Mengenal jenis-jenis GPS dan fungsinya!!

  • admin
  • 26/04/2014
  • GPS merupakan sistem untuk menentukan letak di permukaan bumi dengan bantuan penyelarasan (synchronization) sinyal satelit. Sistem ini menggunakan 24 satelit yang mengirimkan sinyal gelombang mikro ke Bumi. Sinyal ini diterima oleh alat penerima di permukaan, dan digunakan untuk menentukan letak, kecepatan, arah, dan waktu. Sistem yang serupa dengan GPS antara lain GLONASS Rusia, Galileo Uni Eropa, IRNSS India.


    Sistem Pemosisi Global / GPS (Global Positioning System)

    Sistem ini dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat, dengan nama lengkapnya adalah NAVSTAR GPS (kesalahan umum adalah bahwa NAVSTAR adalah sebuah singkatan, ini adalah salah, NAVSTAR adalah nama yang diberikan oleh John Walsh, seorang penentu kebijakan penting dalam program GPS) Kumpulan satelit ini diurus oleh 50th Space Wing Angkatan Udara Amerika Serikat. Biaya perawatan sistem ini sekitar US$750 juta per tahun, termasuk penggantian satelit lama, serta riset dan pengembangan.

    GPS Tracker atau sering disebut dengan GPS Tracking adalah teknologi AVL (Automated Vehicle Locater) yang memungkinkan pengguna untuk melacak posisi kendaraan, armada ataupun mobil dalam keadaan Real-Time. GPS Tracking memanfaatkan kombinasi teknologi GSM dan GPS untuk menentukan koordinat sebuah obyek, lalu menerjemahkannya dalam bentuk peta digital.

    dimana teknologi ini dapat membantu anda untuk melacak dan mengetahui posisi tempat dimana anda berada sehingga ketika anda menggunakan kendaraan dan anda tidak tahu berada di mana gps dapat membantu anda dalam mencari jalan keluar, selain itu bagi pebisnis yang bergerak di bidang sewa mobil alat ini sangat membantu sekali karena sang pemilik bisnis tidak perlu takut lagi jika mobil sewaannya hilang karena alat ini dapat melacak dan membantu keberadaan mobil anda. NAVigation Satellite Timing And Ranging Global Positioning System (GPS) adalah salah satu metoda penentuan posisi yang dilakukan dengan menggunakan sistem koordinat satelit buatan sebagai referensinya. Dalam sistem ini ada tiga segmen (kompenen utama).

    Pada dasarnya , tipe GPS ada 2 gan:

    1.Navigasi (ketelilitian/akurasi kecil)
    2.Geodetic (ketelilitian/akurasi Tinggi)

    Berikut ini beberapa jenis GPS Navigasi:

    1. GPS navigasi

    Tentunya yang banya / umum orang pakai ,
    Manakala GPS ini berfungsi untuk menuju sebuah koordinat , alamat , dan posisi tertentu.
    Untuk koordinat biasanya di suatu Acara atau di Suatu Pencarian titik lokasi tertentu yang berakurasi 2 sd 5 m,
    Sedangkan untuk alamat tentunya hanya patokan gedung , SPBU , Sekolah ,Bangunan/ no rumah dan nama jalan , sehingga akurasi tidak terlalu detail sedetailnya,
    biasanya ini juga terdapat di Gps Handheld yang biasa digunakan orang yang bekerja di bidang yang menggunakan Gps ini , Contoh : petugas PLN,Pemasang Tower Internet,Pemasai Jaringan Hotel yang belum di ketahui tempatnya dsb.Gps Dasboar / navigasi lain nya bahkan di SmartPhone yang agan pakai juga bisa loh di download,tetapi akurasi sangat kecil bisa sampai 5 s/d 13m Tetapi Cukiup bagi agan yang tidak bekerja di Bidang Navigasi

    Jenis GPS Berbentuk Jam Tangan untuk Olahraga / Kegiatan Outdoor


    Apakah anda tertarik pada salah satu alat untuk olahraga, seperti latihan untuk maraton? HIKING Dan kegiatan Outdoor lainnya yang berhubungan dengan Rute ataupun yang berhubungan dengan mencakup lokasi yang panjang dan luas???

    Mungkin anda hanya ingin alat untuk berlari, berjalan atau mendaki. Jika anda tertarik pada salah satu alat untuk berenang, maka anda harus memikirkan sesuatu yang kedap air. Ini merupakan alat bantu latihan yang bagus juga untuk jenis olahraga lainnya.

    Alat jenis ini seringkali disebut sebagai GPS untuk olahraga dalam bentuk jam tangan yang digunakan di pergelangan tangan anda. Alat ini mudah disesuaikan untuk kebutuhan pribadi anda. Selain itu anda juga dapat membaca layarnya ketika anda sedang beraktivitas. Sangat mudah untuk memindahkan status anda ke dalam program di PC anda (POST Processing)

    Jenis GPS Pada Dasbor Mobil

    Anda ingin GPS untuk kendaraan anda? Lagi-lagi, anda perlu membuat keputusan lainnya. Ada perangkat yang dipasang secara permanen pada kendaraan anda. Perangkat tersebut harus dipasang secara profesional. Perangkat ini disebut dengan sistem pada dasbor mobil,

    Jenis GPS Portable

    Di sisi lain anda bisa mendapatkan GPS portable yang ditempelkan di satu tempat dengan perangkat pemasang pada dasbor anda. Anda dapat melepaskan GPS dan perangkat pemasangnya ketika sedang tidak digunakan. Salah satu keuntungan GPS portable adalah bahwa anda dapat menggunakannya pada kendaraan lainnya yang anda inginkan.

    Jadi anda hanya perlu memiliki satu alat yang dapat dipindahkan dari satu kendaraan ke kendaraan lainnya. Keuntungan lainnya adalah bahwa anda dapat menyimpannya ketika anda meninggalkan mobil atau truk anda. Dengan demikian, akan mengurangi kecenderungan seseorang akan merusak mobil anda dalam usahanya mencuri sistem GPS anda.

    Jenis GPS Handheld

    Mungkin anda hanya ingin sebuah GPS yang dapat anda bawa di tangan anda ketika anda sedang berjalan kaki atau hiking. Ukurannya pasti lebih kecil sehingga anda dapat menyimpannya di kantong baju atau celana, dompet, atau di dalam koper agar aman. Anda akan melihat bahwa alat-alat ini memiliki Bluetooth nirkabel di dalamnya sehingga memudahkan anda untuk berlangganan pilihan tambahan seperti pelacak darurat atau anti-pencuri, dan lain sebagainya.

    2. GPS Geodetic


    Ini dia gan GPS Yang berakurasi tinggi

    GPS Geodetic adalah GPS yang mempunyai kemampuan untuk menangkap signal L1, L2, atau GNSS. GPS Geodetic mempunyai kemampuan untuk merekam Raw data, yang secara umum mempunyai Format RINEX. GPS ini mempunyai ketelitian lebih tinggi dari GPS Navigasi. Ketelitiannya bahkan sampai milimeter.

    Beda dengan GPS Navigasi, untuk GPS Geodetic minimal untuk mendapatkan ketelitian tinggi harus menggunakan dua alat waktu pengukuran. Jadi satu set GPS Geodetic terdiri dari dua alat, sebagai base station dan sebagai rover.

    Di tempat konstruksi atau pekerjaan tambang bahkan pekerjaan lainnya, Gps ini berperan sangat penting baik untuk pekerjaan Laut , Darat Maupun Udara.

    Aplikasi dari GPS Geodetic antara lain :

    1. Untuk penentuan batas wilayah misal : batas antar negara, batas antar wilayah.
    2. Penentuan titik kontrol : untuk BPN, Bakosurtanan, Titik Kontrol Tambang.
    3. Pemetaaan Topografi
    4. Penentuan Volume
    5. Stake out : mencari koordinat di lapangan
    6. Penentuan titik-titik bor

    Info terkait:

    • pertanyaan 5w 1h untuk petugas pln
    • katabagus untuk baju angkatan
    • kata untuk baju angkatan
    • kata kata buat nama angkatan
    • jenis jenis gps
    • jenis gps
    • gambar gps yang digunakan oleh anak jalanan
    • eksposisi gps
    • contoh tempat umum dan fungsinya
    • TIPE-TIPE GPS

    Leave a Reply