Secuil karya-karya MENAKJUBKAN yang diciptakan oleh manusia!!

  • admin
  • 05/08/2013
  • 1. Burj Khalifa (Uni Emirat Arab)


    Karya spektakuler pertama adalah Burj Khalifa yang sebelumnya bernama Burj Dubai. Burj Khalifa merupakan sebuah gedung pencakar langit yang berdiri kokoh di Dubai, Uni Emirat Arab. Burj Khalifa diresmikan pada 4 Januari 2010. Burj Khalifa memiliki ketinggian yang mencapai 828 meter (2.717 ft) dan membuatnya menjadi bangunan tertinggi di dunia. Burj Khalifa berhasil melampaui tinggi gedung-gedung terkenal lainnya seperti Taipe 101, CN Tower dan Menara KVLY-TV.

    2. Palm Jumeirah (Uni Emirat Arab)


    Uni Emirat Arab memang dikenal sebagai negara yang gencar membuat pulau-pulau buatan karena wilayahnya yang dikelilingi lautan di kawasan Teluk Persia. Salah satu pulau buatan tersebut adalah Palm Jumeirah, yang dibangun menggunakan reklamasi tanah oleh Nakheel. Palm Jumeirah merupakan satu dari tiga pulau yang tergabung dalam The Palm Islands. The Palm Island dapat meningkatkan pesisir pantai Dubai hingga ketinggian 520 km. Pulau Palm Jumeirah berbentuk sebatang pohon palem yang dilengkapi dengan 17 mahkota daun. Sebuah pulau lain (masih bagian dari Palm Jumeirah) berbentuk sabit dibuat mengelilingi ohon palem tersebut. Palm Jumeirah memiliki luas 5 km x 5 km dengan total areanya yang memiliki luas 800 kali lebih besar daripada lapangan sepak bola. Para penghuni Palm Jumeirah dapat mengunjungi Dubai menggunakan sebuah jembatan sepanjang 300 meter. Sedangkan ulau Sabit dapat terhubung dengan ujung atas palem melalui terowongan bawah laut yang telah dibangun.

    3. Gereja Ezpiatori de la Sagrada Familia (Italia)


    Gereja raksasa katolik Roma yang sering disebut Sagrada Famlia ini memang masih dalam proses pembangunan. Namun, lihatlah konstruksi megah dari gereja yang terletak di kota Barcelona, Catalonia, Spanyol tersebut. Konstruksi gereja ini mulai digarap pada tahun 1882 dan masih terus digarap hingga sekarang. Perancangnya adalah Antoni Gaud yang mengabdikan 15 tahun terakhir dari masa hidupnya untuk menyelesaikan proyek yang dikerjakan selama 40 tahun ini. Rencananya, pembangunan Sagrada Familia akan diselesaikan pada tahun 2026. Setelah Gaud meninggal pada tahun 1926, pengerjaan proyek ini dilanjutkan oleh Domnech Sugranyes. Proyek pembangunan Sagrada Familia dihentikan untuk sementara waktu karena adanya Perang Saudara yang terjadi di Spanyol tahun 1936.

    4. Jembatan Henderson Waves (Singapura)


    Jembatan Henderson Waves merupakan jembatan yang menghubungkan kita dengan Mount Faber dan Telok Blangah. Strukturnya yang terbuat dari kayu dan baja dapat menjadi kawan para pejalan kaki yang melewati jembatan berbentuk spiral ini pada pagi hari. Henderson Waves juga dapat menjadi sahabat perjalanan Anda menuju taman yang diterangi oleh cahaya lampu yang memunculkan efek mengagumkan setiap pukul 7 malam hingga pukul 2 pagi.

    5. Oasis of The Seas


    Oasis Of The Seas merupakan kapal pesiar terbesar di dunia yang memiliki berat 225.280 ton dan menghabiskan dana sebesar 14 triliun Rupiah untuk pembuatannya. Oasis of The Seas memiliki 20 tingkat kabin dan dapat menampung 6300 orang di dalamnya. Dengan Oasis of The Seas, Anda dapat menikmati perjalanan selama 30 hari dengan biaya minimal 50 juta Rupiah.

    6. Three Gorges Dam


    Konstruksi Three Gorges Dam mulai dikerjakan pada tahun 1994. Bendungan berdiri kokoh di atas Sungai Yangtze yang terletak di Sandouping, Cina, ini merupakan bendungan hidroelektrik terbesar di dunia. Bendungan yang juga dikenal dengan sebutan Bendungan Tiga Jurang ini mulai difungsikan pada tanggal 1 Juni 2003. Bendungan bernama lain Bendungan Tiga Ngarai ini akan melintasi wilayah Tiga Jurang yang terletak diantara kota Yichang, Hubei dan Fuling. Walaupun segelintir pihak mengkhawatirkan masa depan 1,9 juta warga yang akan dipindahkan akibat dikerjakannya proyek bendungan ini, namun beberapa pihak sangat berharap bendungan mampu mengontrol terjadinya banjir melalu teknologi hidroelektrik yang ia miliki.

    7. Millau Viaduct


    Millau Viaduct merupakan sebuah jembatan jalan bersanggahkan kabel yang dibuat sebagai sarana penyebrangan lembah Sungai Tarn yang terletak di dekat Millau (bagian selatan Perancis). Millau Viaduct dirancang oleh teknisi jembatan berkebangsaan Perancis bernama Michel Virlogeux yang memilih arsitek asal Britania bernama Lord Foster sebagai partner kerjanya. Millau merupakan jembatan ehicular tertinggi di dunia yang memiliki puncak pada ketinggian 341 meter (1,118 ft). Millau kemudian resmi dibuka sebagai sarana lalu lintas pada tanggal 16 Desember 2004.

    Info terkait:

    • Miniatur burj khalifa
    • caption bendungan
    • caption buat bendungan

    Leave a Reply