Rahasia bayi berhenti menangis ketika DIGENDONG!!

  • admin
  • 29/07/2014
  • Secara naluri orangtua akan menggendong bayi mereka ketika sang buah hati menangis. Biasanya bayi akan menjadi tenang setelah berada dalam pangkuan orangtua. Tapi tahukah sobat kenapa bayi menjadi lebih tenang dan berhenti menangis ketika digendong? Para peneliti RIKEN Brain Science Institute di Jepang telah menemukan jawabannya.

    Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Current Biology ini adalah penelitian pertama yang menunjukkan bahwa respons tenang bayi ketika digendong terkait dengan sekumpulan saraf, motorik, dan jantung yang terkoordinasi. Anggota tim peneliti, Kumi Kuroda, Gianluca Esposito, dan Sachine Yoshida menilai bahwa penelitian ini sangat penting bagi interaksi ibu dan bayi.

    Respons bayi ini mengurangi beban ibu untuk menggendong dan bermanfaat bagi ibu dan bayi, ujar Kuroda.

    Para peneliti menemukan bahwa jantung bayi sangat melambat setelah mereka diangkat dan kemudian digendong. Itulah sebabnya mereka menjadi relaks dan tenang.

    Dalam melakukan percobaan ini, tim peneliti menggunakan pengukuran elektrokardiogram(
    Electrocardiography/ECG). Mereka juga menemukan fenomena yang sama pada bayi tikus ketika diukur dengan alat elektrokardiogram yang lebih kecil. Temuan ini diharapakan memiliki implikasi penting bagi orangtua dan bisa berkontribusi untuk mencegah pelecehan anak.

    Pemahaman yang tepat terhadap bayi akan mengurangi frustrasi orangtua dan bermanfaat karena tangisan bayi yang tidak bisa dihentikan merupakan faktor risiko utama terjadinya pelecehan anak, kata Kuroda.

    Walaupun penelitian kami dilakukan pada ibu, kami percaya bahwa ini bukan khusus untuk ibu saja dan dapat terjadi juga pada pengasuh, ujarnya menambahkan.

    Leave a Reply