Menikmati pesona JOGJA yang sangat LUAR BIASA!!

  • admin
  • 20/04/2014
  • Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan kota yang sangat indah dan istimewa di Indonesia. Tak kalah bagusnya dengan objek wisata Jakarta, Yogyakarta juga memiliki berbagai tempat wisata yang amat menarik untuk dikunjungi oleh semua orang, baik warga lokal maupun asing dengan harga yang cukup murah. Salah satu tempat yang paling populer di Jogja adalah Jl. Malioboro, yang sudah sangat terkenal hingga ke mancanegara.

    Kota yang dijuluki dengan kota Gudeg ini memiliki kekayaan kuliner yang beragam dan tempat yang amat menarik untuk dikunjungi. Dulunya Jogja adalah ibukota dari Indonesia, namun kini telah dipindahkan ke Jakarta. Wajar saja Yogyakarta menjadi ibukota karena kota yang satu ini memang memiliki kemajuan yang lebih baik dibanding yang lain, baik dari segi pendidikan, kreativitas masyarakat, keindahan kota, dan lain sebagainya. Dan soal wisata tak perlu diragukan lagi, banyak wisatawan yang berdatangan kesana, baik wisatawan lokal maupun asing.

    1. Icon Kota Yogyakarta

    Tugu:

    Apakah yang menarik dan unik dari tugu ini? Sekilas terlihat biasa tetapi memiliki sejarah dan makna yang luar biasa, Tugu Jogja dibangun Lurus keselatan menuju ke Kraton, dan pantai selatan dan lurus keutara menuju gunung merapi seakan terdapat garis imaginer yang menghubungkannya (Gunung Merapi – Tugu Jogja – Kraton Yogya – Pantai Selatan). Tugu jogja memiliki arti dalam bahasa jawa manunggaling kawulo gusti yang artinya mendekatkan diri antara rakyat Jogja dengan Sang Pencipta. Merapi dan pantai Parangtritis (pantai selatan) merupakan titik pusat api dan air yang dibatasi oleh keraton sebagai pembatas antara kedianya dan Keraton juga sebagai titik keseimbangan vertikal dan horizontal.

    Keraton Yogyakarta:

    Keraton Yogyakarta (Jogja) atau sering disebut dengan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat terletak di jantung provinsi Daerah Istimewa Yogjakarta (DIY), Indonesia. Karena tempatnya berada di tengah-tengah Jogja, dimana ketika di ambil garis lurus antara Gunung Merapi dan Laut Kidul, maka Keraton menjadi pusat dari keduanya. Keraton atau Kraton Jogja merupakan kerajaan terakhir dari semua kerajaan yang pernah berjaya di tanah jawa. Ketika kerajaan hindu-budha berakhir kemudian di teruskan dengan kerajaan islam pertama di Demak, lalu berdiri kerajaan yang lain seperti Mataram islam yang di dirikan oleh Sultan Agung lalu berjalan dan muncul Keraton Jogja yang didirikan oleh Sultan Hamengku Bowono I. Hingga sekarang, keraton Jogja masih menyimpan kebudayaan yang sangat mengagumkan.

    Benteng Vredeburgg:

    Benteng yang dibangun pada tahun 1765 oleh Pemerintah Belanda ini digunakan untuk menahan serangan dari Kraton Yogyakarta. Dengan parit yang mengelilinginya, benteng yang berbentuk segi empat ini memiliki menara pengawas di keempat sudutnya dan kubu yang memungkinkan tentara Belanda untuk berjalan berkeliling sambil berjaga-jaga dan melepaskan tembakan jika diperlukan.Pada dasar meriam di kubu bagian selatan, Kraton Yogyakarta dan beberapa bangunan bersejarah lainnya termasuk kepadatan lalulintas di sekitarnya terlihat dengan jelas. Dibangun pada tahun 1765 oleh Belanda, Museum dengan luas kurang lebih 2100 meter persegi ini mempunyai beberapa koleksi antara lain:

    – Bangunan-bangunan peninggalan Belanda, yang dipugar sesuai bentuk aslinya.

    – Diorama-diorama yang menggambarkan perjuangan sebelum Proklamasi Kemerdekaan sampai dengan masa Orde Baru.

    – Koleksi benda-benda bersejarah, foto-foto, dan lukisan tentang perjuangan nasional dalam merintis, mencapai, mempertahankan, serta mengisi kemerdekaan Indonesia.

    SEJARAH. Museum Benteng Yogyakarta, semula bernama “Benteng Rustenburg” yang mempunyai arti “Benteng Peristirahatan” , dibangun oleh Belanda pada tahun 1760 di atas tanah Keraton. Berkat izin Sri Sultan Hamengku Buwono I, sekitar tahun 1765 – 1788 bangunan disempurnakan dan selanjutnya diganti namanya menjadi “Benteng Vredeburg” yang mempunyai arti “Benteng Perdamaian”.Secara historis bangunan ini sejak berdiri sampai sekarang telah mengalami berbagai perubahan fungsi yaitu pada tahun 1760 – 1830 berfungsi sebagai benteng pertahanan, pada tahun 1830 -1945 berfungsi sebagai markas militer Belanda dan Jepang, dan pada tahun 1945 – 1977 berfungsi sebagai markas militer RI.Setelah tahun 1977 pihak Hankam mengembalikan kepada pemerintah. Oleh pemerintah melalui Mendikbud yang saat itu dijabat Bapak Daoed Yoesoep atas persetujuan Sri Sultan Hamengku Buwono IX selaku pemilik, ditetapkan sebagai pusat informasi dan pengembangan budaya nusantara pada tanggal 9 Agustus 1980.Pada tanggal 16 April 1985 dipugar menjadi Museum Perjuangan dan dibuka untuk umum pada tahun 1987. Kemudian pada tanggal 23 November 1992 resmi menjadi “Museum Khusus Perjuangan Nasional” dengan nama “Museum Benteng Yogyakarta”.Bangunan bekas Benteng Vredeburg dipugar dan dilestarikan. Dalam pemugaran pada bentuk luar masih tetap dipertahankan, sedang pada bentuk bagian dalamnya dipugar dan disesuaikan dengan fungsinya yang baru sebagai ruang museum.

    Taman Sari:

    Taman Sari Jogja atau Taman Sari Yogyakarta atau Taman Sari Water Castle adalah salah satu obyek wisata sejarah di Yogyakarta yang sangat terkenal dan sangat banyak dikunjungi oleh wisatawan baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.Bentuk arsitekturnya yang sangat unik membuat situs sejarah yang juga disebut sebagai Istana Air Taman Sari Jogja Yogyakarta ini juga menjadi cagar budaya di Yogyakarta.Hampir semua turis yang mengunjungi Yogyakarta bisa dipastikan tidak akan ketinggalan juga mengunjungi Taman Sari Jogja Yogyakarta ini. –Taman Sari Yogyakarta

    2. Wisata Belanja

    Malioboro:

    Malioboro? tentu sudah tidak asing lagi kita dengan tempat wisata jogja yang satu ini. Maliboro merupakan wisata kebudayaan yang ada dijogajakarata. Sekarang Malioboro Tak hanya sebagai tempat wisata budaya namun Malioboro Jogja juga sudah menjelma menjadi surganya wisata belanja. Sehingga tak jarang orang menyebutnya sebagai pasar Malioboro Yogyakarta. Malioboro ramai disiang hari dan akan semakin ramai saat malam hari. Oleh karenanya malioboro selalu asik menjadi tempat nongkrong dan berwisata.Di Malioboro kita dapat menemukan berbagai cindera mata khas jogja yang unik dan cantik. Selain itu banyak juga dijajakan beragam pakaian batik indonesia dengan kualitas yang cukup bagus. jika anda lapar, anda tak usah kawatir karena di tempat ini kita juga berwisata kuliner makanan khas jogja dengan harga yang cukup murah dan terjangkau.

    Pasar Beringharjo:

    Pasar Beringharjo adalah pasar tradisional yang terletak di Jl. Jend A. Yani Kawasan Malioboro, Yogyakarta. Pasar ini terkenal dengan koleksi dagangan batik, baik yang berupa kain batik ataupun produk garmen batik lainnya seperti, daster, celana pendek, piyama dll. Lokasi pasar ini bersebelahan dengan museum sejarah Benteng Vredeburg dan berseberangan dengan Gedung Agung. Pasar ini terkenal sebagai salah satu tujuan wisata dan sekaligus merupakan pusat kegiatan perdagangan produk batik Yogyakarta.

    3. Wisata Air Terjun

    Air Terjun Gedangan:

    Air Terjun Gedangan memiliki ketinggian sekitar 8 meter dengan muara di bawahnyasedalam kurang lebih satu meter. Air terjun ini dikenal dengan nama Air Terjun Seribu Batu karena lokasi sekitar air terjun dikelilingi oleh bebatuan yang berasal dari gunung api tua Ngelanggran. Air Terjun Seribu Batu memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan air terjun lainnya. Air yang mengalir dari ai terjun ini dipercaya memiliki banyak manfaat terutama untuk awet muda dan mempererat hubungan suami-istri.

    Air Terjun Parangtritis:

    Kebanyakan para wisatawan yang datang ke Pantai Parangtritis tidak menyadari kalau sebenarnya disekitar pantai ini berdiri dengan kokoh sebuah air terjun yang dapat dinikmati keindahan dan kesegaran airnya. Dan yang lebih menarik lagi adalah bahwa air terjun ini berada di bibir pantai dan airnya langsung menuju ke laut. Jadi, hal ini akan semakin mempercantik pemandangan disekitarnya karena pengunjung dapat menikmati dua pemandangan yang menakjubkan sekaligus, Pantai Parangtritis dan juga Air Terjun Parangtritis.Seperti halnya air terjun yang lain, Air Terjun Parangtritis juga dikeliling oleh tebing-tebing dan batuan berwarna putih yang tergerus oleh aliran air terjun dan menghantam keras diatasnya. Namun, air terjun ini sangat bergantung pada musim sehingga jika anda datang ke sana saat musim kemarau, maka anda harus bersiap-siap kecewa karena air terjunnya akan kering dan tidak mengalirkan air. Jadi, saat yang paling tepat untuk menikmati Air Terjun Parangtritis adalah ketika sumber airnya masih mengalirkan air sehingga anda pun dapat menyaksikan pesona air terjun ini.

    Air Terjun Sri Gethuk:

    Air Terjun Sri Gethuk merupakan salah satu wisata alam yang terdapat di daerah Gunungkidul tepatnya di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Air terjun ini berada di tepi Sungai Oyo.Air Terjun Sri Gethuk juga disebut sebagai Air Terjun Slempret dan aja juga yang menyebut Air Terjun Sompret. Nama Slempret sendiri berasal dari legenda yang ada di Desa Bleberan. Menurut cerita yang beredar di masyarakat, air tejun ini merupakan pusatnya para jin dengan pimpinan Jin Anggo Menduro. Air terjun sri gethuk lahir dari tiga sumber mata air ” kedung poh” , “ngandong” dan sumber mata air “ngumbul”, ketiga sumber mata air tersebut mengalir menjadi satu dan membentuk butiran butiran air yang jatuh dari tebing bebatuan karst yang terkenal tandus.

    Air Terjun Tlogomuncar:

    Air Terjun Tlogo Muncar, atau yang lebih dikenal dengan nama Air Terjun Kaliurang berada di kawasan wisata Kaliurang, Sleman di lereng gunung Merapi. Air Terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30-45 meter dan berada pada ketinggian 878 m di atas permukaan laut (dpl) dengan suhu antara 20-25 derajat celcius. Sumber mata air terjun ini berada di lereng Bukit Plawangan. Sayangnya saat musim kemarau biasanya air terjunnya mengalami kekeringan, hal ini dikarenakan debit airnya sangat kecil.Secara administratif, kawasan Wisata Air Terjun Tlogo Muncar terletak di Desa Hargo Binangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Berjarak 28 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Dapat ditempuh dengan kendaraan baik roda dua atau empat bahkan bis wisata, dengan kondisi jalan beraspal mulus hingga pintu gerbang wisata Kaliurang.

    4. Wisata Candi

    Candi Borobudur:

    Candi ini merupakan candi Buddha terbesar kedua setelah Candi Ankor Wat di Kamboja dan termasuk dalam salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Ada beberapa versi mengenai asal usul nama candi ini. Versi pertama mengatakan bahwa nama Borobudur berasal dari bahasa Sanskerta yaitu bara yang berarti kompleks candi atau biara dan beduhur yang berarti tinggi/di atas.Versi kedua mengatakan bahwa nama Sejarah Candi Borobudur kemungkinan berasal dari kata sambharabudhara yang berarti gunung yang lerengnya berteras-teras. Versi ketiga yang ditafsirkan oleh Prof. Dr. Poerbotjoroko menerangkan bahwa kata Borobudur berasal dari kata bhoro yang berarti biara atau asrama dan budur yang berarti di atas.

    Pendapat Poerbotjoroko ini dikuatkan oleh Prof. Dr. W.F. Stutterheim yang berpendapat bahwa Bodorbudur berarti biara di atas sebuah bukit. Sedangkan, versi lainnya lagi yang dikemukakan oleh Prof. J.G. de Casparis berdasarkan prasati Karang Tengah, menyebutkan bahwa Borobudur berasal dari kata bhumisambharabudhara yang berarti tempat pemujaan bagi arwah nenek moyang.

    Candi Mendut:

    Candi mendut adalah salah satu candi Budha yang cukup penting peranannya di Jawa.Candi Mendut terletak di sebuah desa bernama Mendut, di kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Letaknya sangat strategis yaitu kurang lebih 3 kilometer dari Candi Borobudur, sekitar 50 kilometer sebelah utara Kota Yogyakarta, dengan koordinat: 7.604750 S, 110.230100 E.Letaknya yang sangat strategis membuat candi mendut cukup ramai dikunjungi para wisatawan domestik dan mancanegara setiap hari. Pada hari raya Waisak, candi Mendut akan sangat ramai sekali karena candi ini merupakan pusat prosesi awal acara peringatan Waisak sebelum prosesi bergerak menuju candi Borobudur.

    Candi Plaosan:

    CANDI PLAOSAN terletak di Dukuh Plaosan Desa Bugisan Kecamatan Prambanan kira-kira 1 km ke arah timur dari candi Sewu. Candi Budha ini terdiri atas dua candi utama yang terletak berdampingan, masing-masing mempunyai landasan dasar sendiri. Candi yang terletak di sebelah kiri dinamakan Candi Plaosan Lor dan candi yang terletak di sebelah kanan dinamakan candi Plaosan Kidul.Relief ukiran yang terletak di bagian selatan candi menggambarkan tentang laki-laki dan candi yang lain menggambarkan tentang wanita. Keistimewaan lain dari candi ini adalah candi Perwata yang meniru bentuk stupa

    Candi Prambanan:

    Prambanan adalah salah satu kompleks candi terbesar di Asia Tenggara yang kaya dengan arca dan relief. Kompleks candi ini terletak di Desa Prambanan dan secara administratif masuk dalam dua kabupaten dan dua provinsi sekaligus. Yaitu Kabupaten Sleman Provinsi DIY dan Kabupaten Klaten Provinsi Jawa Tengah. Jaraknya sekitar 20 km dari kota Yogyakarta dan 40 km dari kota Surakarta. Selain karena berada di perbatasan, kompleks candi juga terjangkau dari berbagai arah karena berada langsung di pinggir Jalan Raya Yogyakarta – Solo.Kompleks candi Prambanan dibangun sekitar tahun 850 Masehi. Masih belum pasti apakah Prambanan dibangun oleh Rakai Pikatan, raja kedua Wngsa Mataram I atau Balitung Maha Sambu semasa Wangsa Sanjaya. Namun para peneliti besepakat bahwa kompleks candi Prambanan ditinggalkan dan mulai rusak tidak lama setelah selesai dibangun. Candi Prambanan juga dikenal dengan nama lain, yaitu candi Rara Jonggrang atau Lara Jonggrang. Nama yang kedua ini terkait dengan legenda dibangunnya candi.

    5. Wisata Pantai

    Pantai Parangtritis:

    Parangtritis merupakan objek wisata yang cukup terkenal di Yogyakarta selain objek pantai lainnya seperti Samas, Baron, Kukup, Krakal dan Glagah. Parangtritis mempunyai keunikan pemandangan yang tidak terdapat pada objek wisata lainnya yaitu selain ombak yang besar juga adanya gunung-gunung pasir di sekitar pantai, yang biasa disebut gumuk. Objek wisata ini sudah dikelola oleh pihak Pemkab Bantul dengan cukup baik, mulai dari fasilitas penginapan maupun pasar yang menjajakan souvenir khas Parangtritis.Di Parangtritis ada juga ATV, kereta kuda & kuda yang dapat disewa untuk menyusuri pantai dari timur ke barat. Selain itu Parangtritis juga merupakan tempat untuk olahraga udara/aeromodeling.

    Pantai Ngobaran:

    Pantai Ngobaran secara administrasi masuk di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul. Dengan jarak tempuh 35 km ke arah selatan dari kota Wonosari atau 65 km dari kota Yogyakarta.Keunikan Pantai Ngobaran tidak memiliki pantai yang landai, di sini pantai langsung bertemu dengan tebing dan bebatuan karang. Sesampainya di sini kita akan melihat pemandangan luas laut selatan tanpa batas, karena kita berdiri diatas bukit tinggi dengan gemuruh ombak menambarak tebing dan bebatuan. Pertautan ini seirama dengan harmonisasi pertalian multikultur yang bisa ditemukan dalam satu lokasi.Banyak cerita legenda mistis yang menaungi keberadaan pantai ini. Salah satunya Prabu Brawijaya V moksa dengan membakar diri di pantai ini. Moksa ini dilakukan beliau karena tidak mau terlibat peperangan dengan Raden Patah pendiri kerajaan Demak yang notabene putra kandung beliau. Dari mitos ini pula nama Ngobaran berasal. Mitos tentang Prabu Brawijaya V pun masih menjadi bahan perdebatan baik dilihat dari tafsir sejarah maupun kepercayaan. Namun, spirit kebhinekaan yang melatari tindakan mundur Brawijaya teraplikasi dengan baik di Pantai Ngobaran.

    Pantai Kukup:

    Pantai Kukup adalah pantai yang berpasir putih yang indah dan luas. Disini anda akan menjumpai banyak ikan hias yang dijual oleh pedagang di pinggir Pantai Kukup atau dipelihara di gedung aquarium laut yang terletak pada satu kawasan di Pantai Kukup. Pantai ini sudah cukup dikelola dengan baik sebagai objek wisata andalan propinsi Yogyakarta. Ada sebuah pulau karang kecil yang dilengkapi dengan sebuah gazebo atau pos yang biasanya digunakan pengunjung untuk menikmati pemandangan pantai Kukup dari atas. Fasilitas yang ada diantaranya pendopo untuk pertemuan, pondok wisata, hotel melati,warung makan, dan kios untuk cenderamata, pedagang ikan hias, dan pedagang ikan siap saji. Sedangkan untuk unsur budaya yang bisa dijumpai disini yaitu masyarakat upacara sedekah laut dalam waktu yang bersamaan dengan nelayan Pantai Baron.Dengan semua fasilitas yang ada Pantai Kukup sangat cocok untuk dikunjungi bersama dengan teman dan keluarga. Pemandangan luas yang indah di tempat ini akan mampu mengisi ulang energy anda saat kembali ke aktifitas sehari-hari.

    Goa Pindul:

    Gua Pindul memiliki panjang sekitar 350 m, lebar hingga 5 m, jarak permukaan air dengan atap gua 4 m, dan kedalaman air sekitar 5-12 m. Goa ini memiliki 3 zona. zona terang, zona remang, dan zona gelap. waktu tempuh sekitar 45 menit. Ditengah Gua, ada sebuah ruangan yang agak besar, dengan lubang diatasnya yang warga setempat menyebut sumur terbalik, sinar matahari yang masuk melalui lubang ini membuat suasana semakin indah. Lubang diatas gua inilah dimana seringkali digunakan sebagai jalan masuk vertikal oleh anggota TIM SAR atau latihan. Paket Cave Tubing Pindul

    1. Jasa pemandu
    2. Perlengkapan ( ban pelampung, jaket pelampung, sepatu karet, Head Lamp )
    3. Asuransi
    4. Biaya Rp 35.000/ orang

    Info terkait:

    • cara menggambar candi borobudur
    • cara menggambar candi
    • warta basa sunda gunung merapi
    • Doodle Nama rahmat
    • contoh bewara sunda
    • warta sunda pendek
    • Lukisan gedung sekolah
    • cara menggambar candi prambanan
    • tempat untuk merayakan ulang tahun di jogja
    • lukisan pensil candi borobudur

    Leave a Reply