Pesawat New Horizons NASA akhirnya mencapai orbit PLUTO!!

  • admin
  • 14/07/2015
  • Pesawat luar angkasa tak berawak milik NASA, New Horizons akhirnya menyelesaikan misinya sejak diluncurkan pada Januari 2006 lalu, hanya beberapa jam menuju titik pertemuan terdekatnya dengan Pluto, untuk pertama kalinya New Horizons akan membawa umat manusia lebih dekat dalam pengamatan objek terjauh dalam tata surya kita ini berikut dengan sistem satelit Pluto itu sendiri.

    Literatur ilmiah saat ini dipenuhi oleh karakteristik dari Pluto dan satelitnya berdasarkan pengamatan di bumi dan observasi luar angkasa yang mengorbit di Bumi, namun kita tak pernah mempelajari Pluto dari jarak yang begitu dekat dan lebih personal lagi, kata John Grunsfeld, seorang astronot dan administrator dari Direktorat misi sains NASA di markasnya di Washington. Dalam penerbangannya bulan Juli ini, pengetahuan kita tentang Pluto dan sistemnya benar-benar akan bertambah luas, dan saya tidak ragu nantinya akan ada penemuan yg menarik

    Mencapai zona ketiga dari sistem tata surya kita telah menjadi misi prioritas dalam sains luar angkasa sejak bertahun-tahun. Pada awal 2000, National Academy of Sciences menempatkan sebuah eksplorasi dari Kuiper Belt dan khususnya untuk Pluto dan bulan terbesarnya, Charon sebagai prioritas utama misi penjelajahan planet untuk tahun yang akan datang.

    New Horizons, merupakan sebuah pesawat luar angkasa tercanggih milik NASA saat ini, dilengkapi dengan kamera dan spektrometer dan sejumlah perlengkapan canggih lain, akan sangat membantu dalam misi pengintaian seperti ini. Berikut adalah struktur anatomi dari New Horizons.

    Pluto, obyek terbesar yang diketahui manusia di Kuiper Belt, terdiri atas atmosfer nitrogen, iklim yang kompleks, penuh dengan bebatuan es berukuran besar dan memiliki setidaknya 5 bulan / satelit. Diantara kelima bulan ini, yg terbesar adalah Charon yang diduga memiliki atmosfer dan lautan dan tentu saja memungkinkan ada aktifitas di permukaannya.

    Perlengkapan pada New Horizons terdiri atas 7 instrumen termasuk kamera, spektrometer dan detektor plasma, yg juga akan membantu memetakan geologi pluto dan charon dan membuat peta permukaannya termasuk soal komposisi tanah dan temperaturnya, juga mempelajari atmosfer Pluto dan pencarian atmosfer di Charon, pencarian cincin planet dan satelit lain yg mengorbit pluto. NH didesain untuk mengumpulkan data sebanyak mungkin, secepat mungkin ketika terbang mendekati Pluto dan sekaligus mengirimkan data2 itu ke Bumi sebelum akhirnya NH akan pergi menjauhi Pluto.
    New Horizons hanya tinggal 8 Jam lagi menuju titik terdekat Pluto !

    Berikut adalah Tim yang terlibat dalam misi New Horizons NASA

    Semoga dengan sampainya New Horizons ke Pluto, bisa memberikan pengetahuan yang baru bagi manusia tentang salah satu obyek terjauh di sistim tata surya kita ini dan seperti Voyager I yg sudah melesat jauh meninggalkan rumahnya, semoga perjalanannya dan penemuan2 nya bisa membuka pintu menuju dunia baru dalam sains antariksa dan memahami alam semesta ini.

    NEW HORIZONS ! PLEASE BRING THE UNIVERSE TO US !

    Info terkait:

    • mengamati linkungan sekolah dalam bahasa inggris
    • kamera yang digunakan nasa
    • contoh laporansingkat pengamatan lingkungan bahasa jawa
    • ide berita berdasarkan pengamatan
    • Jabatan yang ada di NASA
    • kamera yang digunakan oleh nasa
    • laporan pengamatan tentang cewek
    • pantun nasa
    • pantun tentang NASA