Mengenal planet KERDIL atau DWARF planet di tata surya!!

  • admin
  • 26/03/2014
  • Planet adalah sebutan bagi benda-benda langit yang memutari matahari dalam Tata Surya yang sesuai dengan ciri-ciri berikut:

    mengorbit mengelilingi mataharimempunyai massa yang cukup untuk memiliki gravitasi tersendiri agar dapat mengatasi tekanan benda tegar (rigid body) sehingga benda angkasa tersebut mempunyai bentuk ekuilibrium hidrostatik (bentuk hampir bulat)belum “membersihkan lingkungan” (clearing the neighborhood; mengosongkan orbit agar tidak ditempati benda-benda angkasa berukuran cukup besar lainnya selain satelitnya sendiri) di daerah sekitar orbitnyabukan merupakan satelit sebuah planet atau benda angkasa nonbintang lainnya

    Planet Kerdil merupakan benda angkasa berukuran cukup besar sehingga berbentuk seperti bola dan tentunya lebih kecil dari planet biasanya, mengorbit matahari, namun bukan merupakan satelit.
    Faktor penting yang membedakan planet dengan planet kerdil adalah bahwa planet harus mampu membersihkan wilayah orbitnya dari puing-puing dan objek lainnya, dimana planet katai tidak mampu melakukannya.

    EL 61 / Haumea

    Pada Maret 2003, sekelompok tim astronom yang dipimpin oleh astronom Mike Brown menemukan sebuah obyek antariksa yang ukurannya lebih kecil dari Pluto namun lebih besar dari asteroid di sekitar daerah Sabuk Kuiper di belakang orbit Pluto. Awalnya obyek itu diberi nama 2003 EL61 dan dinyatakan bahwa ia termasuk dalam obyek Sabuk Kuiper sampai akhirnya oleh International Astronomical Union diklasifikasikan kedalam kategori planet kerdil ke lima di tata surya setelah Ceres, Pluto, Eris, dan Makemake.

    Dari hasil pengamatan pada tahun 2005, ternyata planet kerdil 2003 EL61 atau yang sering disebut dengan Haumea, mempunyai dua satelit alam (bulan) yang diberi nama Hi`iaka dan Namaka. Untuk sekali mengorbit Matahari, Haumea membutuhkan waktu 285 tahu

    Pluto

    Pada 7 September 2006, nama Pluto diganti dengan nomor saja, yaitu 134340. Nama ini diberikan oleh Minor Planet Center (MPC), organisasi resmi yang bertanggung jawab dalam mengumpulkan data tentang asteroid dan komet dalam tata surya kita.

    Pluto memiliki radius sekitar 715 mil (1.151 km) kurang dari 20 persen radius Bumi. Diameter Pluto sekitar 1.430 mil (2.302 km) atau sekitar 2/3 diameter Bulan. Jika kita berjalan mengelilingi ekuator Pluto, maka kita akan menempuh jarak 4.494 mil (7.232 km) dan jarak itu hanya 1.400 km lebih jauh dari panjang pulau Jawa.

    Pluto sendiri ditemukan pada 18 Februari 1930 oleh Clyde W. Tombaugh. Permukaan Pluto diperkirakan terdiri dari batuan yang tertutup oleh es. Massanya sekitar 1,31 kg x 1.022 atau sekitar dua per sepuluh persen massa Bumi. Volumenya sekitar 1,5 miliar kg km kubik (6,4 miliar km kubik). Kepadatannya 2,05 gram per sentimeter kubik, sekitar 40 persen dari kepadatan Bumi. Dalam sekali mengelilingi Matahari, Pluto membuthkan sekitar 248,09 tahun (2 abad lebih). Walaupun kecil, Pluto memiliki lima satelit yaitu Charon, Hydra, Nix, P4 dan P5.

    Makemake

    Pada 2009, Makemake berjarak 52 SA (Satuan Astronomi atau Astronomical Unit) 1 Astronomical Unit=149 598 000 kilometers Jauh amat ya gan, dimana hal tersebut merupakan orbit yang terjauh. Orbit Makemake sangat mirip dengan Haumea : sangat miring di 29 dan moderat eksentrisitas sekitar 0,16. Namun demikian, orbit Makemake adalah sedikit lebih jauh dari Matahari dalam hal kedua sumbu semi-major dan perihelion . Periode orbitnya hampir 310 tahun, lebih lama dari Pluto 248 tahun dan Haumea yang 283 tahun.

    Ceres

    Ceres adalah sebuah planet kerdil yang terletak di sabuk asteroid (Asteroid Belt) antara planet Mars dengan Jupiter. Ceres sekaligus menjadi obyek terbesar yang ada dalam sabuk asteroid. Tidak seperti obyek lainnya di dalam sabuk asteroid, Ceres berbentuk bulat sama seperti planet. Astronom menduga bahwa Ceres memiliki laut dan atmosfer.

    Sebelumnya pada abad 18 astronom telah memperkirakan adanya sebuah planet diantara Mars dan Jupiter. Kemudian pada tahun 1801, astronom Giuseppe Piazzi menemukan obyek yang kemudian ia beri nama Ceres yang dalam bahasa Romawi berarti Jagung dan Panen.

    Ceres berdiameter 950 km dan hanya membutuhkan waktu 9 jam untuk sekali rotasi dan perlu 4,6 tahun Bumi untuk sekali mengorbit Matahari. Kepadatan Ceres hanya 2.09 per sentimeter kubik dan kira-kira seperempat dari beratnya adalah air. Suhu tertingginya sangat dingin yakni mencapai -38 derajat Celcius dan memiliki lapisan debu dan batuan yang tipis di atas lapisan es nya. Ceres menjadi planet ke tiga yang mempunyai kandungan karbonat selain Bumi dan Mars. Karbonat merupakan unsur yang bisa menjadi indikator kelayakhunian suatu planet.

    Eris

    Eris membutuhkan waktu kurang lebih 557 tahun untuk satu kali putaran mengelilingi matahari, bahkan para peneliti mengatakan bahwa Eris dan bulannya, Dysnomia merupakan planet terjauh dari matahari dengan jarak yang bisa dikatakan mustahil terjadi, sebab jangkauan gravitasi matahari seharusnya kurang mampu menarik planet Eris, bayangkan saja letak Eris yang tiga kali lebih jauh dari jarak Pluto-matahari, mestinya bisa dengan mudahnya ditarik oleh tata surya lain atau galaksi-galaksi lain, karena jaraknya yang jauh itu, planet Eris susah untuk ditemukan dan tampak lebih redup, padahal aslinya tentu lebih terang daripada Pluto, kok bisa bercahaya? Ya iyalah, permukaan planet Eris terbentuk dari metana, maka ia sanggup memantulkan cahaya dari matahari dengan baik.
    Nah, karena susahnya pengamatan dan terjadi banyak perdebatan mengenai status planet ini gara-gara Eris dikatakan salah satu objek di sabuk Kuiper(berisi batu-batuan angkasa, debu, dll yang diperkirakan sampai 100.000 objek), padahal kalau dari cirri-cirinya, maka Eris bisa disebut sebagai Planet Katai daripada hanya objek di sabuk Kuiper, maka planet ini dinamakan Eris, yaitu seorang dewi keraguan dalam mitologi Yunani.

    Info terkait:

    • cara menggambar tata surya
    • cara edit manusia kerdil
    • membuat tata surya dari barang bekas
    • cara membuat planet dari bahan bekas
    • cara membuat hiasan planet
    • pantun tentang planet
    • contoh teks eksposisi tentang planet
    • lukisan planet dan tata surya
    • teks eksposisi luar angkasa
    • yel yel planet

    Leave a Reply