Jembatan-jembatan BERGERAK nan UNIK dari berbagai negara!!

  • admin
  • 21/11/2013
  • 1. Jembatan Gateshead Millennium
    Jembatan Gateshead Millennium ini terletak di antara kota Gateshead and Newcastle di atas sungai Tyne, UK. Jembatan ini dirancang oleh Wilkinson Eyre Architects dan Gifford. Jembatan ini mempunyai tinggi 45 meter dan panjang 126 meters. Jalur pada jembatan ini hanya disediakan untuk para pejalan kaki dan pesepeda, mobil ga boleh lewat gan. Ini termasuk jembatan yang `terangkat` gan, dan dengan begitu perahu kecil yang menyusuri sungai dapat lewat di bawahnya. Dibutuhkan waktu sekitar 4 menit oleh jembatan ini untuk terangkat.

    Karena pergerakan dan bentuk dari jembatan ini mirip dengan dengan kedipan mata, banyak orang yang menjuluki jembatan ini dengan nama “Eyelid Bridge”. Jembatan Gateshead Millennium dibuka untuk khalayak umum pada tanggal 17 September tahun 2001.

    2. The Rolling Bridge
    The Rolling Bridge ini terletak di Paddington Basin, London (UK). Jembatan ini dirancang dan dibangun oleh Thomas Heatherwick, warganegara Inggris. Selesai dibuat pada tahun 2004, sebagai bagian dari proyek pengembangan Grand Union Canal office. Jembatan ini cukup mini gan, karena panjangnya cuman 12 meter (masih bisa dikategorikan sebagai jembatan kali ya?). Uniknya, jembatan ini dapat menggulung. Meskipun kecil, The Rolling Bridge ini memenangkan penghargaan the British Structural Steel Design Award pada tahun 2005. Jembatan ini dibuka pada Jumat siang doank, biar awet
    .

    3. Jembatan Pegasus
    Jembatan ini terletak di Normandy, Perancis dan mempunyai nama lain yaitu Caen Canal dan Bnouville. Dinamakan Pegasus karena untuk mengabadikan operasi Sekutu `Overlord` pada PD ke-2. Jembatan yang asli dibuat pada tahun 1934 yang mengalami kerusakan karena perang. Sedangkan jembatan yang sekarang ini adalah reborn dari jembatan tersebut.

    4. Jembatan Slauerhoffbrug
    Jembatan Slauerhoffbrug ini terletak di atas sungai Harlinger Vaart, Leeuwarden, Belanda dan dirancang oleh Van Driel Mechatronica. Jembatan ini secara resmi dibuka pada tahun 2000. Nama dari Slauerhoffbrug ini diambil dari nam seorang penyair Belanda, J.J. Slauerhoff. Dengan warna kuning dan biru, jembatan ini sepintas mirip kayak robot karena mempunyai dua `lengan` yang dapat berayun 45 derajat.

    5. Tower Bridge
    Tower Bridge ini terletak di sungai Thames dan dibangun pada tahun 1886-1894. Tower bridge ini dirancang oleh arsitek kota London, Horace Jones dan John Wolfe Barry. Jembatan ini terkenal di seluruh dunia karena merupakan salah satu ciri khas dari kota London.

    6. Hrnbrcke
    Ini dia jembatan lipat yang ane maksud di atas. Jembatan ini terletak di Kiel, Schleswig-Holstein, Jerman. Mempunyai panjang sekitar 25 meter dan lebar 5 meter. Jembatan ini diperuntukkan bagi pejalan kaki dan pesepeda saja.

    Leave a Reply