Mobil-mobil dengan STEERING WHEEL paling ANEH di dunia!!

  • admin
  • 16/08/2015
  • Steering wheel atau sederhananya `setir` merupakan salah satu elemen kunci di dalam kabin mobil. Karena memang perannya bukan main-main, untuk mengendalikan arah mobil supaya tetap berada di jalur yang benar dan tidak melenceng.
    Desain dan ergonomi dari steering wheel dibuat sedemikian rupa supaya pemilik mobil bisa mendapatkan kenyamanan dan kepraktisan di dalam kabin saat mengendarai mobil. Tapi apa jadinya jika setir yang dibuat malah terkesan aneh bahkan tidak praktis?

    Berikut adalah 10 mobil yang diproduksi dengan steering wheel yang aneh, menyerupai handle steer milik pesawat terbang, bahkan di antaranya terkesan tidak proporsional. Simak sini, Otolovers!

    1. Lancia Orca
    Lancia yang satu ini memang sudah aneh sejak awal, menggunakan nama Orca sebagai type dari mobil ini saja sudah tidak terasa lazim. Lantaran mobil-mobil lain menggunakan nama kuda mustang, spider atau kobra, Lancia lebih memilih nama ikan paus.

    Setir dari Lancia Orca juga seaneh namanya. Dengan banyak tombol yang terkesan penuh pada panel setir, malah membuatnya jadi terasa sumpek. Seperti memasang sebuah telepon kabel di atas setir mobil.


    2. Spyker Spyder
    Spyker bukanlah mobil buruk untuk ukuran mobil sport, sedikit ada kemiripan gril pada diri Spyker jika dibandingkan dengan milik Maserati. Namun kekerenan nama Spyder milik Lamborghini Gallardo ternyata tidak sepenuhnya menular pada Spyder versi Spyker.

    Dengan desain klasik dominan warna coklat serta handle yang terbuat dari besi dengan bumbu chrome, mobil ini menegaskan bahwa dia kurang ramah untuk urusan safety. Lantaran dengan tampilan demikian, tidak memungkinkan untuk memasang airbag.


    3. Aston Martin Lagonda
    Aston Martin yang terkenal sebagai mobil elegan berusaha total untuk memberikan desain yang juga elegan mulai dari luar hingga dalam mobil. Termasuk dari isi kabin dan dashboard.

    Sebelum mendapatkan pembaharuan di tahun 2015, Lagonda tahun 1967 sempat hadir dengan desain handle steer yang hanya menggunakan satu panel saja untuk `menempel` di badan mobil. Efeknya jadi malah terlihat aneh, lantaran punya posisi dan warna yang tak lazim.


    4. Maserati Boomerang
    Maserati punya reputasi yang sama dengan Aston Martin, banyak sekali memroduksi mobil mewah dengan kesan elegan yang kental. Cuman, desain keren mungkin hanya akan berlaku jika mobil ini dipasarkan pada tahun 1980-an lalu.

    Steering wheel dari mobil ini mirip dengan steering wheel milik Lancia Orca. Hanya berbeda bentuk dengan konsep. Sama-sama memberikan banyak tombol dan panel di tengah-tengah setir yang berpotensi merepotkan pengemudinya.


    5. Honda EV-STER
    Jika umumnya kendali mobil yang diproduksi memiliki tahun pembuatan yang klasik, berbeda lagi dengan Honda EV-STER yang merupakan mobil konsep modern lantaran dibuat pada tahun 2011 yang lalu di Tokyo Auto Show.
    Dengan sedikit mencatut konsep milik sebuah kabin pesawat terbang, Honda menyematkan dua buah handle pada steering control yang ada di kabin. Plus dengan tambahan layar digital serta touch screen yang minimalis. Aneh, tapi bisa dibilang yang terbaik dari yang aneh.


    6. Mazda MX-03
    Di sisi lain, jauh sebelum ada Honda EV-STER, Mazda MX-03 sudah terlebih dahulu untuk mencoba konsep penggunaan handle pesawat terbang untuk tetap eksis di kabin. Saat mobil ini dikendarai di jaman dulu mungkin terlihat keren.
    Tapi saat mobil ini diproduksi di jaman sekarang, bisa jadi malah akan terasa membosankan. Karena handle yang mirip dengan joystick ala konsol game, beserta lekuk yang nanggung dan warna yang terlampau kelam.


    7. Subaru XT
    Mobil klasik ini tak terlalu buruk untuk ukuran mobil Jepang secara desain. Karena mobil ini mengingatkan banyak Petrolheads dengan desain Mazda Astina yang memiliki headlight pop-ups yang bisa dipergunakan sesuai dengan kebutuhan.

    Celakanya, desain unik diluar ternyata tidak sesuai dengan desain steering wheelnya. Desainnya agak aneh, dengan model huruf L, steering wheel dari mobil ini malah terlihat tidak seimbang.


    8. Citroen Karin
    Salah satu mobil yang paling aneh dibuat oleh Citroen. Karin dibuat pada tahun 1980. Dari bentuknya saja sudah terlihat dengan sangat jelas apa dasar Citroen membuat mobil ini. Berbentuk seperti piramid yang secara estetika tidak pas untuk headroom.

    Sudah aneh di luar, mobil ini juga aneh untuk urusan desain setirnya. Dengan bentuk corong alias cone, mobil ini mendisain steering wheel yang sama ribetnya dengan Lancia Orca. Seperti ada telepon dipasang di tengah-tengah steering wheel.


    9. Citroen DS
    Jauh mundur ke tahun 1969, Citroen sempat memproduksi mobil DS dengan desain saat itu yang futuristik dan berkesan mewah. Sangat berbeda dengan desain-desain seperti mobil BMW, Mercedes atau Ford.

    Steering wheel yang dimiliki juga aneh, karena hanya memiliki satu `bar` yang menghubungkan antara wheel dengan kendali mobil. Di beberapa kasus kondisi ini dikeluhkan lantaran membuat mobil jadi agak berat saat berbelok.


    10. Ford Wrist Twist
    Tak ada yang meragukan hasil produksi raksasa otomotif dunia, Ford. Ranger, Focus, Fiesta jadi beberapa dari yang paling diunggulkan oleh Ford. Tapi tak banyak yang mengira bahwa Ford pernah melakukan sebuah eksperimen yang membuat para petrolheads geleng-geleng.

    Project Wrist Twist merupakan produk yang disesuaikan dengan namanya. Wrist Twist artinya `memutar pergelangan`. Lantaran setir mobil ini memang menggunakan dua buah handle yang satu sama lain berhubungan. Seperti membuka sebuah keran, cara membelokkan mobil ini adalah dengan cara memutarnya. Ribet ya!

    Info terkait:

    • kelakuan siswi jepang
    • arti petrolhead
    • contoh prosedur kompleks unik
    • Tes aneh
    • nama kelompok aneh
    • puisi anekdot
    • cerbung ngeres
    • pantun madura mesum
    • pensi aneh
    • nama kelompok yang aneh