Mengenal XPOGO, olahraga yang kurang kerjaan!!

  • admin
  • 18/10/2013
  • Perlombaan meloncat setinggi-tingginya tentu bukan hal aneh. Dalam dunia olahraga, unsur melompat sudah jadi bagian integral dan dilombakan sebut saja lompat tinggi dan lompat galah. Namun dengan perkembangan jaman, unsur lompat ini pun semakin berkembang dan melahirkan permainan baru atau bisa juga disebut olahraga baru?, sebut saja seperti Pogo Jump.

    Pogo Jump mulai dikenal publik di awal tahun 2000-an. Dekade yang tepat karena di tahun itulah olahraga-olahraga ekstrim mulai menunjukkan eksistensinya. Seiring bertambah populernya olahraga ini, Pogo Jump kemudian bertransformasi menjadi olahraga ekstrim karena memiliki risiko cedera yang tinggi hingga risiko kematian. Namanya pun berubah jadi XPogo.

    Kesederhanaan gerakan menjadi unsur menarik bagi banyak orang untuk mencoba XPogo. Intinya sangat mudah, melompatlah menggunakan Pogo Stick setinggi mungkin. Semakin tinggi lompatan maka berpeluang menjadi juara.

    Tapi jangan salah, unsur akrobatik dan gaya juga menjadi perhitungan tersendiri untuk dapat memenangkan permainan tersebut. Kebanyakan pemula menghabiskan dua sampai tiga minggu untuk dapat belajar menggunakan Pogo Stick dengan benar sebelum akhirnya benar-benar melompat XPogo.

    Pogo Stick

    Banyak versi darimana Pogo Jump berawal dan oleh siapa mulanya dikenalkan. Namun dari banyak sumber menyebutkan nama Dave Armstrong dari Utah, Amerika Serikat yang mulai mengenalkan Pogo ke seluruh dunia. Tahun 1998 Dave merekam dan mendokumentasikan aksinya melompat di atas Pogo Stick, kemudian mengunggahnya ke website buatannya xpogo.com.

    Tidak berselang lama, Xpogo pun mulai menuai ketenaran. Bersama dengan Dave muncullah berbagai nama lain seperti Nick McClintock, Nick Ryan, Fred Grzybowski, Dan Brown, Rick Gorge, dan Matt Malcolm hingga akhirnya mereka terkoneksi melalui website buatan Dave dan ruting mengunggah aksi serta trik-trik lompatan terbaru mereka di sana.

    Untuk dapat menjadi atlet Pogo, maka harus menggunakan stik khusus. Ya semua atlet Pogo harus piawai menaiki stik tersebut dan mulai belajar melompat. Di tahun 2000 sampai 2004 mereka hanya menggunakan stik pegas biasa yang banyak dijual di toko perkakas di Negara Paman Sam. Kemudian para atlet XPogo ini mulai membentuk komunitas di negara masing-masing sehingga di kemudian hari komunitas seperti Team Hyper Pogo, -Town Pogo Crew, ittman Pogo, rand Theft Pogo, ogo Posse, ay No To Park, ust Pogo UK, dan yang terbesar he Pogo Squad mulai mendunia.

    Dalam perkembangannya, Pogo Stick mengalami modifikasi. Bentuknya tetap sama hanya saja mengalami berbagai perubahan dalam kemampuannya menahan berat badan atlet dan kemampuan pegasnya. The Flybar 1200 adalah stick produksi S.B.I. Enterprises tahun 2005 dengan menggunakan karet pegas raksasa sebagai komponen utama pengganti pegas konvensional. Membuat atlet yang menggunakannya dapat berputar backflip di udara dengan ketinggian maksimum hingga 4 meter.
    Sebuah perusahaan lain di California Selatan hadir dengan MotoStik tahun 2006. Stick karya mereka hadir dengan teknologi dua pegas dan desain handel tangan selayaknya motorcross. Bersamaan dengan itu hadir juga The Vurtego dengan teknologi dan ketahanan beban yang lebih kuat dari para pendahulunya. Seiring makin populernya XPogo makan di tahun 2008 kembali hadir stik terbaru berjuluk The BowGo.

    Kejuaraan Resmi

    Para atlet XPogo memiliki wadah resmi setelqah kejuaraan dunia berjuluk Pogopalooza resmi digelar tahun 2009. Kemudian di tahun 2010 tiga orang penggemar XPogo, Nick Ryan, Nick McClintock, dan Fred Grzybowski membentuk Xpogo LLC, sebuah perusahaan yang berdiri untuk didedikasikan bagi perkembangan olahraga ini di seluruh dunia.
    Dalam perkembangannya yang semakin pesat, organisasi ini menjadi wadah bagi para penggemar dan atlet XPogo untuk menjalin komunikasi. rganisasi bertujuan untuk mengembangkan olahraga ini melalui manajemen yang sehat, menjalin kerjasama strategis dengan pihak lain, memantau bakat-bakat lain yang potensial untuk pada akhirnya membawa XPogo lebih dikenal luas, tulis mereka dalam websitenya.

    Sekarang, olahraga ini masih terus berkembang dan menurut database mereka telah terdaftar lebih 50 ribu anggota di seluruh dunia. Mayoritas atlet XPogo adalah pria dengan sebaran domisili di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Perancis hingga ke Jepang dan Filipina. Bukti semakin meluasnya XPogo0 ke seluruh dunia adalah dengan dibuatnya iklan komersial oleh perusahaan olahraga Nike di tahun 2012 dan menampilkan atlet Fred Grzybowski. Selain itu, hampir semua video XPogo di internet mendapatkan respon positif dan dilihat puluhan ribu kali oleh massa.

    Berawal dari olahraga kurang kerjaan, lebih tepatnya mungkin berawal dari keisengan satu orang yang merekam aksinya ber Pogo, kini animo penggemarnya semakin luas. Jadi ingin mencoba keseruan mencoba XPogo? Kalau iseng dan tidak ada kerjaan, rasanya boleh mencoba olahraga yang satu ini.

    Info terkait:

    • cara menepuk stik sampai jauh
    • contoh kalimat poster tema olahraga
    • ucak stick
    • ucak stik keren

    Leave a Reply