MANTAP!! Serba serbi mengenai KUALANAMU INTERNATIONAL AIRPORT!!

  • admin
  • 25/07/2013
  • Bandara baru yang diresmikan hari ini diklaim sebagai bandara kedua terbesar di Indonesia dan sebagai salah satu bandara yang sudah bertaraf internasional di asia tenggara. Nah, seperti apa penampakannya gan? yuk deh kita jalan-jalan kesana.. 😀

    Bandar Udara Internasional Kuala Namu adalah sebuah bandar udara baru untuk Kota Medan, Indonesia. Lokasinya merupakan bekas areal perkebunan PT Perkebunan Nusantara II Tanjung Morawa, terletak di Kuala Namu, Desa Beringin, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang. Kuala Namu akan menggantikan Bandara Internasional Polonia yang sudah berusia lebih dari 70 tahun. Saat selesai dibangun, Kuala Namu yang diharapkan dapat menjadi bandara pangkalan transit internasional untuk kawasan Sumatera dan sekitarnya, akan menjadi bandara terbesar kedua di Indonesia setelah Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

    Sementara kapasitas Bandara Kualanamu yang terletak di atas lahan seluas 1.365 hektare di Kabupaten Deli Serdang, disiapkan untuk melayani hingga 8,1 juta penumpang per tahun, dengan area terminal penumpang seluas 86.000 m2 (Tahap I). Bandara tersebut akan terus dikembangkan hingga mencapai kapasitas maksimalnya.

    Bandara International Kuala Namu memiliki panjang landas pacu 3.750 meter yang cocok untuk didarati pesawat sebesar Boeing 747, dan mempunyai 8 garbarata. Bandara ini sanggup didarati oleh pesawat penumpang terbesar di dunia saat ini yaitu Airbus A380. Bandara ini juga adalah bandara ketiga di Indonesia yang bisa didarati Airbus A380 selain Bandara Hang Nadim dan Bandara Soekarno-Hatta.

    Bandara Kualanamu akan dilengkapi dua runway paralel, apron seluas 30 ha berkapasitas maximum 33 pesawat, terminal kargo seluas 13.000 m2 dengan kapasitas 3 pesawat (65.000 ton/ tahun), area parkir berkapasitas sekitar 1400 kendaraann roda empat taxi.

    Untuk aksesibilitas, Bandara Kualanamu yang dilengkapi 10 gerbang masuk, akan didukung oleh akses jalan tol dan kereta api khusus bandara.

    Pembangunan Tahap I disertai pula oleh pembangunan jalur kereta api dari Stasiun Aras Kabu di Kecamatan Beringin ke bandara yang berjarak sekitar 450 meter. Stasiun Aras Kabu sendiri terhubung ke Stasiun Medan dengan jarak 22,96 km.

    Diperkirakan jarak tempuh dari Medan hingga Kuala Namu akan berkisar antara 16-30 menit. Saat ini stasiun ini sudah jadi dan siap dioperasikan pada tanggal 25 Juli nanti. Harga tiket kereta api Kuala Namu-Medan PP akan berkisar sekitar 80000 Rupiah.

    Bandara ini akan dilayani bus Damri dari dan ke Kota Medan dengan waktu tempuh sekitar 60 menit.

    Terdapat jalan arteri yang menghubungkan Kota Medan dan Bandara. Jalan Tol Medan-Kuala Namu saat ini sedang dalam tahap pembuatan. Direncanakan jalan tol ini akan selesai pada tahun 2014. Jalan tol ini adalah termasuk jalan tol Trans-Sumatera.

    Disisi biaya, Kementerian Perhubungan menyatakan pembangunan Bandar Udara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara, telah menghabiskan anggaran Rp 5,8 triliun..

    Keadaan Bandara di Malam Hari

    Finishing

    Keadaan Dalam Bandara

    Mobil PMK Canggih
    Dua unit pemadam kebakaran canggih ini namanya Carmichael Cobra.


    Truk berwarna merah ini dikenal juga sebagai robot bernama Sentinel Prime di film layar lebar `Transformers: Dark of The Moon` besutan sutradara Michael Bay. Dalam film itu, Sentinel yang berwujud robot raksasa bisa menyamar jadi truk Carmichael Cobra saat berada di jalanan umum.

    Sentinel yang awalnya baik malah membelot ke pihak musuh di akhir filmnya. Nah, semoga Sentinel Prime versi Bandara Kualanamu tidak ikutan jadi jahat karena mereka tugasnya mengamankan pesawat jika terjadi kecelakaan, misalnya kebakaran.

    Truk yang berukuran cukup panjang ini tidak membutuhkan banyak personel. Cukup satu orang saja sudah bisa untuk membawa truk ini ke lokasi kebakaran sambil menyemprot air. Harga truk ini pun tidak murah, satu unit harganya sekitar Rp 7-8 miliar.

    Video profilenya juga ada gan.. silakan di buffer biar lebih tau bagian dalam bandaranya gan.. mantap deh… Sebuah kebanggaan juga bagi sumatera utara memiliki bandara ini, semoga saja bandaranya dirawat dengan baik.. 😀

    Info terkait:

    • serba serbi mading
    • caption mantap
    • mading serba serbi
    • bordiran cobra
    • caption yang mantap
    • contoh serba serbi mading
    • pemain anak jalanan yg berasal dari sumbar

    Leave a Reply