Mengenal SKIMMING, modus kejahatan penipuan kartu ATM!!

  • admin
  • 25/08/2015
  • Kemarin malam saya melihat berita di salah satu Televisi Swasta tentang keberhasilan Polda Metro Jaya membekuk komplotan pembobol tujuh nasabah BCA yang mengakibatkan kerugian Rp.400 juta. Sebenarnya tahun lalu juga ribuan nasabah Bank Mandiri juga banyak yang menjadi koban dan demi keamanan, Bank Mandiri terpaksa memblokir kartu ATM nasabah yang menjadi korban dan selanjutnya diminta untuk mengganti kartu baru.

    Ternyata para pelaku melakukan kejahatan tersebut dengan metode skimming Lalu seperti apakah cara kerja pembobolan kartu ATM dengan metode skimming?

    Apa itu SKIMMING? Skimming / card skimming adalah aktivitas menggandakan informasi yang terdapat dalam pita magnetik (magnetic stripe) yang terdapat pada kartu kredit maupun ATM/debit secara ilegal. cara ini sudah mulai teridentifikasi sejak tahun 2009
    Ini artinya, dapat disimpulkan bahwa skimming adalah aktivitas yang berkaitan dengan upaya pelaku untuk mencuri data dari pita magnetik kartu ATM/debit secara ilegal untuk memiliki kendali atas rekening korban.

    Alat Skimmer dan Kamera Pengintai

    Tenik skimming dilakukan dengan cara mengggunakan alat yang ditempelkan pada slot mesin ATM (tempat memasukkan kartu ATM) dengan alat yang dikenal dengan nama skimmer dan Kamera Pengintai yang berfungsi untuk mengetahui PIN korban.
    Contoh Alat Skimmer di ATM

    Gambar di atas menunjukkan mesin ATM yang standar, lampu indikator tempat memasukkan kartu ATM berkedip, hal ini sangatb mudah dilihat. Catatan: Kebanyakan alat skimmer ketika dipasang akan mengaburkan lampu indikator temoat memasukkan kartu ATM, hal ini menjadi salah satu petunjuk penting jika mesin ATM patut dicurigai.

    Alat skimmer telah dipasang di mesin ATM
    Modus operasinya adalah mengkloning data dari magnetic srtripe yang terdapat pada kartu ATM milik nasabah. Sebagai informasi, magnetic stripe adalah garis lebar hitam yang berada dibagian belakang kartu ATM. Fungsinya kurang lebih seperti tape kaset, material Ferromagnetic yang dapat dipakai untuk menyimpan data (suara, gambar, atau bit biner). Secara teknis, cara kerjanya mirip CD writer pada komputer yang mampu membaca CD berisi data, kemudian menyalinnya ke CD lain yang masih kosong. Dan isinya dapat dipastikan akan sama persis dengan CD aslinya.

    Alat Skimmer bukan satu-satunya alat yang digunakan oleh para pelaku skimming. Para pelaku biasanya juga memanfaatkan kamera pengintai (spy cam) untuk mengetahui gerakan jari nasabah saat memasukkan PIN kartu ATM.

    Kamera Pengintai

    Beberapa titik lokasi kamera pengintai

    Salah satu contoh penampakan kamera pengintai

    Berikut sistematis cara kerja pelaku skimming :

    Pelaku mencari target mesin ATM yang ingin dipasangai skimmer. Kriteria yang dicari adalah mesin ATM yang tidak ada penjagaan kemanan, sepi dan tidak ada pengawasan kamera CCTV.

    Pelaku memulai aksi pencurian data nasabah dengan memasang alat skimmer pada mulut mesin ATM.

    Melalui alat skimmer para pelaku menduplikasi data magnetic stripe pada kartu ATM lalu mengkloningnya ke dalam kartu ATM kosong. Proses ini bisa dilakukan dengan cara manual, di mana pelaku kembali ke ATM dan mengambil chip data yang sudah disiapkan sebelumnya. Dan melhat hasil rekaman kamera pengintai. Atau bila pelaku sudah menggunakan alat skimmer yang lebih canggih, data-data yang telah dikumpulkan dapat diakses dari mana pun. Umumnya data dikirimkan via SMS.

    Tips Aman bertransaksi ATM

    1. Perhatikan Lokasi ATM
    Perhatikan lokasi ATM yang akan dipakai, para pelaku ini jarang beraksi di lokasi yang berada dicakupan Bank karena biasanya ada satpam maupun kamera yang siap untuk merekam setiap gerak-gerik di lokasi tersebut. ATM di tempat ramai seperti pusat perbelanjaan juga masih termasuk aman.

    Hindari menggunakan ATM di daerah redup dan malam hari. Hindari ATM drive-through di mana Anda kurang memperhatikan keadaan sekitar akibat merasa diburu pengemudi di belakang Anda.

    2. Perhatikan kondisi ATM
    Anda harus memperhatikan dengan seksama ATM untuk memastikan keaslian slot kartu dan bukan tempelan. Terutama ketika sejumlah orang merasakan keanehan ketika memasukkan kartu ke ATM. Skimmer bisa jadi terpasang menutupi lubang tempat Anda memasukkan kartu ATM jika Anda tidak dapat melihat lampu LED berkedip di mulut lubang.

    3. Hati-hati saat menekan PIN
    Meski tidak ada orang lain saat berada di ATM, Anda tetap harus selalu waspada. Kamera tersembunyi bisa saja sedang memantau aktivitas, termasuk mengetahui password Anda. Perhatikan kotak berisi brosur yang dapat menyembunyikan keberadaan kamera pengintai yang dapat menangkap nomor rahasia (PIN) Anda. Karena itu, saat menekan PIN ATM, Anda harus menutupnya dengan tangan. Hal ini bisa mencegah pencuri mengetahui PIN Anda.

    Bila memang dalam kondisi ramai, lihat-lihat juga ke arah sekeliling Anda, pastikan tidak ada hal yang mencurigakan, baik itu benda maupun manusia. Itulah juga maksud dibuatnya kaca cembung kecil untuk melihat ke arah belakang yang di taruh pada mesin-mesin ATM.

    Saat akan menekan PIN, pastikan jari Anda terlindungi dari sisi-sisi yang diperkirakan bisa terlihat. Satu tangan menekan tombol dan tangan lain untuk menutupi. Beberapa Bank sudah membuat penutup pada bagian tombol PIN ATM untuk mencegah konsumennya lupa melakukan hal tersebut.

    4. Jangan Panik !!!
    Bila terjadi masalah seperti kartu Anda tertelan di mesin ATM, JANGAN PANIK. Bila ada orang asing yang menganjurkan Anda untuk memasukkan password JANGAN DILAKUKAN, cobalah untuk menekan tombol cancel / batal dan bila kartu masih belum keluar datangi lokasi terdekat Bank Anda & selalu siap dengan menyimpan nomer operator / call center dari Bank Anda pada notes ataupun handphone. Karena dibeberapa kasus ada yang sengaja menempelkan nomer palsu pada badan ATM yang ternyata adalah nomer telpon palsu (sindikat dari penjahat, tersebut, cara ini dilakukan jika pelaku tidak memasang kamera pengintai, hanya alat skimmer saja).

    5. Periksa saldo rekening dan Ganti PIN secara teratur
    Anda harus memeriksa saldo rekening secara teratur. Dengan begitu Anda bisa segera mengetahui jika ada transaksi penarikan uang yang aneh. Pengguna kartu kredit biasanya lebih mudah mengetahui bahwa telah menjadi korban kejahatan. Karena tagihan kartu kredit biasanya selalu dikirimkan secara teratur.

    Jadi mulai sekarang tidak usah terlalu kuatir sekali untuk bertransaksi melalui mesin ATM, yang penting tetap teliti dan waspada dengan kejanggalan-kejanggalan yang ada. Semoga berguna. Secara bertahap nanti akan saya update mengenai bentuk alat skamming dan kamera pengintai lainnya.

    Info terkait:

    • cara membuat kartu ucapan dari kertas origami
    • cara melipat kartu joker
    • hiasan dinding dari kartu remi
    • ucapan selamat ulang tahun brimob
    • cara membuat kartu ucapan dari kertas hvs
    • foto pelaku bom sharina
    • pelaku bom sharina
    • cara membuat kartu ucapan ulang tahun dari kertas origami
    • hiasan dari kartu remi
    • cara membuat kerajinan tangan dari kartu remi