Mengintip pesawat KEPRESIDENAN dari berbagai negara!!

  • admin
  • 12/04/2014
  • Beberapa minggu terakhir ini berita soal pembelian pesawat pribadi kepresidenan RI kian gencar dihembuskan media massa. Pembelian pesawat canggih nan mewah yang telah dilakukan tahun lalu ini menimbulkan kontroversi.

    Di satu pihak, ada yang mendukung pembelian karena pesawat pribadi lebih irit bila dibandingkan dengan menyewa pesawat komersil. Di lain pihak, ada yang menolak karena masih banyak PR lain seperti pembangunan jembatan roboh, gedung sekolah dan lain sebagainya. Indonesia sebagai negara berkembang bukanlah yang pertama melakukan pembelian pesawat kepresidenan/kenegaraan pribadi. Berikut adalah beberapa negara berkembang yang memiliki pesawat kenegaraan sendiri:

    Pesawat Argentina:

    Presiden Argentina saat ini menggunakan Boeing 757 sebagai pesawat kepresidenan atau yang sering disebut Tango01. Beberapa helikopter Sikorsky juga digunakan oleh pemerintah di sana.

    Pesawat Azerbaijan:

    Presiden Azerbaijan menggunakan Boeing 767-300 Baku-1 4K-AI01 yang dilengkapi dengan peralatan canggih antiradar, sistem antimisil, dan fasilitas pengisian bahan bakar antar pesawat di udara. Sebagai cadangan, negara ini memiliki pesawa Airbus A319-115X CJ aku 4K-AZ01.

    Pesawat Brazil:

    Pesawat kepresidenan utama yang digunakan pemerintahan Brazil adalah Airbus 319 yang telah dimodifikasi. Pesawat ini digunakan untuk penerbangan jarak jauh. Untuk jarak dektar, presiden menggunakan salah satu dari dua Embraer 190 yang juga telah dimodifikasi.

    Pesawat Kolombia:

    Pada 1933, Kolombia membeli pesawat kepresidenan pertama, Junkers JU 52/3m. Diktator Gustavo Rojas menggunakan Douglas C-54 dari 1953 hingga 1972. Pada 1972, presiden Misael Pastrana Borrero menggunakan Fokker F28-1000. Boeing BBJ1 kemudian menjadi pesawat kepresidenan utama sejak tahun 2005.

    Pesawat Kuba:

    Ada 6 pesawat kepresidenan Kuba, 2 unit Ilyushin Il-96 untuk jarak jauh, 1 unit Ilyushin Il-62 untuk pejabat pemerintahan, 3 Yakovlev Yak-40 untuk jarak dekat dan landasan yang belum diaspal. Keenam pesawat itu buatan Uni Soviet ketika masih berjaya.

    Pesawat Ekuador:

    Ekuador menggunakan Embraer Legacy 600 dan Rockwell Sabreliner 40D untuk pesawat kepresidenan. Untuk jarak jauh, presiden biasa meggunakan Airbus A320.

    Pesawat Mongolia:

    Presiden Mongolia beserta Perdana Menteri dan anggota parlemen menggunakan Boeing 767-300ER ataupun Boeing 737-800 untuk penerbangan jarak pendek dan menengah. Saat ini, pemerintah Mongolia tengah menjajaki usaha pembelian pesawat jet Cessna.

    Pesawat India:

    Pesawat kepresidenan India disebut Air India One. Pesawat yang digunakan adalah Boeing 747-437B. Pesawat itu dilengkapi sistem antiradar dan antimisil serta fasilitas pengisian bahan bakat antar pesawat di udara.

    Pesawat Tetangga Kita:

    Perdana Menteri Malaysia serta keluarga kerajaan menggunakan Boeing Business Jet sebagai sarana transportasi udara.Pesawat BBJ dengan nomor seri M53-01 ini dibeli pada 2003.

    Pesawat Amerika:

    gak usah di tanya deh gan gimana hebatnya Air Force One kepunyaan negara adi daya ini

    http://statik.tempo.co/?id=75206&width=475

    Ini Punya Indonesia:

    Pesawat Boeing 737-800 untuk presiden RI ini diproduksi Boeing Company sejak 2011. Pesawat itu memiliki rentang sayap 35,79 meter, tinggi 12,50 meter, dan panjang 38 meter. Pesawat canggih ini dipasangi dengan 2 engine CFM 56-7.

    Pesawat BBJ2 dirancang untuk memuat 4 VVIP class meeting room, 2 VVIP class state room, 12 executive area, dan 44 staff area. Interior pesawat dirancang untuk dapat mengakomodasi hingga 67 orang penumpang. Jumlah itu disebut cukup untuk sebuah rombongan presiden.

    BBJ2 mampu terbang dengan ketinggian maksimal 41.000 feet, mampu terbang selama 10 jam, memiliki kecepatan jelajah maksimum 0,785 mach dan kecepatan maksimum 0,85 mach. Pesawat juga dilengkapi dengan perangkat keamanan dan tangki bahan bakar telah ditambah untuk daya jangkau sampai dengan 10.000 kilometer.

    Dengan kemampuan itu, pesawat ini lebih dari cukup untuk menjangkau seluruh pelosok Tanah Air dan tugas kepresidenan di negara sahabat. Pesawat seri 737-800 ini juga merupakan jenis yang sama yang digunakan maskapai penerbangan pelat merah, Garuda Indonesia.

    Pesawat Malawi:

    Pesawat Jerman:

    Pesawat Angkut Keluarga Ratu Inggris:

    Info terkait:

    • caption tentang duduk di tempat rapat
    • pertanyaan pesawat kepresidenan

    Leave a Reply