Penasaran dimana posisi BUMI kita di ALAM SEMESTA??

  • admin
  • 10/08/2013
  • Bila melihat data alam semesta mungkin kita akan kaget. Dalam 10 tahun terakhir manusia baru bisa menjawab beberapa pertanyaan berkat teropong Hubble dengan cara sains. Apa yang ada tengah galaksi, seperti apa bintang neutron sampai gamma ray. Apa benar tengah galaksi itu sebuah lubang hitam (black hole). Peneliti hanya menjawab menjawab sebuah bola bundar yang besar dengan kerapatan sangat tinggi. Dan masih misteri dari bentuk Dark Matter dan Energy Matter yang belum bisa dijelaskan saat ini.

    Nah, kita mulai dari bumi dulu ya gan… 😀

    Bumi berada di tata surya atau solar system

    Beberapa planet mengitari satu bintang disebut solar sistem. Ternyata masih ada solar sistem yang lain di dekat kita. Yang digambarkan dibawah ini adalah bintang seperti matahari ada ditengah. Masih ada bintang yang lebih besar dekat tata surya. Seperti Aldebaran, Vega dan lainnya. Kelompok tata surya ini relatif memiliki bintang lebih kecil.

    Semua solar sistem kita dan lainnya berada di galaksi Bimasakti atau Milky Way. Kita berada di tengah, tidak terlalu dalam tidak terlalu keluar. Manusia bisa hidup karena berada dipinggir galaksi. Bila terlalu dalam maka yang terlihat akan lebih banyak bintang besar, bahkan sangat besar. Dan radiasi disana jauh lebih besar dari matahari kita.

    Galaksi Milky Way berada di grup lokal galaksi lain. Termasuk disamping Andromeda

    Kita berada di supercluster Virgo. Dibawah ini bukan kelompok bintang, tapi setiap titik mewakili kumpulan galaksi

    Dari supercluster masih di kelompkan lagi dalam satu grup local supercluster.

    Dan terakhir dari semua yang ada. Sejauh ini kita berada ditengah alam semesta. Karena manusia baru bisa mengamati dan mengambarkan dari titik tengah.

    Leave a Reply