. Dengan begitu bisa melakukan penataan wilayah, peningkatan sarana keindahan kota, pengendalian banjir, dan sekaligus bisa meraih pemasukan yang lebih besar dari daerah yang di reklamasi. Selagi semuanya mengikuti aturan yang baik, apa salahnya dengan reklamasi Ya Nggak Sih, Gan??

    Info terkait:

    • arti kapular
    • apa itu kapular
    • kapular artinya
    • pengertian wangkongan
    • pengertian gambar natural
    • K5LH
    • teks eksposisi tentang reklamasi
    • pengertian jarik
    • arti mengabstraksi
    • pengertian jarik dalam bahasa jawa