Jangan Buang Kulitnya, Kalau GanSis Tidak Ingin Menyesal

  • admin
  • 02/03/2018
  • Kalau makan beberapa buah dan umbi-umbian di bawah ini pasti GanSis hanya makan buahnya saja dan langsung mengupas serta membuang kulitnya ke tempat sampah, meskipun pasti ada juga GanSis yang ikut memakan kulitnya.
    Tapi setelah tahu manfaatnya di bawah ini pasti GanSis menyesal deh selama ini telah membuangnya. Yuk mari kita cari tahu apa sih manfaat yang tersembunyi dari kulit buah dan umbi-umbian ini:

    1. Kulit Pisang

    Kulit pisang ini baik dikonsumsi untuk GanSis yang suka mengalami sembelit, karena kandungan seratnya yang tinggi ampuh untuk mencegah sembelit. Bagaimana cara mengolahnya? Pasti ga enak ‘kan kalau dimakan langsung. Caranya adalah keruk bagian dalam kulit pisang dan blender beserta isinya, selain dibuat jus pisang ini juga bisa dibuat untuk selai.

    2. Kulit Apel

    Tidak seperti kulit pisang yang rasanya belum lazim untuk dimakan, kalau kulit apel ini sudah biasa kita makan. Bagian dalam kulit pisang ini mengandung pektin yang kaya akan serat, sama seperti kandungan pada kulit pisang yang tentunya dapat mencegah sembelit. Selain itu kulit apel ini juga banyak manfaat lainnya, seperti mencegah obesitas karena bermanfaat untuk menghambat penumpukan lemak di dalam tubuh dan mengurangi risiko penyakit yang terbiasa dialami para lansia.

    3. Kulit Chamoe (Korean Melon)

    Chamoe ini merupakan salah satu jenis melon yang tumbuh di Korea. Cucurbitacins yang terdapat pada bagian dalam kulit melon ini dapat menghancurkan sel-sel kanker dan membantu detoksifikasi hati.

    4. Kulit Ubi

    Kulit ubi ini mengandung anthocyanin(sejenis flavonoid, senyawa yang mengandung sifat antioksidan) dan chlorogenic acid yang banyak mengandung serat, sehingga sangat membantu GanSis dalam melancarkan buang air besar.

    5. Kulit Kastanye (Chestnuts)

    Meskipun kulit kastanye ini agak tebal sehingga rasanya kurang nyaman bila dimakan langsung, tapi memiliki kandungan vitamin C yang sepuluh kali lebih tinggi. Selain kaya antioksidan, kulit kastanye ini juga dapat mencegah koagulasi (pembekuan) darah.

    6. Kulit Bawang Bombay

    Quercetinyang terdapat pada kulit bawang ini merupakan antioksidan kuat yang dapat memperkuat pembuluh darah dan memperlancar aliran darah. Selain itu juga efektif mencegah diabetes, menurunkan kadar gula darah, menghancurkan kolestrol jahat, serta mencegah hiperlipidemia. Quercetin yang terdapat pada kulit bawang ini 10-100 kali lebih banyak daripada di bagian dalamnya, bahkan kandungannya tetap bertahan sampai 95% meskipun sudah dimasak atau pun dipanggang.

    Jadi masih kah GanSis membuang kulit buah atau umbi-umbian yang telah disebutkan di atas?

    Referensi
    Ilustrasi: Google