Kebiasaan-kebiasaan KHAS Indonesia yang sebaiknya DIHILANGKAN!!

  • admin
  • 24/10/2015
  • Sebagai sebuah bangsa emang udah seharusnya kita berbudaya. Tapi ternyata gak selamanya budaya lokal kita patut dilestarikan walau udah mendarah daging.

    Ada beberapa kebiasaan, kelakuan kurang baik yang mungkin sepatutnya harus mulai dikurangi jika sulit meninggalkannya seperti:

    1. Ngomongin Orang
    Budaya gosip melekat banget sama masyarakat sini. Ngomongin orang lain, entah di belakang atau langsung di depan udah jadi kearifan lokal yang gak seharusnya dibanggakan. Patut diakui cukup sulit sih lepas dari kebiasaan ini, tapi yaa setidaknya diminimalisir lah ya. Kalo gak yang perlu-perlu aja.

    2. Gak Mau Ngantri
    Maunya cepet, doyannya nyerobot. Padahal katanya orang Indonesia pada santun-santun. Tapi kok kontradiktif sama realita ogah ngantri ya? Entahlah, mungkin sopan cuma mitos.

    Yaelah pak…

    3. Buang Sampah Sembarangan
    Udah bukan isu baru kalo banyak orang Indonesia doyan nyampah. Kondisi tersebut diperparah dengan minimnya jumlah tong sampah. Patut diakui kalo di beberapa tempat agak susah nemuin benda itu. Tapi harusnya gak jadi alasan. Kan bisa dikantongi dulu, dipegang dulu. Kalo orang yang emang udah biasa nyampah kayaknya gak pernah diajarin gitu ya pas masih kecil. Ke Roma aja banyak jalannya, masa buang sampah kagak.

    4. Ngerusak Fasilitas Umum
    Alias vandalisme. Biasanya dilakukan oleh anak-anak remaja yang ceritanya masih mencari jati diri. Labil, iseng, atau emang rusuh aja? Kadang pengen sih ngelakuin kebodohan yang ujung-ujungnya pasti disesali, tapi kenapa gak dihindari aja, iye kan.

    Kenapa gak ngelukis aja sekalian

    5. Korupsi
    Penyakit. Virus yang menggerogoti mental bangsa, makanya jangan heran kalo kita gak maju-maju. Pembangunan dikorupsi, kreativitas dikorupsi. Apa aja asal ada lahan yang menguntungkan. Status Indonesia sebagai negara korup kayak udah biasa aja.

    Udah jadi penyakit

    6. Menggantungkan Segalanya Pada Ramalan
    Gak bisa dipungkiri kalo masih banyak masyarakat kita yang percaya takhayul atau mitos. Segala sesuatunya bisa-bisa aja dihubungkan dengan hal-hal berbau mistis. Ada yang ngasih ramalan A, rame. Ramalan B, rame juga. Masih sulit kali ya ngikutin nalar.
    Tapi kalo ramalan cuaca bisa di percaya gak yach?…

    Apa-apa mikirnya ke sana

    7. Minta Oleh-oleh ke Temen yang Lagi Liburan
    Entah kenapa tiap ada temen yang mau pergi liburan, apalagi ke luar negeri, ada aja yang ngomong, “Jangan lupa oleh-oleh ya!”. Bukannya didoakan selamat sampai di tujuan dan sekembalinya nanti. Lumayan kalo emang nitip dan duitnya udah dikasih. Padahal bakal dibawain sih sebisa mungkin sama yang berlibur. Yaa, kurang-kurangin begitulah ya.

    Oleh-oleh

    8. Inlander
    Terjemahan bebasnya adalah pribumi. Minder ke diri sendiri, menganggap bangsa asing berkulit putih lebih superior daripada bangsa sendiri. Konteks populernya, kebarat-baratan lebih keren. Beginilah mental terjajah, susah hilangnya.

    Apa karena kelamaan di jajah?

    9. Malas
    Adalah awal dari kriminalitas dan korupsi, misalnya. Pengen dapat duit, tapi gak mau kerja. Gak mau banget menghimpun sedikit demi sedikit. Dalam skala kecil pun malas adalah kebiasaan buruk yang selayaknya harus dikurangi. Pengen ini, tapi males. Pengen pergi kesana, males juga. Apa-apa males. Gak mau ke belajar, gak mau sekolah, pengennya tidur aja. Enak sih, tapi sebetulnya gak ada males yang baik deh.

    10. Gak Percaya Sama Negara Sendiri
    Kalo make produk lokal kesannya gimana gitu. Kayaknya lebih ngejreng aja kalo make merk luar negeri. Ada program yang mau dijalankan pemerintah, tapi udah skeptis duluan. Bukan bermaksud jadi yes man ya. Dukung aja sih kalo emang menurut kamu kira-kira penting dan bermanfaat buat orang banyak.

    Gak percayaan banget …

    11. Instan
    Pengennya langsung jadi. Pesen suatu barang hari ini, pengennya langsung nyampe hari ini juga. Baru kerja beberapa bulan udah langsung pengen naik gaji, pengen beli ini itu. Padahal apapun kan butuh proses. Eh pantes aja makanan favoritnya orang Indonesia tuh mie instan yaa, hmmm… eh nyambung gak sih?

    Kok jadi mie sih?

    12. Latah
    Bukan latah kaget yak. Ini asosiasinya deket ke meniru, ikut-ikutan. Ada satu usaha yang sukses, yang lain ngikutin. Ada yang jualan musik A laku banget, semua ganti arus. Kalo kata Monkey to Millionaire:

    Satu melakukan maka lakukan semua
    Satu bergerak maka bergerak semua

    Begitulah sejumlah kebiasaan yang sadar gak sadar masih banyak dilakukan oleh orang-orang di sekitar kita.

    Atau kamu sendiri pun begitu? Yaa, mudah-mudahan banyak juga yang udah meminimalisir ya.
    Ada lagi gak kebiasaan buruk lain yang belum disebutin di atas?

    Info terkait:

    • nama vandal
    • gigi natasha wilona
    • caption lebay
    • ciri ciri kupu kupu dalam bahasa inggris
    • nama fandal
    • cerpen tentang kebiasaan sehari hari
    • raya kitty gak perawan
    • caption untuk cowok tapi gak lebay
    • vandal nama
    • caption gak lebay