Masih Merasa Lelah Saat Bangun Di Pagi Hari? Lakukan Hal Ini Yuk!

  • admin
  • 05/03/2018
  • Kadang kala kita bingung kenapa saat bangun di pagi hari masih merasa lelah, padahal sudah tidur cukup. Iri deh kepada mereka yang bisa bangun pagi hari dengan segar dan bersemangat.

    Ada sejumlah orang yang tidur dengan waktu yang pas (tidak kebanyakan atau pun terlalu sedikit) tapi merasa lelah saat bangun di pagi hari. Namun ada juga sejumlah orang yang meski tidur dengan jumlah waktu yang sangat sedikit, tapi tetap merasa segar saat bangun di pagi hari. Setiap orang memang memiliki kebutuhan waktu tidur yang berbeda, tapi ada ga sih kebiasaan-kebiasaan yang setidaknya bisa buat tubuh kita lebih segar dan bersemangat di pagi hari?

    Salah seorang peneliti dari Jepang mengatakan bahwa kebiasaan tidur ini dapat diperbaiki hanya dalam beberapa hari saja. Jadi silakan mencoba empat cara di bawah ini:

    1. Gorden jendela kamar lebih baik ditutup atau dibuka saat tidur?

    Kalau untuk yang jendela kamar tidurnya langsung menghadap ke luar rumah mungkin seram ya jika tidur dalam keadaan dibuka, takut-takut ada sesuatu yang tidak diingin dilihat justru mengintip. Tapi sebenarnya tidur dengan gorden dibuka itu lebih baik. Kenapa? Seperti yang GanSis ketahui bahwa manusia memiliki jam biologis. Jam biologis kita sudah paham bahwa kalau malam adalah waktunya beristirahat dan pagi adalah waktunya beraktivitas. Jam biologis ini memiliki hubungan dengan kita tidur dengan gorden terbuka atau tertutup. Ketika kita tidur dengan gorden terbuka, maka saat pagi hari matahari terbit cahayanya langsung masuk ke kamar kita. Sinar matahari yang tembus ke dalam kamar membuat jam biologis tubuh kita menjadi aktif dan membuat kita dapat terbangun segar dan bersemangat. Selain itu, pada saat kita membuka mata pun kita langsung dapat melihat sinar matahari. Jadi tidak malas lagi deh untuk segera beranjak dari tempat tidur.

    2. Adakah hal yang membuat semangat, tapi kita cuma melakukannya dari balik selimut?

    Hujan di pagi hari tentu membuat kita semakin nyaman jika terus berada di dalam selimut. Tapi apakah kita mau terus tidur seharian tanpa beraktivitas lainnya? Tentu tidak ‘kan? Kalau memang benar-benar berat bangun dari tidur, cobalah untuk mulai dari hal-hal kecil seperti menggerak-gerakkan jari-jari tangan dan kaki, kepal-kepalkan, kemudian angkat kaki naik turun perlahan. Meskipun kita melakukannya dari balik selimut, tapi ini berhasil untuk membuat tubuh terasa ringan untuk bangun.

    Jika GanSis sama sekali tidak menggerakkan tubuh, setelah membuka mata, maka sistem saraf otonom tidak akan beralih ke sistem saraf simpatik. Suhu tubuh dan tekanan darah pun akan tetap pada kondisi yang sama, sehingga membuat kita akan merasa semakin berat untuk segera bangun.

    3. Sarapan atau tidak ya?

    Di pagi hari kita biasa dikejar-kejar waktu untuk segera melakukan ini dan itu. Kalau pun ada sisa waktu beberapa menit, biasanya kita lebih memilih untuk melanjutkan tidur. Padahal kita sendiri tahu bahwa jika kita sudah terbangun dan memutuskan untuk tidur lagi, pasti kita akan merasa tidak segar dan bersemangat lagi saat bangun kedua atau ketiga kali setelah menunda alarm. Tidak jarang justru sarapan lah kegiatan yang biasa kita lewatkan demi tidak terlambat tiba di kantor atau pun sekolah saat dalam keadaan terburu-buru. Tapi alangkah baiknya kita tidak melewatkan sarapan agar kadar gula darah dan suhu tubuh kita kembali normal. Untuk berangkat kerja dan sekolah kita tetap butuh energi kan, sarapan dibutuhkan untuk mengganti energi kita yang telah terkuras dan agar kita dapat semangat menjalani satu hari yang penuh dengan aktivitas.

    Bagi yang tinggal sendiri pasti lebih sulit untuk bangun pagi untuk sarapan, karena butuh lebih banyak waktu untuk membereskan rumah ketika malam hari dan menyiapkan segala sesuatunya di pagi hari sendiri. Tipsnya agar tetap sarapan dan berenergi di pagi hari adalah letakkan buah pisang dan coklat di samping tempat tidur GanSis tepat sebelum tidur. Saat bangun di pagi hari, makanlah! Mudah bukan? Dengan makan makanan yang manis maka kadar gula darah kita pun akan kembali normal dan membuat mood kita membaik. Sederhana, tapi awal yang baik untuk menjalani aktivitas seharian yang cukup padat.

    4. Tidur siang selama 15 menit kurang ga ya?

    Tidur siang selama 15 menit, membuat kita akan segar dan bersemangat untuk beraktivitas kembali setelahnya. Tapi, bagaimana kalau kita tidur siang selama satu jam atau bahkan lebih? Tidur siang selama satu jam atau bahkan lebih justru bisa membuat pola tidur kita kacau, karena malamnya kita bisa jadi kesulitan untuk tidur pada waktu yang sesuai.

    Tipsnya untuk bangun segar setelah tidur siang selama 15 menit adalah minumlah kopi sebelum tidur siang, karena kafein bekerja secara maksimal saat lima belas sampai dua puluh menit setelah diminum. Setelah bangun, kita mendapatkan manfaat dari kopi yang kita minum sebelumnya dan dapat melanjutkan berbagai aktivitas kembali dengan semangat dan menyenangkan tentunya.

    Sudah tahu kan sekarang bagaimana caranya agar pagi kita lebih segar dan bersemangat. Yuk semangat meskipun di akhir pekan!