Kumpulan pohon paling AJAIB di dunia!!

  • admin
  • 29/05/2014
  • 1. General Sherman


    Pohon `General Sherman` adalah pohon terbesar di dunia, dapat ditemukan di Taman Nasional Sequoia di Kalifornia.

    Pohon ini bukan pohon tertinggi menjulang 85m, tapi ketebalan batangnya rata-rata mencapai lima meter, sehingga pohon ini tergolong pohon berbatang amat tebal. Umurnya diperkirakan mencapai 1.900-2.500 tahun.

    2. El Arbol del Tule

    Pohon `El Arbol del Tule` tingginya hanya 42 meter, tapi diameter batang mencapai rekor 14,05 meter.

    Menurut legenda, pohon ini ditanam sekitar 1.400 tahun yang lalu oleh seorang imam dari Suku Aztec Ehecatl. Para peneliti telah menghitung beratnya: Hasilnya adalah 636 ton!

    3. Metusalah

    “Metusalah” juga terdapat di kalifornia, persisnya terletak pada ketinggian 3.000 meter di White Mountains. Sejenis pinus ini sempat dianggap pohon tertua di dunia dengan usianya yang mencapai 4.779 tahun.

    4. Old Tjikko

    Pohon `Old Tjikko` berdiri tegak di Swedia. Sejenis cemara paku ini berusia sekitar 9.550 tahun dan merupakan jenis pohon tertua di dunia yang diketahui hidup secara individu. Yang tampak dalam gambar diperkirakan hanya beberapa ratus tahun usianya. Tapi bagian dari sistem akar – dimana selalu tumbuh galur baru – berasal dari zaman es hampir 10.000 tahun yang lalu.

    5. Pohon Ara Angkor Wat

    Angkor Wat di Kamboja adalah salah satu kota terbesar di muka bumi. Ketika candinya mulai diabaikan, alam datang menguasai. Benih ara yang dibawa oleh burung, berakhir di cabang-cabang pohon beringin. Dari sana kemudian tumbuh ke bawah tanaman ara dan `mencekik` pohon inang mereka, sehingga kemudian terbentuk rongga yang khas.

    6. Pohon Bakau

    Pohon bakau tak punya jenis yang khusus: mereka adalah pepohonan dan semak-semak yang telah beradaptasi dengan kondisi pesisir laut. Akarnya bergerak melalui air garam hingga ke sedimen yang mendasarinya. Jadi mereka bisa melindungi pantai dari erosi dan menyediakan rumah bagi reptil, burung, ikan, kepiting, alga dan mamalia.

    7. Bonsai

    Istilah bonsai dipakai untuk seni tradisional Jepang dalam pemeliharaan tanaman atau pohon dalam pot dangkal, dan apresiasi keindahan bentuk dahan, daun, batang, dan akar pohon, serta pot dangkal yang menjadi wadah, atau keseluruhan bentuk tanaman atau pohon

    8. Juniperus phoenicea


    Pohon Juniperus phoenicea yang cerdik ini mudah menyerah oleh angin. Karena saking banyaknya angin kencang bertiup di El Hierro, Kepulauan Kanaria, beberapa batang pohon ini melengkung sebagian ke arah tanah.

    9. Pinus di Pegunungan Alpen

    Pinus atau cemara gunung juga bisa ditemukan di Pegunungan Alpen. Gunung-gunungnya tak terlalu terjal, ada dinding yang halus menekan akar mereka ke batu. Angin, es atau salju – seolah-olah tidak bisa membahayakan mereka.

    Info terkait:

    • caption tentang pinus
    • caption untuk pimus
    • pertanyaan tebtang bongsai

    Leave a Reply