Jalan-jalan ke Natuna, surga kecil NKRI yang kini diperebutkan!!

  • admin
  • 18/11/2015
  • Natuna ya pulau yang saat ini sedang menjadi buah bibir, pulau dari ujung utara kepulauan riau yang saat ini menjadi perebutan antara philipina dan china ini membuat laut cina selatan menjadi panas dan tegang. Natuna, entah dari mana nama itu berasal. Namun, begitulah gugusan pulau di kawasan utara Provinsi Kepulauan Riau itu disebut. Tanah dan lautnya sangat kaya akan berbagai barang tambang, seperti pasir kuarsa, gas alam, dan minyak bumi.

    Di perairan lautnya yang dalam terkandung kekayaan alam berwujud ikan dan biota laut lainnya. Belum lagi keelokan pantai dan keindahan terumbu karang yang sangat menawan. Bagi warga Natuna, Pulau Natuna Besar dan pulau-pulau kecil di sekitarnya lebih sering disebut sebagai Bunguran.

    Tak mengherankan jika dua dari 10 kecamatan di Kabupaten Natuna diberi nama Kecamatan Bunguran Barat dan Kecamatan Bunguran Timur. Kecamatan Bunguran Barat beribu kota di Sedanau, pulau kecil di barat Pulau Natuna Besar.
    Kecamatan Bunguran Timur dengan ibu kota Ranai merupakan otoritas yang membawahi sebagian wilayah Pulau Natuna Besar, termasuk wilayah ibu kota Kabupaten Natuna.

    Menurut legenda, penghuni pertama Pulau Natuna Besar adalah Demang Megat. Alkisah, ada seorang anak yang terbawa hanyut sebatang kayu. Anak itu, menurut kisah, berasal dari Siam (Thailand). Kala itu pulau tersebut belum bernama.

    Banyak kelompok masyarakat, seperti masyarakat dari suku China, Bugis, Melayu, dan Jawa, yang memiliki ke ciri khasan kulit yang khas Bicara Kulit, pola bahasa budaya melayu dan makanan ala yang sangat melayu ini sudah tinggal di Natuna sejak puluhan bahkan ratusan tahun lalu. Tak satu pun dari mereka yang mengetahui asal-usul nama Natuna.

    Entah dari mana nama itu berasal. Meskipun sejak lahir saya tinggal di sini, sampai sekarang saya belum tahu dari mana nama Natuna berasal, tutur Aek, warga Sedanau.

    Kami di sini sudah seperti kerabat. Meskipun masing-masing berasal dari suku dan latar belakang agama serta budaya berbeda, kami hidup rukun, ujar Aek.

    Meskipun roda ekonomi di kawasan kepulauan itu lebih didominasi oleh warga keturunan China, kondisi itu tidak menjadikan masing-masing kelompok eksklusif. Bahkan, berbeda dari umumnya komunitas China di Kepulauan Riau dan daratan Sumatera, warga keturunan China di Natuna tidak lagi menggunakan bahasa hokian atau kanton.

    Bahasa dan budaya kami adalah melayu, ungkap Aek. Tak mengherankan jika Ketua DPRD Natuna Daeng Sunardi berasal dari warga keturunan Bugis, Bupati Natuna Hamid Rizal adalah warga Melayu dan berasal dari Penyengat, Kepulauan Riau, serta banyak pegawai pemerintahan adalah pendatang dari berbagai daerah, seperti Jawa, Sumatera Utara, dan Kalimantan.

    Keberagaman itu membuat Natuna menjadi makin kaya. Tidak hanya karena sumber daya alam yang dimilikinya dan segala potensi kelautan yang menjadi anugerahnya, tetapi juga kekayaan latar belakang warga yang mendiaminya. Sejarah, legenda, dan nama kemudian menjadi latar belakang yang menjadikan apa yang terjadi saat ini makin berurat-berakar.

    Melihat kekayaan yang dimiliki Natuna rasanya pemerintah harus mempertahankan pulau natuna ini tidak boleh lepas dari NKRI ini ane tampilkan beberapa kekayaan yang pulau natuna miliki :
    Kekayaan Minyak dan Gas Bumi:

    Daerah yang memiliki luas sekitar 141.901 Km2 ini disebut memiliki kekayaan alam melimpah. Disebut cadangan gas alam di kepulauan tersebut terbesar di Asia Pasifik, bahkan dunia.

    Hitungan pemerintah mengacu pada salah satu ladang gas alam yaitu Blok Natuna D-Alpha, di mana menyimpan cadangan gas dengan volume 222 triliun kaki kubik (TCT). Jika diambil, cadangan gas alam itu tidak akan habis untuk 30 tahun mendatang.

    Sementara, potensi gas yang recoverable atau yang bisa diperkirakan di Kepulauan Natuna sebesar 46 tcf (triliun cubic feet) setara dengan 8,383 miliar barel minyak.

    Total, jika digabung dengan minyak bumi, terdapat sekitar 500 juta barel cadangan energi hanya di blok tersebut. Maka wajar saat sejumlah ahli mengklaim wilayah ini memiliki cadangan energi terbesar di dunia.

    Itu baru dari sisi volume, jika diuangkan, kekayaan gas Natuna bernilai mencapai Rp 6.000 triliun. Angka ini didapat dari asumsi rata-rata minyak selama periode eksploitasi sebesar USD 75 per barel dan kurs Rp 10.000 per USD. Nilai kekayaan ini sangat besar jika dibandingkan dengan pendapatan negara dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun ini yang hanya sekitar Rp 1.700 triliun.

    Gurihnya kekayaan alam di Kepulauan Natuna membuat beberapa perusahaan asing seperti Petronas (Malaysia), ExxonMobil (AS), Chevron (AS), Shell (Inggris-Belanda), StatOil (Norwegia), ENI (Italia), Total Indonesie (Perancis), dan China National Petroleum Corporation (China) tak ingin melepas potensi untung besar ini.

    Pariwisata dan Keindahan bawah laut:

    Pantai Tanjung

    Mutiara diujung utara indonesia, tak berlebihan rasanya bila kalimat tadi untuk menggambarkan keindahan daerah yang satu ini. kabupaten natuna ini berbentuk kepulauan, kabupaten natuna adalah salah satu kabupaten di provinsi di kepulauan riau yang letaknya berada di kawasan paling utara Indonesia. secara geografis terletak diantara dua derajat sampai dengan lima derajat lintang utara dan 104 derajat sampai 110 bujur timur.

    Pantai Sebagul

    Wilayah daratan terdiri dari 272 pulau besar dan pulau kecil yang tersebar di perairan laut cina selatan. dari 272 pulau tersebut hanya 76 pulau ata 28 persen yang telah dihuni. Sementara 195 atau lebih kurang 72 persen pulau lainnya masih belum berpenghuni. Kabupaten natuna merupakan tanah berbukit dan bergunung batu. Dataran rendah dan landai banyak ditemukan di pinggir pantai.

    Natuna demikian elok dan memiliki banyak potensi.Pengunjung dapat menemukan wisata pantai, seperti Pantai Tanjung, Pantai Sebagul, Pantai Teluk Selahang, Pantai Setengar, dan sebagainya. Sejumlah lokasi bahkan menjadi tempat favorit bagi penggemar snorkling, pengamat habitat penyu, dan pecinta wisata bawah air

    Info terkait:

    • natasha wilona keturunan
    • natasha wilona keturunan apa
    • Natasha Wilona keturunan Korea
    • maksud caption dalam bahasa melayu
    • pidato tentang nkri
    • slogan tentang nkri
    • teks pidato tentang nkri
    • cerpen tentang NKRI
    • pidato bahasa inggris tentang nkri
    • pengumuman singkat dalam bahasa bugis