Pahlawan-pahlawan dunia SAINS tanpa tanda jasa!!

  • admin
  • 18/03/2014
  • 1.Rosalind Franklin

    Hampir dari kita semua tahu ilmuan-ilmuan hebat didunia, seperti Newton dengan hukum gravitasi, Albert einstein sang genius, Leonardo Da Vinci sang maestro, dan banyak lagi lainnya. Tapi ada banyak ilmuan tanpa tanda jasa dari dunia ilmiah yang karya-karyanya pantas mendapat banyak pengakuan. Rosalind Franklin adalah salah satunya. Sebagai seorang ahli biologi molekuler, Franklin bertanggung jawab atas penelitian asli di balik penemuan struktur DNA.


    Franklins crystallography snapshots menampilkan gambar struktur DNA yang belum pernah terlihat sebelumnya. franklin meninggal sebelum Watson dan Crick memenangkan hadiah Nobel 1962 untuk model double-helix DNA mereka, suatu prestasi yang di akui oleh Crick sendiri bahwa, dia tidak akan mungkin memenangkan nobel tanpa penemuan sebelumnya tentang struktur DNA oleh Rosalind Franklin. sementara itu penelitian oleh Franklin tentang struktur DNA tidak pernah diterbitkan sebelumnya. Franklin juga berkontribusi dalam penelitian tentang virus mosaik tembakau serta virus polio. sayang sekali perjalanan Rosalind Franklin didunia harus berakhir pada tahun 1957 diusia 37 tahun karena kanker ovarium.

    2.Alfred Russel Wallace

    Charles Darwin On The Origin of Species sebagian besar dianggap sebagai catatan yang paling penting pada teori evolusi, tapi sebenarnya ada ilmuwan lain yang sampai hari ini, tetap menjadi ayah yang terlupakan dalam bidang biogeografi. Alfred Russel Wallace adalah seorang penjelajah dan naturalis dari Inggris yang secara independen berpikir bahwa teori evolusi itu ada melalui seleksi alam. Setelah merekam temuan ekspedisi lapangan di Malaysia pada pertengahan 1800-an. wallace mengirimkan temuannya kepada asisten darwin.


    Darwin menulis tentang ide evolusi , dan ia menerbitkan pikirannya (dalam bentuk tulisan) bersama dengan temuan Wallace dalam kertas yang sama, sebelum melanjutkan untuk menulis makalah sendiri tentang teori evolusi pada tahun 1858 . Seperti yang kita tahu, Darwin telah dikenal sebagai satu-satunya kekuatan super ilmiah di balik teori evolusi , tidak ada yang pernah benar-benar memberi Wallace pengakuan yang sama seperti yang diberikan kepada darwin, meskipun dia telah menemukan ribuan spesies hewan baru atau jurnalnya ” The Malay Archipelago ” yang dianggap sebagai jurnal eksplorasi ilmiah terbaik yang diterbitkan pada abad ke-19 . ketika kontribusi Wallace dianggap gagal , dia tidak memiliki kekayaan keluarga dan reputasinya jatuh jatuh. meskipun begitu, kupu-kupu dan kumbang koleksi Wallace masih bisa dilihat di Museum Sejarah Alam hari ini.

    3.Charles Drew

    Transfusi darah telah membantu menyelamatkan hidup orang banyak selama 70 tahun terakhir, tetapi sedikit yang tahu tentang siapa dokter perintis yang menemukan proses transfusi darah tersebut. Charles Drew adalah seorang dokter bedah Afrika-Amerika yang berjuang untuk membawa transfusi darah kepada massa. Dia melakukan penelitian revolusioner yang dipimpin olehnya untuk menemukan bahwa darah sebenarnya bisa dipertahankan dan dibentuk kembali ketika diperlukan.


    Drew datang dengan sistem cerdas yang ia sebut `bank darah`. sistem baru yang mengubah dunia medis, dan beberapa unit mobil dimodifikasi agar dapat mengangkut jenis darah penting di seluruh AmerikaSerikat. layanan donor darah ini memuncak ketika terjadi Perang Dunia II untuk mengobati tentara di garis depan di Amerika dan di Inggris. Tanpa kerja Drew, ratusan ribu nyawa akan hilang. Hidup Drew terhenti pada tahun 1950, ketika ia terluka parah dalam sebuah kecelakaan mobil. Naasnya, drew tidak mendapatkan donor darah untuk dirinya sendiri, yang mengakibatkan dia meninggal kerena kehabisan darah.

    4.Miriam Rothschild


    Tidak setiap penemuan ilmiah harus mengubah seluruh dunia secara signifikan. Bahkan, beberapa penemuan terbesar adalah yang diintai di bawah mikroskop, dan beberapa ilmuwan terbesar adalah yang berhasil menyampaikan pentingnya benda atau mahkluk kecil dalam konteks global. Miriam Rothschild adalah salah satu pahlawan ilmiah yang seperti itu. seorang entomologi terkenal dan ahli botani, studi Rothschild tentang serangga berdiri di garis depan tentang penyelidikan alam. dia dibesarkan di kebun penuh flora dan fauna liar, Rothschild sangat tertarik tentang dunia serangga sejak dia masih kecil.


    Saat ia tumbuh dewasa , Rothschild terus belajar tentang dunia kupu-kupu dan serangga secara lebih rinci, sampai suatu hari, dia membuat terobosan saat mempelajari kutu sederhana . Rothschild adalah orang pertama yang mengemukakan tentang mekanisme melompat kutu, dan kemudian menjadi otoritas terkemuka. Meskipun mungkin tidak terdengar begitu signifikan, penemuannya membantu mengungkap sifat parasit dan memungkinkan para ilmuwan untuk mencegah penyebaran kutu dan serangga lainnya.

    5.Alexander Von Humboldt


    Alexander Von Humboldt adalah seorang penjelajah pemberani yang dianggap sebagai salah satu pendiri geografi modern. Humboldt berjalan kaki di Amerika Latin selama lima tahun,memetakan daerah lebih dari 1700 mil yang berisi flora dan fauna yang tertutup tanah. Perjalanannya adalah salah satu ekspedisi ilmiah yang paling berbahaya, tapi semua risiko itu terbayar.


    Perjalanan Humboldt menyebabkan penemuan dari “garis isotermal”, yang memungkinkan dia untuk membandingkan perubahan iklim di seluruh negara. Meskipun kontribusinya besar untuk ilmu pengetahuan, ia masih tetap salah satu dari pahlawan ilmiah tanpa tanda jasa. Penelitian Humboldt dalam bidang cuaca dan bagaimana habitat berubah di dataran tinggi adalah lompatan yang luar biasa, dan dia meletakkan dasar bagi ilmu geografi fisik dan meteorologi pada hari ini.

    6.Fazlur Khan


    Dari studi ilmiah untuk rekayasa struktural, Fazlur Khan dianggap salah satu arsitek paling berpengaruh pada abad ke-20. Dia adalahperancang gedung John Hancock Center dan Menara Willis di Chicago, Khan bertanggung jawab atas bangunan tertinggi kedua di Amerika Utara dan untuk sistem struktural di balik semua menara pada saat ini.


    Dengan kata lain, gedung pencakar langit tidak mungkin akan ada tanpa keterampilan struktural Fazlur Khan. Dia dikenal sebagai “Einstein dalam bidang arsitek”, ia juga memelopori penggunaan desain arsitektur yang menggunakan bantuan komputer. Seorang visioner sejati dan konsepsi kita tentang dunia modern, Khan mungkin tidak disebutkan dalam buku-buku sejarah, tetapi kontribusi dia sangat besar dalam bidang arsitektur,terutama tentang bangunan tinggi (gedung pencakar langit).

    Info terkait:

    • cara membuat dna dari sedotan
    • cara membuat dna dari karton
    • replikasi dna 3D yang mudah dan sederhana
    • cara membuat model dna dari kertas
    • model dna dari bahan bekas
    • cara membuat replika bangunan pencakar langit
    • cara membuat dna 3d
    • cara membuat model dna
    • cara membuat double helix
    • Cara membuat model DNA dari barang bekas

    Leave a Reply