Melihan mesin-mesin RAKSASA yang digunakan dalam pertambangan!!

  • admin
  • 18/09/2013
  • Dalam dunia pertambangan modern sudah tidak mengenal yang namanya sekop ataupun cangkul gan, perkembangan teknologi membuat kemajuan yang pesat dalam berbagai sektor Industri termasuk Industri Pertambangan. Indonesia sendiri termasuk negara yang kaya akan sumber daya mineral oleh karena itu terdapat banyak tambang di Indonesia baik itu dari skala kecil sampai skala besar seperti PT.Freeport Indonesia atau PT.Newmont Nusa Tenggara. Jadi kurang afdol gan bila orang Indonesia sendiri tidak mengenal alat-alat pertambangan, setidaknya agan nanti bisa menjelaskan ke anak istri kalo lagi liat alat-alat itu di TV. Oke langsung aja gan, Cekibrot!!

    Alat Muat

    Alat-alat pertambangan biasanya dikelompokan berdasarkan fungsinya, alat muat ini berfungsi untuk memuat bahan galian/mineral yang ditambang untuk selanjutnya di angkut ke tempat yang sudah ditentukan yang biasa disebut stockpile, sekedar informasi alat muat dan alat angkut itu berbeda gan. Contoh alat muat ini adalah Excavator atau Power Shovel

    Ane akan share salah satu yang terbesar aja gan karena sebetulnya banyak banget jenis atau tipe excavator ini dan banyak merek juga. Gambar yang di atas adalah Liebherr Hydarulic Shovel raksasa ini di produksi oleh Libher Group, komplek perusahaan manufaktur jerman, dan salah satu terbesar di dunia untuk tipe sejenis. Alat ini digunakan untuk pekerjaan berat di pertambangan terbuka. kendaraan ini memiliki berat 656 ton. Dengan mesin diesel cummins K 180 E, 16 cylinder dan kapasitas 50,3 liter mampu menghasilkan daya sebesar 3000hp pada putaran mesin 1800rpm, sedangkan kekuatan untuk menggali tanah adalah 1.500 kN. Kapasitas tangki bahan bakar adalah 13.000 liter sedangkan kapasitas tangki hidraulik adalah 4.600 liter, dan tekanan maksimum hidraulik adalah 350bar. volume bucket sampai dengan 36 m3, atau setara dengan 60 ton sekali muatan.
    BWE (Bucket Wheel Excavator)

    Sengaja kali ini ane dahulukan dulu penjelasannya karena fotonya lumayan banyak. BWE ini termasuk mesin bergerak Terbesar yang pernah ada dalam sejarah manusia gan, agak lebay emang ane bahasanya tapi memang kenyataannya seperti itu.

    Bucket Wheel Excavator (BWE) adalah alat super berat yang digunakan di tambang terbuka. BWE terbesar (MAN Takraf RB293) juga menyandang gelar sebagai alat bergerak terbesar yang pernah diciptakan manusia. BWE paling efektif digunakan di tanah lembek yang tidak banyak mengandung batuan keras.

    Komponen utama BWE adalah roda berputar besar yang dipasang pada sebuah lengan raksasa. Ujung roda ini kemudian dipasangi semacam ember besi (bucket) dengan gigi-gigi logam dipinggiran bucket yang digunakan untuk menggali tanah. Bucket ini terus berputar seiring putaran roda (wheel) yang kemudian dirancang untuk menumpahkan muatannya pada sabuk berjalan (belt conveyor) yang terdapat di badan BWE

    BWE paling sering digunakan di tambang batubara. Perusahaan Indonesia yang mengoperasikan BWE adalah PT Tambang Batubara Bukit Asam (PTBA), digunakan untuk menambang cadangan batubara di Airlaya. Sedang negara yang banyak menggunakan BWE adalah Jerman. Menjadi lumrah ketika BWE terbesar pun dimiliki Jerman. BWE terbesar ini dibikin dengan biaya sekitar US$100 juta, membutuhkan 5 tahun pengerjaan serta memerlukan 5 orang untuk mengoperasikannya. (Perusahaan Indonesia juga ada gan yang menggunakan alat ini)

    Alat Angkut

    Sekarang kita bahas alat angkut, Alat angkut adalah alat yang digunakan untuk mengangkut bahan galian gan setelah bahan galian tadi dimuat menggunakan Exca selanjutnya akan diserahkan pada alat angkut ini untuk melanjutkan serangkaian proses penambangan. Alat angkut ini pada dasarnya berupa mobil, bisa berupa truk biasa yang sering kita lihat dijalan itu gan yang mereknya H*no. Tapi kali ini ane mau share truk yang luar biasa yang biasa disebut haul truck atau dump truck atau apalah orang2 menyebutnya terserah agan mau nyebutnya apa

    Ini merupakan HT (Haul Truck) yang digunakan oleh salah satu perusahaan pertambangan Indonesia gan yaitu PT. Newmont Nusa Tenggara. Sekedar Informasi, PT.Newmont memiliki mainan semacam ini sebanyak 111 unit dengan konsumsi bahan bakar setiap harinya mencapai 4.800 liter/hari. HT di atas merupakan produk dari perusahaan yang agan sendiri pasti kenal dengan nama perusahaan yang satu ini… Ya.. Caterpillar. Caterpillar ini merupakan perusahan yang bergerak dibidang yang berkaitan dengan dunia pertambangan atau konstruksi gan. agan pasti kenalnya sepatu safety nya yaaa, sepatu Caterpillar merupakan sepatu yang biasanya dipakai oleh para Miner (penambang) karena fungsinya yang memang memiliki tingkat keamanan yang tinggi terhadap lingkungan sekitar.

    Yang kedua yang akan dibahas adalah HT terbesar dari varian Caterpillar yaitu CAT 797 B.

    Banyak perusahaan tambang kelas dunia, memelihara truck ini mengingat kemampuan dan durabilitynya yang sangat hebat, bahkan PT. Freeport juga memelihara mereka sebagai kendaraan angkut operasional mereka.

    Bagaimana tidak, kalau melihat spek mesin, ukuran body, dan daya angkut si-monster caterpillar 797 memang sangat mencengangkan, apalagi kita sebagai orang awam yang biasa melihat truck-truck yang sering berseliweran di jalan dan menurut kita sudah paling besar.

    Mesinnya adalah mesin diesel dengan konfigurasi V12 atau mempunyai 24 silinder piston, yang dapat menghasilkan tenaga sampai dengan 3211 hp 2394 Kw, jadi beban angkut yang bisa dibebankan kedalam truck ini adalah 360 ton, dengan kecepatan maksimal dengan muatan dapat mencapai 60 km/perjam, untuk memperoleh tenaga besar seperti ini truck ini diharuskan mengkonsumsi solar sebanyak 250 liter perjamnya.

    Lalu bagaimana dengan bodynya ? ukuran tinggi dengan muatan sekitar 7.2 meter, dengan panjang 14.05 meter, jadi bisa dibilang, seakan-akan agan mengemudikan rumah dengan tiga lantai, dan berroda pula, operasional untuk kendaraan ini 24 jam, 365 hari per tahun, dan mesin akan berhenti apabila waktu perawatan tiba, biasanya satu tahun sekali, bisa dibilang selama setahun monster ini terus bertugas penuh.

    Selain rekor dunia sebagai kendaraan angkut terbesar, truck ini juga mencatatkan sebagai ban terbesar dan termahal di dunia, jadi bagi anak-anak modif yang ngakunya punya pelek dan ban mahal boleh adu gengsi sama ban monster ini, betapa tidak bannya khusus dirancang oleh Michelin dengan ukuran diameter 4.028 meter, dengan berat 5.3 ton, kalau anda mau cari ditoko ban langganan agan silahkan cari ban Michelin type 59/80R63 XDR, dan harganya Cuma sekitar US $42.000 saja. HARGA BAN NYA AJA 42.000 dollar gan kira2 Rp.420.000.000 satunya!

    Tertarik untuk memilikinya sebagai kendaraan operasional agan?? cukup menghubungi dealer Caterpillar terdekat, dengan membayar seharga 4.7 juta s/d 5.6 juta US dollar (tergantung type) maka agan akan segera memiliki monster ini. Murah kan?? Yaa kira-kira 47-56 Milyar/Unit saja gan agan sudah bisa memiliki mainan yang satu ini.

    Info terkait:

    • gambar indonesia hebat
    • cara membobol mesin dingdong
    • poster pertambangan
    • cara menggambar cangkul
    • 5w 1h tentang pertambangan di indonesia
    • mainan dari besi bekas
    • pacaran sama orang pertambangan
    • meme anak pertambangan
    • contoh gambar karangan tentang pertambangan
    • cara perakitan miniatur truk

    Leave a Reply