Kumpulan PHOBIA yang hampir dimiliki oleh SETIAP orang!!

  • admin
  • 26/07/2014
  • Seberapa yakinkah Anda bahwa Anda tidak memiliki phobia akan ketakutan apapun? Ternyata di dunia ini ada banyak sekali orang-orang yang sebenarnya sudah menderita phobia berikut ini hanya saja belum terdiagnosa. Berikut 10 phobia yang secara tidak sadar mungkin sudah Anda miliki.

    Philophobia – Takut Jatuh Cinta

    Banyak orang yang bermimpi-mimpi untuk jatuh cinta dan juga dicintai semuanya pasti jadi terasa lebih manis . Namun ternyata tidak semua dari kita berpikir seperti itu, ada beberapa orang yang berpikir bahwa cinta adalah sesuatu yang harus mereka hindari. Rasa takut itu adalah philophobia, yakni sebuah phobia yang didefinisikan sebagai ketakutan berlebih akan jatuh cinta.

    Hal ini membuat seseorang tidak berani berkomitmen serta selalu menghindari berbagai kesempatan untuk berelasi lebih dalam dengan orang lain dan juga selalu menolak perasasaan khusus mereka terhadap seseorang yang spesial. Pada akhirnya ini akan mengarah ke kesendirian (hidup menyendiri). Philophobia lebih sering ditemui pada wanita dibandingkan pria baik karena trauma atau alasan lainnya.

    Nosophobia – Takut Menderita Penyakit

    Beberapa orang mengenal phobia ini sebagai “hypochondriasis” namun pada kenyataannya kedua phobia ini berbeda. Nosophobia adalah rasa takut akan menderita penyakit tertentu seperti kanker atau diabetes, sedangkan hyponchondriasis adalah rasa takut akan kondisi tubuh pada saat itu mengarah ke penyakit yang tidak diketahui alias paranoid. Jadi jika Anda selalu takut akan terkena penyakit tertentu seperti diabetes, TBC, penyakit jantung, kanker, dan lainnya, maka mungkin Anda sudah menderita nosophobia.

    Chronophobia – Takut Akan Berlalunya Waktu

    Anda selalu merasa waktu berjalan sangat cepat dan Anda selalu merasa mengejar-ngejar waktu? Jika begitu maka ada kemungkinan Anda sudah memiliki sebuah phobia yang dikenal dengan nama Chronophobia. Chronophobia adalah ketakutan akan berlalunya waktu namun juga dapat ditujukan bagi orang-orang yang persepsi realita waktu mereka berbeda, dimana mereka merasakan waktu menjadi lebih cepat atau lebih lama. Phobia seperti ini biasanya diderita oleh orang dengan penyakit terminal, orang di penjara, dan juga mereka yang sedang depresi atau stres.

    Gerascophobia – Takut Menjadi Tua

    Serupa dengan Chronophobia di atas namun lebih spesifik yakni ketakutan akan tiba saatnya dimana Anda telah menjadi tua yaitu Gerascophobia. Gerascophobia ini harus dibedakan dengan “Gerontophobia” yang dimana adalah ketakutan menjadi tua karena diskriminasi atau rasa benci atau takut terhadap orang yang lebih tua.

    Mereka yang secara tidak sadar memiliki phobia ini adalah orang-orang yang masih muda dan sehat. Mereka takut akan tiba saatnya mereka akan mengalami kesendirian dan tidak mampu mengurus diri mereka sendiri. Orang-orang yang menderita Gerascophobia biasanya takut akan masa depan dan takut untuk harus mengandalkan orang lain dalam kehidupan mereka.

    Nomophobia – Takut Kehilangan Ponsel atau Takut Ponsel Mati

    Dikatakan bahwa hampir 50% populasi dunia pada zaman teknologi sekarang ini sudah memiliki phobia yang dikenal dengan nama Nomophobia. Nomophobia adalah rasa takut untuk jauh-jauh dari handphone atau ponsel, baik saat ponsel ketinggalan, tidak ada sinyal, atau saat ponsel mereka mati karena tidak ada

    baterai. Ini karena kehidupan di zaman sekarang ini sudah sangat berpusatkan pada teknologi dengan kemunculan berbagai gadget dan jejaring sosial.

    Glossophobia – Takut Berbicara Di Depan Umum

    Takut berbicara di depan banyak orang seperti saat presentasi? Jika iya itu berarti Anda secara tidak sadar sudah memiliki phobia Glossophobia. Mereka yang menderita phobia ini selalu berusaha menghindari yang namanya berbicara di depan umum namun juga terkadang juga termasuk takut berbicara secara umum. Demam panggung adalah salah satu contoh sederhana dari Glossophobia.

    Banyak sekali orang yang memiliki rasa takut seperti itu yang padahal pada kenyataanya rasa takut berbicara di depan umum ini cukup mudah untuk diatasi , dan Anda tidak perlu malu atas hal ini karena banyak pembicara-pembicara publik yang harus melewati masa-masa Glossophobia ini. Mereka yang mempunyai phobia ini biasanya menunjukkan gejala takut, gelisah, ingin kabur, tertekan, panik, hingga mual.

    Phasmophobia – Takut Akan Hantu

    Walaupun tidak ada fakta aktual dan benar-benar terbukti dari keberadaan hantu, namun hantu adalah salah satu dari 10 hal yang tidak dapat dibuktikan namun tetap dipercaya banyak orang. Oleh karena inilah tidaklah mengherankan jika ada phobia yang spesifik ditunjukkan untuk rasa takut atas hantu ini. Phobia itu dikenal dengan nama Phasmophobia.

    Dalam kebanyakan kasus Phasmophobia, orang-orang yang takut akan hantu tersebut beranggapan bahwa hantu adalah orang-orang yang meninggal dan berusaha balas dendam di kematian mereka, melakukan kejahatan semasa hidup mereka, dan menganggap bahwa hantu adalah tanda kematian. Apakah Anda juga memiliki Phasmophobia ini?

    Thanatophobia – Takut Akan Kematian

    Banyak orang berargumen bahwa kematian adalah ketakutan terbesar manusia, baik karena kematian itu sendiri ataupun ketidakpastian akan apa yang menanti sesudah kematian. Terkadang dikenal juga “kegelisahan kematian”, Thanatophobia adalah ketakutan akan kematian atau juga proses kematian tersebut. Biasanya phobia ini diketahui jika seseorang mulai menunjukkan rasa tidak nyaman atau gelisah saat mereka membayangkan proses kematian mereka dan tiba saatnya kematian menjemput mereka.

    Selain Thanatophobia, ada juga ketakutan lainnya yang terkait atas kematian yakni Necrophobia. Namun berbeda halnya dari Thanatophobia, necrophobia adalah rasa takut akan kematian di sekitar mereka namun bukan kematian diri sendiri.

    Entomophobia – Takut Akan Serangga

    Berapa banyak orang yang pernah Anda temui takut akan serangga? Contoh sederhana dapat dilihat dari rasa takut akan kecoa, laba-laba, dan seterusnya. Jika Anda bertemu dengan orang-orang yang takut akan hal ini atau mungkin itu adalah Anda, maka Anda boleh mengatakan bahwa mereka sudah memiliki Entomophobia yaitu rasa takut akan serangga tertentu.

    Mereka yang mempunyai phobia ini akan menunjukkan ketakutan berlebih, kepanikan, atau parahnya pingsan jika terkena kontak dengan serangga yang mereka takuti tersebut. Dalam entomophobia ada berbagai istilah phobia yang lebih spesifik seperti contohnya rasa takut akan kecoa disebut dengan Kastaridaphobia, rasa takut akan laba- laba disebut dengan Arachnophobia, dan banyak lainnya.

    Atychiphobia – Takut Akan Kegagalan

    Kegagalan adalah ketakutan paling besar dari manusia. Namun ternyata ada sebutan phobia tersendiri bagi rasa takut tersebut yaitu Atychiphobia. Mereka yang memiliki Atychiphobia tidak berani untuk mengambil resiko karena rasa takut akan kegagalan atau kekalahan. Mereka yang memiliki phobia ini secara tidak sadar akan meremehkan upaya mereka sehingga mereka tidak perlu terus mencoba. Jika Anda termasuk adalah orang yang takut mencoba hal-hal yang baru atau selalu ingin berada di zona nyaman Anda, maka secara tidak sadar Anda telah menderita Atychiphobia.

    Info terkait:

    • dp kami tidak takut
    • meme kami tidak takut
    • phobia belalang
    • meme lucu kami tidak takut
    • plesetan kami tidak takut
    • dp tidak takut teroris
    • mading pmr
    • gambar mading pmr
    • plesetan nasi kotak
    • gambar mading tentang PMR

    Leave a Reply