Keunikan-keunikan dibalik kudapan manis ANDROID!!

  • admin
  • 27/01/2014
  • Apa yang terlintas di benak Anda saat mendengar nama Jelly Bean? Meski terdengar manis di telinga, tapi yang terlintas di benak kita pastilah smartphone berteknolgi canggih. Jelly bean adalah sebuah permen warna-warni dengan bentuk bulat atau elips. Namun, karena digunakan sebagai salah satu nama versi dari android, setiap orang lebih mengenal jelly bean sebagai android bukan permen.

    Dibalik itu semua, tahukah Anda jika android menggunakan aneka jenis kudapan manis untuk spesifikafasinya? Mungkin baru-baru ini anda sudah mendengar Kit Kat. Tapi apakah Anda pernah mendengar cupcake, donut dan clair? Tiga kudapan ini ternyata juga digunakan untuk menamai spesifikasi di andoid.

    Pada awalnya Android adalah sistem operasi berbasis linux yang didirikan pada bulan Oktober tahun 2003 di California oleh sekelompok programmer, Andy Rubin (Co-Founder Danger), Rich Miner (Co-Founder Wildfire Communications Inc), Nick Sears (VP T-Mobile), dan Chris White (Pimpinan desain dan Interface Development di WebTV). Kemudian pada tahun 2005 Android diakuisisi dan dikembangkan oleh Google.

    Sampai saat ini, Google telah merilis 9 seri Android. Dan uniknya, semua serinya diambil dari nama makanan-makanan. Dan tak hanya unik dari segi nama, seri android juga disesuaikan berdasarkan urutan abjad.

    Cupcake (C) – April 2009

    Nama untuk jenis pertama adalah Cupcake/kue mangkok, mempunyai fitur yang dapat merekam dan menonton video dalam kamera, dan dilengkapi fitur menghapus foto secara selektif.

    Donut (D) September 2009

    Makanan selanjutnya yang dipilih untuk menjadi nama jenis kedua android adalah donut. Pada jenis ini, terdapat peningkatan fitur berupa kamera, cam recorder dan galeri yang terintergrasi pada versi ini. Direct upload ke YouTube dan Picasa dan stereo Bluetooth pun hadir dalam donut.

    lair (E) Oktober 2009

    lair adalah sejenis cookies/kue kering yang berisi whipped cream atau vla dan coklat pada lapisan atas. lair memiliki tambahan fitur pada kamera, yaitu flash dan digital zoom, peningkatan pada google maps dan live wallpaper.

    Froyo (F) Mei 2010

    Froyo adalah singkatan yang dari Frozen Yoghurt. Peningkatan dalam versi ini antara lain, adobe flash 10.1, kecepatan dan kinerja aplikasi, mendukung USB tethering dan hotspot serta perbaikan dukungan Microsoft Exchange: Security policies, global address look up, sinkronisasi kalender dan remote wipe.

    Ginger Bread (G) esember 2010

    Gingerbread adalah kue kering jahe yang bentuknya menyerupai boneka manusia. Gingerbread mendukung WebM video compression, NFC (near-field communication), dapat mengganti kamera depan/belakang serta dilengkapi virtual keyboard shortcut.

    HoneyComb (H) Februari 2011

    Honey comb adalah sereal yang terbuat dari madu. Honeycomb dirancang khusus untuk tablet. Mendukung 3D graphics, Video chatting melalui google talk, full screen mode pada photo gallery dan Bluetooth tethering.

    Ice Cream Sandwich/ICS (I) Oktober 2011

    Biscuit berisi coklat kemudian menjadi seri selanjutnya, perubahan dan peningkatan fitur pun banyak dihadirkan dalam seri ini, antra lain tab widget di homescreen, koreksi kata pada keyboard, serta in line spell check, Menyembunyikan ikon aplikasi, face detection di kamera dan masih banyak lagi.

    Jelly Bean (J) Juli 2012

    Kemudian permen jeli berbentuk kacang menjadi seri selanjutnya setelah ICS. Perubahan dan peningkatan tampilan terjadi pada seri ini. Mempuyai notifikasi yang diperluas dengan adanya interaksi pada bar notifikasi, tambahan dukungan bahasa dan aplikasi Google Play yang diperbarui.

    KItkat (K) Oktober 2013

    Android yang sebelumnya diberi nama Key Lime Pie ini berganti nama dengan KitKat. Pada Android KitKat, Google melakukan perubahan pada tampilan user interface sistem operasi ini. Dikemas secara sederhana dengan warna yang lebih terang. KitKat, dirilis bersamaan smartphone unggulan terbarunya, Google Nexus 5, tampil dengan desain yang lebih rapi serta performa andal yang memungkinkannya berjalan di hampir seluruh perangkat Android.

    Lalu dimana huruf A dan B? menurut juru bicara Google, Randall Safara pernah menjelaskan bahwa sebenarnya huruf A dan B pernah digunakan sebagai penanda versi Android yang pertama, namun karena suatu masalah maka 2 versi tersebut tidak dirilis ke publik. Ada pula yang menyebutkan bahwa versi 1.0 dan 1.1 adalah Astro dan Bender, namun karena masalah hak cipta maka nama ini tidak dapat disematkan.

    Info terkait:

    • caption tentang sunset bahasa indonesia
    • misteri dibalik kartun frozen
    • legenda frozen
    • keunikan karnaval
    • Keunikan pramuka
    • bahasa kat indon
    • keunikan vunglon versi b inggris
    • hentai sampai menggila
    • fakta unik tanktop
    • dibalik kemisteriusan film the simpson

    Leave a Reply